5 pantai yang direkomendasikan di geopark Ciletuh yang indah dan wajib dikunjungi - WisataHits
wisatahits

5 pantai yang direkomendasikan di geopark Ciletuh yang indah dan wajib dikunjungi

5 pantai yang direkomendasikan di geopark Ciletuh yang indah dan wajib dikunjungi

Geopark Ciletuh menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Ada 5 tower pantai di Geopark Ciletuh yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Geopark merupakan kawasan yang kaya akan unsur geologis yang dilindungi sebagai warisan alam. Di Indonesia, terdapat Geopark CIletuh yang telah ditetapkan oleh UNESCO sejak tahun 2018 sebagai Situs Warisan Dunia dengan kekayaan geologi dan keindahan alamnya, termasuk pantainya. Ada 5 pantai cantik di Geopark Ciletuh yang menarik wisatawan.

Geopark ini merupakan kawasan taman nasional di Sukabumi dengan luas kurang lebih 1.261 km2. Kawasan ini merupakan penopang ekonomi bagi masyarakat sekitar. Masyarakat juga berperan dalam upaya perlindungan warisan alam ini, termasuk kekayaan geologisnya yang meliputi dataran tinggi hingga pesisir.

Ada banyak wisata indah di Geopark Ciletuh mulai dari air terjun hingga perbukitan yang indah. Yang tak kalah menarik adalah keindahan pantainya yang sangat populer di kalangan masyarakat luas. Ada beberapa pantai pasir putih yang indah dan garis pantai yang panjang.

Rekomendasi pantai di Geopark Ciletuh

Kawasan geopark yang cukup luas ini memiliki wisata pantai yang sangat populer. Setiap pantai memiliki pesona dan keunikan tersendiri. Berikut beberapa pantai menawan di Geopark Ciletuh yang wajib Anda kunjungi.

1. Pantai pasir putih

Pantai pasir putihFoto: Google Maps/Ubah nama

Di pantai ini wisatawan bisa melihat keunikan yang disuguhkan. Perlu diketahui bahwa pantai pasir putih ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Karena itulah, pantai berpasir putih ini cocok sebagai tempat berdamai. Didukung dengan jumlah wisatawan yang sedikit, pantai ini tetap terjaga kebersihannya.

Meski namanya Pantai Pasir Putih, warna pasirnya cenderung kecoklatan. Keindahan alam yang disajikan sangat indah. Ada yang unik dari pantai ini yaitu adanya rerumputan hijau di sekitar pantai. Areal berumput ini terkadang dimanfaatkan warga untuk mencari rumput bagi sapi peliharaannya.

Pantai ini memiliki ombak yang cocok untuk berselancar. Selain itu, karena keindahan pantai yang disajikan di sini, wisatawan bisa berswafoto di sini. didukung dengan hamparan pasir yang indah dan pemandangan tebing yang eksotik bisa dijadikan spot foto yang menarik.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

2. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung GentengFoto: Google Maps/Sonny Heriawan

Pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata. Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa pantai ini masuk dalam kawasan Geopark Ciletuh. Garis pantainya cukup landai dan jarang ditemukan di pantai lain serta garis pantai yang panjang memberikan pesona tersendiri bagi pantai ini.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dan air laut yang jernih membuat semua orang betah menikmatinya. Di pantai banyak terdapat pepohonan dan semak-semak. Di kawasan pesisir terdapat taman penyu hijau yang digunakan sebagai kawasan konservasi satwa langka.

Ombak di pantai ini cukup sedang dan menjadi pilihan banyak peselancar pemula. Dengan begitu para peselancar bisa leluasa berlatih di pantai ini karena ombaknya yang cukup bersahabat. Pantai ini juga tidak memiliki banyak bebatuan yang dapat menghalangi area pantai.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gunung Batu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

3. Pantai Cimaja

Pantai CimajaFoto: Google Maps/Dede Eko S.

Pantai Cimaja memiliki ciri khas tersendiri yaitu adanya bebatuan di sekitar pantai. Batuan ini terlihat seperti batu sungai yang sangat halus, tidak memotong batu. Bebatuan ini tersebar di sekitar pantai, bertabrakan dengan pasir lembut. Cukup nyaman jika berjalan tanpa alas kaki.

Pantai dengan pemandangan air laut yang jernih dan deburan ombak yang tinggi membuat semua orang kehilangan pesonanya. Tak heran jika pantai ini kerap ramai dikunjungi wisatawan.

Cimaja terkenal sebagai pantai dengan ombak yang cukup besar. Oleh karena itu, Pantai Cimaja sering dijadikan tempat surfing favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Menariknya, pantai Cimaja kerap dijadikan ajang kompetisi selancar internasional.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

4. Pantai Palangpang

Pantai PanpangFoto: Twitter/Di sekitar

Ini adalah pantai pertama yang akan ditemui wisatawan di tempat. Pantai Palangpang merupakan ikon kawasan Geopark Ciletuh, sekaligus sebagai pintu masuk. Oleh karena itu, pantai ini memiliki wahana yang cukup lengkap, salah satunya adalah banana boat.

Selain fasilitas yang cukup lengkap, panorama yang disajikan pantai ini juga tidak kalah menarik. Kondisi air laut yang jernih dan bersih berpadu dengan hamparan pasir putih halus mampu membuat nyaman setiap wisatawan. Selain itu, pantai ini memiliki terumbu karang yang indah dan tebing yang mempesona.

Pantai Palangpang memiliki ombak yang cukup kecil, sehingga aman digunakan untuk berenang dan bermain air. Selain itu, pantai ini cocok sebagai tempat untuk berkemah dan nikmati keindahannya Matahari terbit sebaik matahari terbenam dari pantai terlihat sangat menakjubkan.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

5. Pantai Pangumbahan

Pantai PangumbahanFoto: Google Maps/Pantai Bahak Indah_Pbi

Pecinta hewan laut bisa berkunjung ke Pantai Pangumbahan karena terdapat Taman Penyu Pangumbahan yang dijadikan tempat penangkaran penyu hijau yang bisa dikunjungi wisatawan. Setiap wisatawan yang berkunjung berkesempatan mengabadikan momen di sini.

Apalagi pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi jika waktu liburan, kondisi pantai Pangumbahan semakin ramai. Sayang sekali jika Anda tidak mengunjungi salah satu pantai populer Sukabumi dengan segala keindahan yang ditawarkannya.

Pantai Pangumbahan menawarkan pemandangan air laut yang biru dan pasir putih. Pantai ini sangat indah dan banyak pepohonan yang tumbuh disekitarnya. Di sekitar pantai, Anda bisa menemukan peternakan penyu hijau. Wisatawan dapat melihat banyak jenis penyu dari berbagai usia.

Pantai ini cocok dijadikan tempat berkemah sambil mendirikan tenda di pinggir pantai. Ombaknya yang tenang juga cocok untuk berenang dan beraktivitas tuba. Saat ombak besar, bisa digunakan untuk berselancar. Didukung oleh area yang tidak memiliki banyak karang, ini adalah tempat yang aman untuk berselancar.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gunungbatu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasi dan fasilitas pantai di Geopark Ciletuh

Destinasi laut Geopark Ciletuh berada di desa Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya cukup mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor, mobil, dan bus. Jika dari pusat kota Sukabumi jaraknya sekitar 90 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Tidak semua kawasan pesisir memiliki fasilitas yang memadai. Fasilitas umum adalah toilet dan warung makan. Namun, ada juga pantai yang tidak terdapat warung makan. Pasalnya, kawasan tersebut belum banyak dikunjungi wisatawan.

Deretan pantai di Geopark Ciletuh menawarkan keindahan dan pesona tersendiri bagi para wisatawan yang berwisata ke sana. Geopark Ciletuh dengan kekayaan geologi, keindahan alam, flora dan faunanya dapat dijadikan sebagai destinasi liburan keluarga yang menarik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button