Banyak permintaan dari wisatawan, Pengelola Pantai Lon Malang Sampang akan membangun homestay - WisataHits
Jawa Timur

Banyak permintaan dari wisatawan, Pengelola Pantai Lon Malang Sampang akan membangun homestay

Banyak permintaan dari wisatawan, Pengelola Pantai Lon Malang Sampang akan membangun homestay

SURYA.CO.ID, SAMPANG – Pengembangan destinasi wisata pantai Lon Malang di Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang terus berlanjut. Kali ini, fasilitas pariwisata yang menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sampang dari sektor pariwisata itu akan dilengkapi homestay bagi wisatawan.

Inisiatif tersebut muncul setelah pengelola wisata pantai Lon Malang sering mendapat pertanyaan dari wisatawan luar kota di luar negeri.

“Evolusi homestay memang melenceng dari permintaan pengunjung atau wisatawan. Mereka tentu membutuhkan fasilitas menginap untuk beristirahat,” kata Pengelola Wisata Pantai Lon Malang, Mastuki, Senin (23/1/2023).

Menurut Mastuki, pembangunan homestay sudah masuk dalam rencana kerja 5 tahun ke depan sedangkan lokasi homestay sudah ditentukan. Jarak antara homestay dengan pantai Lon Malang tidak akan jauh, masih dalam wilayah desa Bira Tengah. “Akan ada lima host family untuk pembangunan awal,” katanya.

Meski alasan membangun homestay bermula dari permintaan wisatawan, Mastuki ingin masyarakat sekitar tetap bisa mandiri dalam mencari nafkah. Karena selama pencarian dilakukan, masyarakat membutuhkan inisiatif untuk mendirikan perusahaan.

“Misalnya hiburan sewa kendaraan APV di kawasan pantai, awalnya saya kelola. Selang beberapa waktu, banyak juga warga sekitar yang ingin membuka persewaan APV. Jadi saya putuskan mengundurkan diri dan akhirnya dijalankan oleh warga sekitar,” ujarnya.

Dengan begitu, warga yang memiliki lahan berpotensi membangun penginapan wisata ketika homestay dibangun dan kawasan wisata menjadi ramai pengunjung. “Untuk homestay yang akan kita bangun nanti tetap kita ambil tenaga kerja lokal,” pungkasnya. HANGARA PRATAMA

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button