5 Wisata Religi Terpopuler di Pasuruan - WisataHits
Jawa Timur

5 Wisata Religi Terpopuler di Pasuruan

Pasuruan identik dengan wisata religi populer. Destinasi ini biasanya menjadi destinasi wajib bagi jamaah haji di Jawa Timur. Beberapa makam yang masih ada adalah makam ulama besar yang berkontribusi dalam penyebaran Islam di Indonesia. Muslim sering datang untuk berziarah dan berdoa agar setiap keinginan dikabulkan. Beberapa makam ini selalu ramai pada hari Senin dan Kamis, bahkan saat hari besar tiba.

Berikut 5 wisata religi populer di Pasuruan. Anda harus mengunjungi jika Anda datang dengan keluarga!

1. Makam KH. Abdulhamid

5 Wisata Religi Terpopuler di Pasuruan, Wajib Dikunjungi Jemaah Haji Jatimmakam KH. Abdulhamid. (instagram.com/yasserhudaya)

makam KH. Abdul Hamid adalah tujuan wisata paling populer di Pasuruan. CH. Abdul Hamid sendiri adalah seorang Kyai yang berbudi pekerti luhur yang selalu menjadi panutan bagi masyarakat Jawa. Makam Mbah Hamid selalu ramai dikunjungi peziarah lokal maupun mancanegara. Bahkan jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu saat angkutan tiba.

Karena potensinya yang sangat tinggi, pemerintah menjadikan makam Mbah Hamid sebagai tempat wisata unggulan di Pasuruan.

Alamat: Kompleks Pemakaman Masjid Jamik Al-Anwar, Pasuruan.

2. Makam Mbah Segoropuro

5 Wisata Religi Terpopuler di Pasuruan, Wajib Dikunjungi Jemaah Haji Jawa TimurMakam Mbah Segoropuro. (instagram.com/inipasuruan)

Makam Sayyid Arif Segoropuro atau dikenal dengan nama Mbah Segoropuro juga populer sebagai tujuan ziarah makam di Pasuruan. Pesarean sering dikunjungi peziarah ketika Legi tiba pada Jumat malam. Jamaah haji membaca surat Yasin dan Tahlil setelah shalat Isya hingga subuh. Pemerintah setempat juga telah memperbaiki jalan menuju makam Mbah Segoropuro dan menetapkan zona parkir yang layak.

Alamat: Desa Segoropuro, Kecamatan Rejozo, Pasuruan.

3. Makam Mbah Ratu Ayu

5 Wisata Religi Terpopuler di Pasuruan, Wajib Dikunjungi Jemaah Haji Jawa TimurMakam Mbah Ratu Ayu. (instagram.com/sarkub.gram)

Mbah Ratu Ayu adalah putri dari Sunan Gunung Jati (salah satu Walisongo), yang bernama Syarifah Khadijah. Tak heran, pasar liburan Mbah Ratu Ayu selalu dipadati peziarah dari berbagai kota, apalagi saat peringatan wafatnya Mbah Ratu Ayu digelar.

Akses menuju makam ini sangat mudah. Selain itu, area makam dekat dengan berbagai restoran, toko bordir dan suvenir.

Alamat: Desa Kerikan, Kecamatan Bangil, Pasuruan.

Baca Juga: 10 Potret Menarik Tasya Rosmala, Diva Dangdut Pemula dari Pasuruan

4. Makam Mbah Slagah

5 Wisata Religi Terpopuler di Pasuruan, Wajib Dikunjungi Jemaah Haji JatimMakam Mbah Slagah. (instagram.com/amiruddin9936)

Mbah Slagah, atau nama asli Sayyid Hasan Sanusi, adalah orang yang sangat dihormati karena kontribusinya dalam penyebaran Islam dan perang melawan penjajah. Ia dikenal dengan nama Slagah, yang berarti Singa Putih, karena keberaniannya yang kuat seperti singa yang siap menerkam.

Kisah perjuangan Mbah Slagah sangat terpatri di hati masyarakat. Hal ini terlihat dari padatnya jemaah haji yang datang saat Haul Mbah Slagah tiba. Ribuan pengunjung antusias mengikuti rangkaian acara yang digelar panitia di halaman masjid.

Alamat: J L. Diselenggarakan No. 24, Pekuncen, Kec. Panggungrejo, Kota Pasuruan.

5. Makam Mbah Semendi

5 Wisata Religi Terpopuler di Pasuruan, Wajib Dikunjungi Jemaah Haji JatimMakam Mbah Semendi. (instagram.com/pasuruan.kekinian)

Mbah Semendi adalah salah satu legenda Islam di Jawa. Ia dikenal sebagai dukun handal di wilayah Pasuruan saat itu. Padahal, dia adalah orang yang diyakini sebagai penyebar wabah penyakit kusta yang melanda wilayah Winongan.

Kini jasa Mbah Semendi dirayakan secara adat Berkah yang Hilang apa yang masih terjadi sampai sekarang. Tradisi ini terdiri dari beberapa rangkaian acara mulai dari tahlil, wudhu dan nyekar.

Alamat: JL.Raya Bandaran No.2, Bandaran, Winongan Lor, Kec. Winongan, Pasuruan.

Itulah 5 wisata religi populer di Pasuruan. Destinasi-destinasi tersebut bisa menjadi rekomendasi menarik untuk dikunjungi. Anda dapat melakukan perjalanan sambil mencari ketenangan.

Baca Juga: 10 Wisata Religi Gratis di Jawa Timur Yang Sangat Populer

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jatim.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button