Air Terjun Ngumpet, Air Terjun Mempesona dan Eksotis Kolam Alami di Bogor - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Ngumpet, Air Terjun Mempesona dan Eksotis Kolam Alami di Bogor

Air Terjun Ngumpet, Air Terjun Mempesona dan Eksotis Kolam Alami di Bogor
Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Curug Ngumpet, salah satu air terjun yang indah, terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Jawa Barat. Curug atau curug ini terletak di 2 tempat yang berbeda, sehingga sebagian orang menyebutnya curug 1 dan curug 2.

Keindahan kedua lokasi air terjun ini sangat luar biasa karena memiliki banyak flora dan fauna yang dapat ditemukan di sekitarnya. Maka dari itu, tidak heran jika tempat wisata alam ini menjadi salah satu destinasi wisata yang recommended untuk liburan keluarga atau tempat yang cocok untuk melepas penat.

Asal usul nama Ngumpet yang digunakan air terjun ini karena letaknya yang tersembunyi di antara tebing pegunungan. Namun, hal inilah yang membuat air terjun cantik ini menjadi istimewa di mata wisatawan. Berikut ini akan kami ulas secara singkat beberapa hal tentang Air Terjun Ngumpet Kabupaten Bogor.

Daya tarik yang ditawarkan oleh Curug Ngumpet

Air Terjun Ngumpet BogorKredit gambar: Google Maps abdul aziz

1. Flora dan Fauna

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Curug Ngumpet adalah flora dan fauna atau tumbuhan dan hewan. Karena lokasi air terjun cantik ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang dilindungi oleh pemerintah, maka Anda akan banyak menjumpai tanaman atau pohon yang tinggi.

Pohon-pohon ini kemudian menciptakan hutan yang rimbun dengan udara segar yang sangat segar. Hal inilah yang membuat tempat wisata Kabupaten Bogor ini menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat. Selain itu, berkat rimbunnya hutan di sekitar air terjun alami ini, banyak hewan yang hidup di sana.

Maka jangan heran jika melewati gerbang utama sebuah tempat wisata, Anda akan menjumpai berbagai jenis hewan seperti burung, monyet dan beberapa hewan lainnya. Anda juga bisa bersantai mendengarkan suara angin yang bergerak melewati dedaunan pepohonan dan kicauan burung secara bersamaan.

2. Pesona Air Terjun

Kalau bicara soal daya tarik, yang paling mencolok dari wisata alam yang indah ini adalah air terjunnya. Curug Ngumpet memiliki 2 lokasi air terjun yang berbeda, di lokasi pertama terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 45 meter sedangkan di lokasi kedua memiliki ketinggian yang lebih rendah yaitu sekitar 6 meter.

Debit air di kedua air terjun ini cukup besar, sehingga wisatawan tidak diperbolehkan bermain air saat jatuhnya air terjun. Untuk menjaga keamanan, pihak pengelola menetapkan batasan dengan menarik tali, sehingga wisatawan hanya diperbolehkan bermain air di luar tali.

3. Kolam alami

Tempat wisata indah di Kabupaten Bogor ini juga memiliki kolam renang yang bisa digunakan wisatawan untuk bermain air. Kolam ini terbentuk dari aliran air terjun yang tergenang, dimana lokasi ini menjadi lokasi bermain air yang paling disukai dan berada di luar pembatas tali.

Alamat dan rute perjalanan menuju lokasi

Alamat Curug NgumpetKredit gambar: Tambang Google Maps de Raras

Alamat tujuan wisata Curug Ngumpet berada di Kecamatan Pamijahan, Desa Gunungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rute perjalanan dapat ditempuh dari Kota Bogor dengan referensi Kebun Raya Bogor di Jl. Otto Iskandardinata.

Panjang rute perjalanan dari kota Bogor menuju tempat wisata air terjun di Taman Nasional Gunung Halimun Salak diperkirakan sekitar 27,2 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 26 menit dengan kendaraan bermotor. Akses jalan menuju lokasi wisata juga sudah baik dan dapat digunakan kendaraan roda 2 atau 4.

Jika Anda dari Kota Bogor, Anda bisa memulai rute dari Kebun Raya Bogor di Jl. Otto Iskandardinata menuju Jl. R. Saleh S. Bustaman kemudian sampai di perempatan Jl. Tanggul Anda harus belok di HUKUM. Lurus saja hingga mentok di Jl. Pulo Empang kemudian belok kanan dan ikuti terus jalan tersebut hingga menemukan pertigaan Jl. Kapten Maulana Yusuf.

Silahkan belok kiri di pertigaan Jl. Kapten Maulana Yusuf dan terus ikuti jalan tersebut hingga memasuki Jl. Raya Ciapus. Ikuti Jl.Raya Ciapus hingga menemukan perempatan dekat Cassandra Resto kemudian lurus terus hingga masuk ke Jl.mt. Malang dan sampai di perempatan Warung Lina.

Dari perempatan Warung Lina belok kanan setelah Ponpes SMP AL-HIDAYAH lalu belok kiri di Jl. Cikaret dan belok kanan lagi di Jl. Highland Bark. Ikuti jalan tersebut hingga memasuki Jl.Curug Luhur Indah terus lurus hingga menemukan pertigaan Alfamart Cibening dan belok kanan menuju Jl.mt. Dermaga.

Silakan ikuti Jl.mt. Bunder hingga memasuki kawasan wisata Curug Ngumpet. Di kawasan wisata ini, Anda dapat memarkirkan kendaraan pribadi Anda di tempat parkir mobil yang disediakan untuk keperluan tersebut. Harap bawa semua barang berharga untuk mencegah pencurian yang mungkin terjadi.

Harga tiket masuk ke air terjun

Untuk bisa mengikuti wisata indah dari Kabupaten Bogor ini, Anda harus membayar tiket masuk di gerbang utama Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebesar Rp 15.000 per orang. Kemudian untuk tiket masuk Curug Ngumpet Lokasi 1 yaitu Rp 10.000 per orang dan untuk Lokasi 2 harga tiket masuknya sama yaitu Rp 10.000 per orang.

Perhatikan bahwa tempat wisata alam ini buka setiap hari (Senin hingga Minggu) mulai pukul 07:00 hingga 16:00 WIB. Jadi silahkan luangkan waktu luang anda untuk menikmati momen liburan bersama orang-orang terdekat di air terjun cantik ini.

Kegiatan seru dan menarik untuk dilakukan

Aktivitas Seru Curug NgumpetKredit gambar: Google Maps Ridwan Ahmad Onez

1. Bermain air di Air Terjun Ngumpet

Berwisata ke air terjun jelas akan membuat kebanyakan orang ingin bermain air. Maka jangan heran jika di Curug Ngumpet ini banyak sekali wisatawan yang bermain air. Meski titik jatuhnya air terjun terbatas karena berbahaya terkena air yang jatuh dari ketinggian 45 meter, namun masih ada titik lain yang aman untuk bermain air.

Terdapat sebuah kolam tidak jauh dari titik jatuhnya air terjun dengan air yang sangat jernih dan sejuk. Kolam ini kemudian dibatasi dengan tali yang menandakan batas bagi siapa saja yang tidak dapat melewati tali tersebut karena dapat terkena air terjun yang deras dari atas.

Bermain air kolam akan terasa sangat segar karena selain airnya sangat jernih dan segar, tempat wisata alam ini juga berada di tengah hutan. Dimana hal tersebut membuat udara yang dihirup juga sangat segar.

2. Menyaksikan keindahan sawah dan hutan

Mulai melewati gerbang utama Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Anda sudah bisa melihat keindahan persawahan warga yang terhampar di sepanjang jalan. Ada juga petani yang sibuk merawat ladang, melambai-lambaikan tangan menyambut.

Selain hamparan sawah, Anda juga bisa melihat keindahan pepohonan hijau yang terbentang hingga ke kawasan air terjun Ngumpet. Saat Anda mulai memasuki kawasan wisata curug atau air terjun, Anda akan melihat hutan lebat yang membuat udara disekitar Anda sejuk dan sangat segar.

3. Rileks dan lepaskan stres

Sebelumnya telah disebutkan bahwa tempat wisata yang indah ini memiliki hutan dengan banyak pepohonan. Membuat udara menjadi sangat sejuk dan segar, dengan udara yang sejuk dan segar ini para wisatawan yang merasa stress atau sedang banyak masalah dapat memanfaatkannya untuk beristirahat dan melepas penat.

Apalagi saat bersantai, terdengar kicauan burung yang hinggap di dahan pohon. Suara nyanyian kemudian lebih nyaman didengar dengan angin yang bertiup melalui dedaunan dan mencapai Anda.

Aktivitas Seru di Air Terjun NgumpetKredit gambar: Google Maps Andini Maheswari

4. Ambil gambar

Saat Anda menginjakkan kaki di salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bogor, maka akan langsung memunculkan jiwa narsis Anda. Bagaimana tidak Dengan keindahan alam mulai dari hutan yang rimbun pepohonan dan air terjun yang indah di depan mata, otomatis Anda berpose di depan kamera.

Anda juga bisa mengabadikan momen bermain air bersama keluarga atau orang tersayang. Oleh karena itu, siapkan kamera dan memori lebih untuk memotret semua aktivitas yang dilakukan di tempat wisata alam yang luar biasa ini.

5. Berkemah menyenangkan

Karena berada di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tempat wisata ini sangat cocok untuk berkemah atau bermalam di alam. Pastikan Anda sudah meminta izin kepada pihak pengelola Air Terjun Ngumpet dan memiliki perlengkapan yang memadai, karena pada malam hari tempat wisata alam ini akan sangat sepi pengunjung.

6. Kegiatan keluar

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan di tempat wisata indah ini adalah jalan-jalan atau aktivitas yang berhubungan dengan alam. Ada lapangan yang disediakan pihak pengelola untuk kegiatan outing, jadi jangan heran jika Anda menjumpai beberapa orang yang sedang beraktivitas di sekitar lapangan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Memasang Air Terjun NgumpetKredit gambar: Google Maps drahim suede

Area parkir kendaraan

Fasilitas pertama yang dimiliki Curug Ngumpet adalah area parkir kendaraan. Di tempat parkir ini wisatawan dapat memarkirkan kendaraan pribadinya dan kendaraan tersebut akan dijaga oleh petugas parkir sampai semua wisatawan kembali. Lokasi air terjun 1 dan 2 semuanya memiliki tempat parkir yang berbeda dengan ukuran luas yang hampir sama.

bumi keluar

Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa di sekitar lokasi air terjun yang indah ini terdapat lahan yang disediakan pihak pengelola untuk kegiatan outbond. Biasanya pada saat liburan, beberapa kelompok masyarakat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan alam di area awal.

Jalan menuju lokasi air terjun

Fasilitas terbaru yang dimiliki oleh salah satu objek wisata alam di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Jawa Barat ini adalah jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 atau 4. Jalan terbentang dari pintu masuk utama hingga lokasi air terjun, medannya juga bagus , sehingga dapat dilalui oleh siapa saja dengan cukup mudah.

Demikian ulasan singkat tentang Air Terjun Ngumpet di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Saat mengunjungi tempat wisata yang megah ini, sebaiknya sampah plastik dibuang pada tempatnya agar anak cucu kita juga bisa menyaksikan keindahan alam yang kita lihat saat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button