5 Tempat Wisata Di Mojokerto, Dari Wisata Religi Hingga Wisata Malam - WisataHits
Jawa Timur

5 Tempat Wisata Di Mojokerto, Dari Wisata Religi Hingga Wisata Malam

Selasa, 16 Agustus 2022 – 05:24 WIB

Perjalanan VIVA – Mojokerto adalah sebuah kota di provinsi Jawa Timur yang terletak 50 km sebelah barat daya Kota Surabaya. Kota Mojokerto merupakan salah satu kawasan di kawasan metropolitan Jawa Timur yang bernama Gerbangkertosusila.

Kota ini terdiri dari 3 kecamatan yaitu Magersari, Kranggan dan Prajurit Kulon. Meskipun demikian, Mojokerto merupakan satu-satunya kota di Jawa Timur yang memiliki satuan wilayah atau wilayah terkecil, dengan wilayah administrasi hanya terbagi menjadi tiga kecamatan.

Meski kotanya konon kecil, Mojokerto menawarkan sejumlah tempat wisata yang tak kalah menarik baik di kota maupun kabupatennya. Berbagai jenis wisata ditawarkan di Mojokerto mulai dari wisata religi, alam, sejarah hingga wisata malam. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 tempat wisata di Mojokerto.

Masjid Agung Al Fattah

Masjid Agung Al Fattah

Masjid tua ini tampaknya sudah dibangun sejak tahun 1877 dan merupakan masjid tertua di Kota Mojokerto. Hingga kini bangunan tersebut masih terpelihara dengan baik karena direnovasi pada tahun 2020 dengan memadukan budaya Islam Timur Tengah dan Majapahit. Budaya Majapahit dilestarikan di dalam masjid dalam bentuk ukiran pada 4 pilar yang menopang bangunan.

Masjid Raya Al-Fattah berdiri di depan alun-alun kota Mojokerto, tepatnya di Desa Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon, dan mampu menampung hingga 5.500 jamaah.

Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung

Foto:

  • tourism.mojokertokab.go.id

Air Terjun Dlundung terletak di Desa Ketapanrame, Trawas, Mojokerto. Ketinggian air terjun Dlundung sekitar 60 meter. Tempat favorit di sini adalah kolam kecil di bawah air terjun, yang memungkinkan wisatawan untuk menikmati segarnya air terjun. Selain menyegarkan tubuh dan pikiran, Air Terjun Dlundung juga bisa digunakan untuk berkemah bersama keluarga atau teman.

Candi Jolotundo

Candi Jolotundo

Kuil ini terkenal dengan musim seminya. Ada yang percaya bahwa mata air di Candi Jolotundo memiliki berbagai manfaat. Konon kolam pemandian tersebut dibuat untuk menjelaskan bahwa air yang keluar dari mata air tersebut adalah Amerta yang seolah-olah keluar dari tubuh Mahameru. Diperkirakan candi ini dibangun oleh Raja Udayana pada tahun 997.

Maha Vihara Mojopahit

Patung Buddha di Maha Vihara Mojopahit

Patung Buddha di Maha Vihara Mojopahit

Foto:

  • Bhikkhu Anandajoti/flickr

Selain wisata religi Islam, Mojokerto juga menghadirkan wisata Buddha di Maha Vihara Mojopahit. Berikut ini adalah patung Buddha yang sangat besar seperti di Nepal dan Thailand. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 3.000 untuk masuk ke vihara ini.

Taman Ghanjaran

Taman Ghanjaran

Taman Ghanjaran

Foto:

  • instagram @wahana_taman_ghanjaran

Jika Anda ingin bepergian hingga malam hari, Taman Ghanjaran adalah tempat yang tepat untuk Anda. Pasalnya taman ini buka hingga malam hari. Taman yang terletak di Kabupaten Mojokerto ini menawarkan berbagai wahana yang patut untuk dicoba. Selain itu, lampu di tempat ini sangat indah di malam hari, sehingga sangat disarankan untuk mengunjungi Taman Ghanjaran saat langit sudah gelap. Jangan lewatkan juga wisata kuliner aneka masakan.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button