5 tips ke bromo dengan mobil pribadi bersama keluarga - WisataHits
Jawa Timur

5 tips ke bromo dengan mobil pribadi bersama keluarga

Tips ke Bromo dengan mobil pribadi. pexels.com Gunung Bromo merupakan gunung yang populer di Indonesia bahkan mancanegara. Mencapai puncak gunung ini tidak terlalu sulit, karena dengan mobil pribadi anda bisa sampai ke Gunung Bromo. Berikut tips ke Bromo dengan mobil pribadi dan keluarga.

Dikutip dari Pesona Wisata Istimewa Gunung Bromo di Pasuruan, Jawa Timur, Surya Nugraha, (2018:1) Salah satu tempat wisata terkenal di Indonesia yang sering dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara adalah Gunung Bromo. Bromo adalah gunung berapi aktif dan objek wisata paling terkenal di Pasuruan, Jawa Timur.

Sebagai objek wisata, Gunung Bromo menjadi populer dan menarik karena statusnya sebagai gunung berapi aktif. Gunung Bromo merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

5 tips ke bromo dengan mobil pribadi

Berikut tips perjalanan aman dan nyaman ke Bromo dengan mobil pribadi dan keluarga.

1. Cek dulu kondisi mobilnya

Memeriksa kondisi mobil tentunya menjadi suatu keharusan jika Anda berencana pergi ke Bromo dengan mobil pribadi. Yang pertama adalah memeriksa kondisi rem, permukaan ban, mesin, dll.

Juga, berhati-hatilah jika Anda berniat membawa kereta dorong. Pasalnya, jalan menuju Desa Sukapura Probolingo sudah diaspal total. Namun jika ingin naik ke Seruni Point harus lebih berhati-hati karena masih banyak jalan berbatu atau makadam.

2. Pilih rute yang aman untuk mobil

Ada 3 rute menuju Bromo yang bisa Anda pilih baik melalui Surabaya atau melalui Malang. Namun ketiga jalur ini sama-sama memiliki medan yang cukup ekstrim dan berbahaya karena melewati tanjakan, turunan dan perbukitan yang anginnya tidak menentu.

3. Pengemudi Ahli di pegunungan

Pengemudi ini sangat penting untuk memiliki pengetahuan mengemudi atau kemampuan mengemudi yang baik. Lebih baik jika Anda menyewa sopir atau pergi bertamasya jika Anda tidak percaya diri mengemudi naik turun dan medan yang berkelok-kelok.

4. Berhenti di titik pemberhentian terakhir

Naik mobil ke Bromo, tidak bisa mencapai sabana atau pasir berbisik. Sehingga mereka dilepaskan oleh warga di titik-titik tertentu. Sekarang perhentian mobil pribadi terdekat ke kawasan Bromo adalah jika Anda keluar melalui Probolinggo.

Kecuali jika ingin ke Seruni Point atau Penanjakan 2 Bromo. Mobil akan diparkir di tempat parkir Bunga Krisan. Jika anda ke Penanjakan 1 Bromo, anda tidak bisa berkendara ke tempat parkir Penanjakan 1. Karena hanya sepeda motor dan kendaraan roda empat seperti jeep yang boleh parkir di sana.

5. Rencanakan spot bromo yang akan anda kunjungi

Saat memilih jalur turun ke Bromo sangatlah penting. Anda yang menentukan spot Bromo mana yang paling dekat dan mana yang bisa Anda kunjungi. Misalnya, ketika Anda melewati Pasuruan, Anda akan lebih dulu berada di dekat Titik Pendakian 1.

Demikian tips ke Bromo dengan mobil pribadi dan keluarga agar perjalanan aman dan nyaman. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. (L M T)

Source: kumparan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button