5 Rekomendasi Wisata Gua di Jogja, Seru untuk Caving dan Rafting! - WisataHits
Yogyakarta

5 Rekomendasi Wisata Gua di Jogja, Seru untuk Caving dan Rafting!

5 Rekomendasi Wisata Gua di Jogja, Seru untuk Caving dan Rafting!

Yogyakarta

Jogja juga menyuguhkan destinasi alam berupa goa yang wajib dikunjungi atau dikunjungi oleh para penggemar arung jeram arung jeram masih penggemar caving atau gua. Dibawah ini adalah rekomendasi wisata goa di jogja yang cocok untuk anda gua dan arung jeram.

Pengalaman mencoba goa dan arung jeram di Jogja bisa menjadi pilihan bagi wisatawan. Olahraga gua dan arung jeram bisa dilakukan di sejumlah objek wisata gua di Jogja.

Buat yang penasaran, berikut rekomendasi wisata goa di Jogja yang cocok untuk caving dan rafting detikJateng dari situs web resmi dan halaman perjalanan Trip Advisor.

Rekomendasi wisata goa di jogja

1. Gua Jomblang

Gua Jomblang terletak di Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Jogja. Dikutip dari laman Mengunjungi Jogja adalah Gua Jomblang gua vertikal membutuhkan alat dan keahlian khusus untuk turun dan menjelajahi gua.

Untuk merasakan pengalaman turun ke Gua Jomblang, wisatawan yang tidak memiliki alat khusus cukup membayar sewa alat dengan kisaran harga Rp 450.000 hingga Rp 1.000.000. Harga tersebut sudah termasuk paket gua vertikal lengkap dengan peralatan, guide dan makan siang.

2. Gua Pindul

Ada juga Goa Pindul yang terletak di Jalan Goa Pindul Prestasi 2, RT3, RW16, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Menurut situs resminya, Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak antara permukaan air dan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m.

Gua ini memiliki 3 zona. Yaitu zona terang, zona gelap dan zona gelap dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Goa Pindul juga menawarkan paket cave tube, yaitu kegiatan menyusuri goa dengan menggunakan tube. Paket wisata ini mematok harga hanya Rp 40.000. Sebagai pemula, Anda tidak perlu khawatir karena akan didampingi oleh pemandu.

3. Gua Cerme

Gua Cerme terletak di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Dikutip dari laman Bantulpedia milik Kabupaten Bantul, Gua Cerme berada di ketinggian sekitar 500 mdpl dengan panjang gua sekitar 1.200 meter.

Gua Cerme juga menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmit. Selain itu, terdapat air terjun dan sungai bawah tanah yang mengalir di sepanjang goa. Tempat wisata ini buka mulai pukul 07.00-18.00 WIB.

4. Gua Sriti

Wisata gua selanjutnya adalah Gua Sriti yang terletak di Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Tidak hanya cocok untuk guagua ini juga menawarkan pengalaman wisata sejarah.

Dikutip dari website Kemdikbudristek, Gua Sriti masuk dalam daftar situs cagar budaya di Indonesia. Untuk menikmati keindahan Gua Sriti, wisatawan cukup membayar tiket sebesar Rp30.000 per orang.

5. Gua pertandingan

Gua Tanding juga bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang tertarik dengan kegiatan caving dan rafting. Gua ini terletak di Jalan 2, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul.

Dikutip dari situs resminya, Caving resp gua di Gua Tanding bisa memakan waktu sekitar 1,5 jam. Selama tamasya guaWisatawan dipandu oleh pemandu yang juga menceritakan tentang sejarah goa ini.

Simak video Saat Yogyakarta Dikelilingi Turis di Liburan Nataru.
[Gambas:Video 20detik]
(saya/teguk)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button