Punden Mbah Masayu telah selesai direvitalisasi dan menjadi ikon wisata religi - WisataHits
Jawa Timur

Punden Mbah Masayu telah selesai direvitalisasi dan menjadi ikon wisata religi

REPUBLIKA.CO.ID, BATU – Pemkot Batu, Malang, menghidupkan kembali punden Sinta Mataram melalui Pemkot Ngaglik Mbah Masayu. Ini adalah salah satu situs Punden terpenting di Kota Batu.

Punden Mbah Masayu Sinta Mataram juga menjadi salah satu ikon desa Ngaglik. Oleh karena itu, pemerintah daerah berusaha menjaga kelestariannya. Usai revitalisasi, Wakil Walikota Batu Punjul Santoso langsung meresmikan Punden Mbah Masayu Sinta Mataram pada Senin (14/11/2022).

Punjul menunjukkan apresiasinya dengan menginisiasi Punden bersenjata. “Sebagai generasi muda, kita punya kewajiban uri-uri (Melestarikan) budaya leluhur,” kata Punjul.

Menurutnya, Punden Mbah Masayu bisa menjadi salah satu ikon wisata religi di Kota Batu. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk merawat punds.

Ia menekankan bahwa Punden ini milik masyarakat dan untuk kebaikan masyarakat. Untuk itu, ia mengimbau semua pihak, termasuk masyarakat, untuk bersama-sama menjaga pundum. “Karena ini salah satu tempat wisata religi di Kota Batu,” ujarnya.

Sementara itu, Rendra Adinata, Lurah Kota Ngaglik mengatakan, revitalisasi Punden Mbah Masayu dilakukan dengan bantuan APBD Kota Batu yang telah dianggarkan di Desa Ngaglik. Dengan adanya kebangkitan tersebut, ia berharap dapat membawa kenyamanan bagi masyarakat.

Perlu diketahui bahwa punden ini selalu ramai dikunjungi orang setiap hari Selasa Kliwon. Oleh karena itu, pemugaran punden harus dilakukan agar dapat dilestarikan dan dapat melayani masyarakat dengan baik.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button