Temui Es Semanggi, minuman legendaris Magelang dari tahun 60-an - WisataHits
Yogyakarta

Temui Es Semanggi, minuman legendaris Magelang dari tahun 60-an

Brilio.net – Magelang menawarkan berbagai macam tempat wisata dan kuliner yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini. Ada banyak kuliner khas Magelang, mulai dari makanan hingga minuman. Salah satu minuman khas Magelang adalah es krim Semanggi yang tak kalah segarnya dengan jenis es krim lainnya.

Es Semanggi adalah keindahan kota sejuta bunga ini. Pasalnya, tak hanya kesegaran yang ditampilkan, Es Semanggi memiliki banyak varian yang bisa bikin ngiler.

Lokasi depot es Semanggi ini berada di Jl. Semarang – Yogyakarta No. 367, Kramat Selatan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah. Tempat strategis ini bisa kamu temukan dengan mudah dan hanya dengan Rp 5.000 kamu sudah bisa menikmati es krim Semanggi.

Temui Es Semanggi.

© 2022 brilio.net

Foto: Brilio.net/Internal: Feni Listiyani

“Pada tahun 1960-an, es krim Semanggi pertama kali dijual dengan gerobak di bawah pohon asam di depan candi di sudut Alun-alun Magelang. Kemudian bisnis turun temurun ini diwariskan kepada generasi ketiga ini. Rasanya masih seperti itu dari dulu sampai sekarang,” ujar penerus tiga stan Es Semanggi saat ditemui brilio.net di Magelang, Jumat (9/12).

Dulu, nama Es Semanggi sebenarnya bukan berasal dari pemiliknya, melainkan dari seorang pembeli yang mampir ke depo saat itu.

“Dulu di sini tidak ada nama. Di sini namanya Semanggi sebenarnya tentara yang bertugas di Jakarta, terus kenapa tidak ada nama, jangan asal sebut saja nama Semanggi. Karena di Jakarta ada kawasan Semanggi,” dia menjelaskan.

Keunikan Depot Es Krim Semanggi tidak hanya terletak pada lokasinya yang melegenda, tetapi juga pada penawarannya. Es krim ini disajikan dengan sirup buatan sendiri yang resepnya tidak berubah hingga saat ini. Menu es krimnya sangat beragam antara lain Es Krim Pleret, Es Krim Roti Coklat, Es Krim Pleret Band dan Es Soda Gembira. Harga satu gelas antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

Es Semanggi yang sudah ada sejak tahun 1960-an ini memiliki komposisi utama berupa campuran santan, sirup aneka rasa dan pleret. Pleret adalah campuran es krim yang terbuat dari tepung beras dan air yang direbus dan dibentuk menjadi bola-bola. Pleret memiliki rasa yang kenyal dan lembut di lidah, membuatnya digemari para pembelanja.

Es semanggi © 2022 brilio.net

Foto: Brilio.net/Internal: Feni Listiyani

Es krim Semanggi semakin lengkap ditemani dengan aneka jajanan, seperti tahu bacem yang digoreng menjadi siomay. Jika ingin berkunjung ke depot es Semanggi ini, buka mulai pukul 10.00 WIB.

Mengajar: Feni Listiyani

(brl/ola)

(brl/ola)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button