6 Desa Wisata di Gunungkidul, Keindahan Alam - WisataHits
Yogyakarta

6 Desa Wisata di Gunungkidul, Keindahan Alam

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki beragam destinasi wisata menarik. Tak hanya pantai dan perbukitan, wisata Gunungkidul menawarkan berbagai desa wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Munculnya Desa Wisata Gunungkidul telah menginspirasi daerah lain yang ingin mengembangkan daerahnya menjadi daerah tujuan wisata yang dikenal masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah. Tak perlu berlama-lama, inilah deretan desa wisata Gunungkidul yang bakal ingin kamu kunjungi!

1. Desa Wisata Pampang

6 Desa Wisata di Gunungkidul yang Menampilkan Keindahan Alam Desa Ekowisata Pampang (Instagram.com/desawisatapampang)

Desa Wisata Pampang merupakan salah satu destinasi di Gunungkidul yang menawarkan berbagai seni budaya dan kearifan lokal yang mengusung konsep konservasi, edukasi dan rekreasi. Desa wisata ini memiliki berbagai wahana dan wahana yang mendebarkan Pekerjaan menarik untuk dikunjungi seperti Taman Bendowo dengan permainan Mengalir selang.

Kegiatan yang dapat dilakukan adalah belajar membuat perak, memasak, memetik buah dari kebun, bermain air sambil menikmati suasana tepi sungai yang nyaman dan menikmati sajian menu Bendowo Coffee Riverside.

Suasana alam desa masih terjaga dan terpelihara melalui konservasi berbagai burung endemik yang telah pulih. Saat Anda datang ke desa liburan ini, Anda akan merasakan suasana yang menyenangkan dan asri yang akan membuat Anda betah berlama-lama!

Baca Juga: 10 Potret Pantai Ngobaran, Potongan Surga di Gunungkidul!

2. Desa Wisata Federal

6 Desa Wisata di Gunungkidul yang Menampilkan Keindahan Alam Desa Wisata Federal (Instagram.com/oasegunungsewu_kemuning)

Desa Wisata Bunder terletak di Desa Bunder, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Masyarakat setempat memanfaatkan potensi alam tersebut untuk dijadikan destinasi wisata yang menarik.

Salah satu desa wisata Gunungkidul memiliki beragam potensi wisata alam yang dijadikan sebagai objek wisata, antara lain Danau Kemuning, Sungai Oya dan Tahura (Taman Hutan Raya).

Desa Wisata Bunder juga menawarkan wisata budaya yang masih bertahan hingga saat ini berupa kesenian tradisional Reog dan Jatilan. Selain itu, berbagai aktivitas menarik seperti mendayung keliling danau dan tentunya fotografi bisa dilakukan.

3. Desa Wisata Kedungkeris

6 Desa Wisata di Gunungkidul yang Menampilkan Keindahan Alam Desa Wisata Kedungkeris (Instagram.com/wisatakedungkeris)

Desa Wisata Kedungkeris terletak di Kecamatan Nglipar, Gunungkidul. Sama seperti di desa-desa lainnya, warga berusaha menjadikan daerah tempat tinggalnya sebagai desa wisata, menarik untuk dikunjungi.

Desa wisata ini memiliki keindahan dan potensi wisata alam yang menjadi daya tarik diantaranya bangku cinta, bacin adventure, wahana ATV dan pemandangan Sungai Oya.

Anda dapat menikmati keindahan alam Sungai Oya sambil berkeliling dengan AVT, atau menikmati sensasi berkendara jip melintasi desa. Selain itu, Desa Kedungkeris masih melestarikan kesenian tradisional Jatilan dan Reog. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan upacara adat dan festival rakyat.

Baca Juga: 10 Potret Desa Nglanggeran, Pemenang Desa Wisata Terbaik Dunia 2021

4. Desa Wisata Nglanggeran

6 Desa Wisata di Gunungkidul yang Menampilkan Keindahan Alam Desa Wisata Nglanggeran (Instagram.com/sugenghandoko)

Desa Wisata Nglanggeran dinobatkan sebagai salah satu desa wisata terbaik di ASEAN tahun 2017 dengan konsep CBT (Pariwisata Berbasis Masyarakat). Si bungsu pernah mendapat predikat salah satu desa wisata terbaik tahun 2021 oleh World Tourism Organization di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Desa liburan ini terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta.

Desa ini memiliki keindahan alam yang indah dan keunikan pemandangan gunung api tua yang menjadikannya salah satu daya tariknya. Selain itu, pengunjung dapat melakukan penganiayaan sambil menjelajahi bongkahan batu raksasa yang akan menguji adrenalin.

Tak ketinggalan hal seru yang bisa dinikmati pengunjung di sini adalah pemandangan alam yang indah dengan latar belakang Gunung Api Purba Nglanggeran, salah satu Geosites di UNESCO Global Geopark Gunung Sewu yang masuk dalam Jaringan Geopark Internasional.

5. Desa Wisata Tepus

6 Desa Wisata di Gunungkidul yang Menampilkan Keindahan Alam Desa Wisata Tepus (Instagram.com/odssky)

Desa Wisata Tepus yang juga dikenal dengan nama Dewi Kampus atau Desa Wisata Kalurahan Madani Tepus merupakan salah satu tempat wisata di Desa Tepus Gunungkidul.

Desa wisata Tepus ini menawarkan berbagai paket wisata berbasis budaya untuk dinikmati pengunjung, termasuk mengunjungi berbagai potensi wisata alam dan karya masyarakat setempat.

Berbagai atraksi budaya seperti Jatilan, Tari, Karawitan dan Reog juga ditawarkan. Semua atraksi budaya tersebut ditampilkan dalam Festival Kesenian Tepus Yogyakarta (FKTY) yang diadakan setiap tahun. Apalagi lokasi desa ini yang berada tepat di sebelah Pantai Perawan Gunungkidul, menjadi daya tarik tersendiri dari desa wisata ini. Di tempat ini, Anda bisa menikmati suasana desa wisata sambil menikmati suasana pantai dengan menaiki jeep.

6. Desa Wisata Karangtengah

6 Desa Wisata di Gunungkidul yang Menampilkan Keindahan Alam Desa Wisata Karangtengah (Instagram.com/desawisata_karangtengah)

Desa Wisata Karangtengah terletak di Kecamatan Wonosari, Prefektur Gunungkidul. Desa ini memiliki Gua Pari dan Gua Bening yang menjadi salah satu daya tarik wisata alam ini.

Meski Gua Bening dan Pari tidak sepopuler Gua Pindul dan Kalisuci, namun hal ini tidak menyurutkan semangat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat untuk lebih memajukan dan mengembangkan gua tersebut.

Desa wisata merupakan salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Anda tidak hanya dapat menikmati suasana alam yang indah, tetapi Anda juga dapat membantu membina UMKM pedesaan dan menggali lebih jauh potensi untuk pertumbuhan lebih lanjut. Sudah pernah ke Desa Wisata Gunungkidul?

Baca Juga: 10 Potret Pantai Ngedan, Wisata Pesona di Gunungkidul

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button