Membutuhkan terminal transit bus wisata untuk mengakses tempat wisata - WisataHits
Yogyakarta

Membutuhkan terminal transit bus wisata untuk mengakses tempat wisata

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Banyak orang mencari tempat wisata yang masih asri seperti pantai, bukit dan gunung. Tempat-tempat seperti itu menjadi tujuan populer para wisatawan karena dapat menenangkan pikiran.

Sayangnya, untuk mencapai tempat-tempat tersebut biasanya harus melalui jalan sempit terjal yang terkadang tidak dapat diakses bahkan dengan bus wisata sekalipun.

Oleh karena itu, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengusulkan agar setiap tempat wisata yang akses jalannya sulit perlu adanya terminal transit bus wisata.

Baca Juga: 7 Orang Tewas Setelah Bus Wisata Tabrak Jurang Jalur Sarangan-Tawangmangu

Bus wisata PO Sumex 97 Dermaga. Bus wisata Hino PO Sumex 97

Peneliti senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Achmad Wildan mengatakan, banyak jalan di properti wisata yang berisiko tinggi untuk dilewati bus wisata dan perlu mendapat perhatian pemerintah.

“Biasanya supir bus mengandalkan peta untuk mencari rute ke tempat tujuan, dan di peta tidak ada informasi yang lengkap tentang lebar jalan dan sebagainya, sehingga menjadi berbahaya ketika jalan kecil dilintasi oleh bus besar,” kata Wildan. dalam Forum Humas dan Media Rilis “Keselamatan Bus Wisata di Indonesia (Studi Kasus Kecelakaan Bus Wisata di Tebing Bantul Bego)”.

Dia mengatakan pemerintah; Baik dinas perhubungan maupun pemerintah daerah harus membuat peta jalan untuk menentukan lokasi terminal transit.

Baca Juga: Pentingnya Memastikan Bus Pariwisata Memiliki Izin

Bus wisata baru PO VircansaDERMAGA. LAKSANABUS Bus wisata baru PO Vircansa

“Survei akan diketahui jalan mana yang masih bisa ditoleransi untuk dilalui bus besar. Nah, terminal transit ini diperlukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat medan jalan,” kata Wildan.

Dikatakannya, dengan adanya terminal transit, akses ke tempat wisata yang tidak bisa dijangkau bus pariwisata bisa dialihkan dengan moda transportasi lain yang lebih kecil dan tidak berisiko.

Dengan demikian, terminal transit di suatu objek wisata memiliki fungsi yang cukup penting, diharapkan terminal transit ini tersedia di setiap objek wisata yang memiliki akses jalan yang tidak nyaman.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button