6 film horor yang difilmkan di Jogja, banyak yang baru! - WisataHits
Yogyakarta

6 film horor yang difilmkan di Jogja, banyak yang baru!

Bisa dibilang Jogja itu segalanya tentang tempat wisata. Pantai, gunung, peninggalan sejarah bahkan air terjun pun mudah ditemukan, tak heran jika keindahan ini begitu terkenal hingga dijadikan sebagai lokasi film.

Tidak hanya yang romantis seperti Ada Apa Dengan Cinta 2, tapi juga banyak tempat wisata di Jogja yang menjadi lokasi syuting film horor. Penasaran, film horor apa saja yang difilmkan di Jogja? Lihat ini!

1. KKN di Kampung Penari (2022)

menjadi satu Film laris Best seller di Indonesia, tidak banyak yang tahu filmnya Program pengabdian masyarakat di Desa Penari (2022) pengambilan gambarnya hampir seluruhnya berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul yang menjadi setting desa angker.

Selain Gunungkidul, ada beberapa adegan yang diputar di Plunyon Kalikuning, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman. Kini jembatan peninggalan Belanda ini semakin ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berfoto atau sekedar mencari udara segar di pagi hari.

Santo ke-2 (2009)

Salah satu film horor Indonesia yang wajib ditonton setidaknya sekali seumur hidup. Suci memiliki plot dan teknik pengambilan gambar yang unik vlog yang tidak dilakukan sebanyak dulu seperti sekarang ini.

Film yang dirilis pada tahun 2009 ini menceritakan bagaimana sebuah desa yang masih suci dikunjungi oleh kru film dari kota besar dengan segala perilaku yang melanggar tabu. Film Monty Tiwa mengubah banyak kejadian aneh menjadi Pasarean Imogiri hingga Pantai Parangtritis.

Baca Juga: Ini 10 Film yang Syuting di Jogja, Ada Gatotkaca!

3. Keluarga Tak Terlihat (2017)

Berdasarkan pengalaman pribadi yang direkam dalam sebuah film, keluarga tak terlihat (2017) menceritakan tentang seorang pria bernama Genta yang sering diganggu oleh hantu di kantor barunya dan tinggal di sebuah rumah tua. Meski tidak dijelaskan dengan jelas di mana rumah hantu itu berada, banyak yang mengatakan berada di dekat flyover Jombor di Jalan Magelang.

Banyak roh yang mengerikan dan orang-orang yang mengganggu digambarkan di rumah yang telah lama ditinggalkan. Sebut saja seperti ular besar, tapi kepalanya seperti anjing, selangkangan nenek, hingga kuntilanak.

4. Jailangkung: Sandekala (2022)

Salah satu film horor terbaru tahun 2022 yang syuting di Jogja adalah Jailangkung: Sandekala dan disutradarai oleh Kimo Stamboel. Film ini menceritakan tentang teror boneka mistis yang menghantui sebuah keluarga yang sedang berlibur di pedesaan.

Siapa sangka film yang digambarkan begitu mengerikan dan jauh dari pusat kota ini ternyata syuting di Waduk Sermo, salah satu tempat wisata paling populer di Kulon Progo, Yogyakarta. Meski banyak mitos yang beredar, waduk buatan ini sebenarnya cukup indah dan sering menjadi tempat foto prewedding yang romantis lho.

Baca Juga: 8 Film Horor Indonesia Tentang Ibu Hamil Siap Meneror Anda!

Lapangan ke-5 (2022)

Film terbaru yang dibintangi oleh pasangan suami istri Vino G Bastian dan Marsha Timothy ini berjudul kotak juga menunjukkan keindahan alam Jogja. Pasalnya, film horor yang tayang akhir tahun 2022 ini syuting di salah satu bukit indah di Gunungkidul, yaitu Bukit Pengilon. Meski cukup terpencil, pemandangan pegunungan yang juga sering digunakan sebagai tempat perkemahan ini sangat menarik di pagi hari.

Film Qodrat menitikberatkan pada horor religi yang dijamin bikin tegang penontonnya. Film ini menceritakan bagaimana proses Ruqyah membebaskan manusia dari belenggu setan dengan segala kesulitan dan bahayanya.

6. Rumah Kaliurang

Film Rumah Kaliurang yang bisa dilihat di Bioskop Online berlatar tahun 90-an. Dimana kelima sahabat yang merencanakan liburan ini justru harus mengalami kisah seram yang tak terlupakan. Kelima sahabat itu secara tidak sengaja memasuki rumah hantu di kaki Gunung Merapi.

Rumah yang menjadi inspirasi film ini adalah Pesanggrahan Taman Siswa yang sering dijadikan lokasi foto para wisatawan. Mungkin terlihat angker, tapi waktu tidak bisa menyembunyikan keindahannya. Tertarik untuk datang dan melihat langsung situsnya?

Ini adalah daftar film horor yang difilmkan di Jogja dengan jalan cerita yang berbeda. Film apa yang menurutmu paling menakutkan?

Baca Juga: 7 Film Horor yang Mengandung Pesan Moral Penting, Sudah Pernah Anda Tonton?

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button