5 rekomendasi air terjun eksotis di Bogor - WisataHits
Jawa Barat

5 rekomendasi air terjun eksotis di Bogor

Jakarta, CNN Indonesia

Bogor dikenal tidak hanya dengan masakannya yang beragam, tetapi juga memiliki wisata alam yang sangat baik, salah satunya adalah air terjun atau biasa disebut Curug oleh warga sekitar.

wisata air terjun di Bogor sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Jika ingin bersantai sekaligus melepas lelah, tak ada salahnya sesekali bermain-main di sekitar air terjun ini.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Berikut beberapa rekomendasi air terjun atau air terjun di Bogor yang bisa Anda kunjungi karena menawarkan pemandangan yang eksotis.

1. Air Terjun Panjang Megamending

Curug Panjang adalah wisata air terjun di kawasan Puncak, tepat di Desa Megamending, Kecamatan Megamending, Bogor, dan terletak di lereng Gunung Paseban.

Derasnya aliran air di Curug Panjang diyakini berasal dari Sungai Paseban dan bahkan membantu mengairi beberapa air terjun lain di dekatnya.

Kedalaman kolam di bawah air terjun ini sekitar 6 meter dengan arus yang cukup deras. Jadi pengunjung yang ingin berenang di Curug Panjang harus sangat berhati-hati.

Wisata Curug Panjang saat ini dikelola oleh Perum Perhutani Bogor. Terdapat juga fasilitas penunjang di air terjun ini seperti camping ground, persewaan peralatan renang, tempat parkir, toilet dan stand.

Sedangkan untuk harga tiket, wisatawan lokal dikenakan tiket masuk sebesar Rp 13.000 per orang, sedangkan wisatawan asing membayar Rp 50.000 per orang. Curug Panjang Megamending buka 24 jam sehari.

2. Curug Cilember





Air Terjun Sendang Gile adalah air terjun yang menakjubkan di Lombok, Indonesia.  Fotografi long exposure Air Terjun Sendang Gile adalah air terjun yang menakjubkan di Lombok, Indonesia.  Fotografi eksposur panjang.Ilustrasi. Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun di Bogor (iStockphoto/Tanarch)

Pergi ke Curug Cilember yang terletak di Desa Cilember, Cisarua, Bogor. Air terjun di sini unik karena memiliki mata air yang mengairi tujuh air terjun lainnya.

Tujuh air terjun lainnya berjarak sekitar 150-450 meter dan memiliki debit air yang cukup besar. Selain itu, kawasan sekitar Curug Cilember menawarkan banyak fasilitas menarik.

Di bawah ini adalah hutan pinus yang masih asri dan sejuk sehingga cocok jika Anda hanya ingin berjalan-jalan santai melewati hutan. Meski demikian, area tersebut sudah dibersihkan dengan rapi.

Di dekat pintu masuk air terjun Curug Cilember, pengunjung akan disambut oleh taman kupu-kupu dengan konsep rumah kaca berbentuk kubah, dan juga terdapat camping ground yang menyatu dengan villa.

Tiket masuk wisatawan lokal Rp 25.000 per orang, sedangkan wisatawan asing Rp 75.000 per orang. Harga hanya untuk masuk air terjun dan belum termasuk wahana lainnya.

3. Curug Bulao

Wisata air terjun di Bogor selanjutnya adalah Curug Bulao. Air terjun ini berasal dari Sungai Paseban. Lokasi Curug Bulao masih berada di Desa Megamendung, tidak jauh dari Curug Panjang.

Disebut Bulao karena warna airnya yang sangat biru dan jernih, apalagi tempatnya yang tersembunyi sehingga masih asri, berlama-lama bermain di air terjun ini membuat para pengunjung betah.

Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung selain berenang antara lain river chase, cliff jumping, atau tobogganing hingga foto bawah laut yang masih sangat jernih dan biru.

Fasilitas penunjang di tempat wisata air terjun ini antara lain toilet umum, tempat parkir, warung sembako dan persewaan perlengkapan renang.

Ingin mengunjungi Curug Bulao untuk mengisi akhir pekan singkat Anda? Anda bisa datang ke sini mulai pukul 08.00 hingga 19.00 dengan harga tiket sekitar Rp 10.000 per orang.

4. Curug Barong





Air Terjun CibulaoIlustrasi. Rekomendasi air terjun di Bogor (Muhdito via Wikimedia Commons)

Lokasi Curug Barong berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, tepatnya di kawasan Gunung Pancar, Sentul, Bogor.

Tempat wisata air terjun ini tergolong hidden gem karena akses menuju Curug Barong cukup sulit. Namun semua dibalas dengan segarnya udara dengan air yang jernih.

Ketinggian air terjun di Curug Barong ini sekitar 10 meter. Karena medan menuju air terjun ini cukup curam, pastikan kondisi fisik Anda benar-benar prima.

Buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore, harga tiketnya mulai dari Rp 10.000 per orang sedangkan biaya parkirnya Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

5. Air Terjun Naga

Curug Naga terletak di Desa Citamiang Megamending, Kecamatan Megamending, Kabupaten Bogor, dan konon sangat sulit untuk mencapai lokasinya.

Kawasan Curug Naga masih satu kompleks dengan Curug Barong, jadi jangan heran jika nantinya Anda juga berkesempatan melewati air terjun tersebut.

Pengunjung disarankan untuk melakukan reservasi sebelum berkendara ke Curug Naga dengan menghubungi 0818 0212 3179 sebagai guide diperlukan untuk mengakses tempat wisata air terjun di Bogor ini.

Selain itu, perjalanan ke Curug Naga sebaiknya pada musim kemarau atau awal musim hujan agar debit air tidak menjadi terlalu besar.

Nantinya pengunjung bisa mendapatkan paket trekking mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 385.000 sesuai dengan kebutuhannya, dan harga ini dijamin akan terpenuhi untuk menjelajah Curug Naga.





Spanduk GIF Allo Bank

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

Source: www.cnnindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button