5 makanan paling enak dan bikin ketagihan dari Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

5 makanan paling enak dan bikin ketagihan dari Semarang

makanan khas SemarangFoto: Fnbpreneur

Saat Anda berkunjung ke ibu kota Jawa Tengah ini, banyak sekali makanan khas Semarang yang paling enak dan bikin ketagihan yang wajib Anda coba.

Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang populer. Sama dengan Semarang. Makanan khas Semarang antara lain Nasi Ayam Semarang, Tahu Gimbal, Kari Kambing Bustaman dan Babat Gongso. Selain itu, Semarang juga terkenal dengan jajanan andalannya, yaitu lumpia.

Penasaran apa saja makanan khas semarang yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah?

Makanan khas semarang terbaik dan terasa enak

Semarang adalah salah satu tujuan wisata yang paling populer saat ini. Jika Anda berlibur di kota ini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Semarang.

Dilihat dari gulungannya, sejarah kota Semarang di Jawa Tengah kira-kira berasal dari abad ke-8 Masehi, yaitu sebuah kawasan pesisir yang disebut Pragota (sekarang Bergota) yang merupakan bagian dari kerajaan Mataram Kuno.

Dulunya kawasan ini merupakan pelabuhan. Di bagian depan terdapat gugusan beberapa pulau kecil yang berangsur-angsur menyatu menjadi daratan.

Penasaran makanan khas Semarang mana yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh?

  1. lumpia

Camilan yang sangat populer ini bisa Anda temukan di Semarang di seluruh penjuru kota Semarang. Namun, ada baiknya membeli lumpia semarang ini langsung dari sumber resep lumpianya.

Anda bisa datang ke Gang Lombok di kawasan Pecinan, Semarang. Di sini Anda bisa membeli lumpia yang dikemas dalam kotak besek atau bambu.

  1. Roti Ganjel Rel

Selanjutnya adalah roti ganjel rail. Namanya aneh. Namun makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang enak dan khas.

Roti Ganjel rel dibuat dari tepung tapioka, santan, air perasan, gula, dan kayu manis. Untuk mempercantik tampilannya, roti ganjel rail ini ditaburi biji wijen.

  1. Tahu Bakso

Anda wajib membeli tahu bakso gurih ini. Rasanya semakin sempurna saat disantap dengan cabai rawit hijau dan ditemani secangkir teh.

Ada dua jenis bakso tahu, yaitu bakso tahu goreng dan bakso tahu rebus. Anda bisa memilih sesuai selera. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi.

  1. Kembar Mochi/Moaci

Dikenal berasal dari negeri Sakura, kue mochi ini ternyata menjadi oleh-oleh khas Semarang. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan kacang cincang dan gula.

Bentuknya yang bulat seperti kue onde onde dan ditaburi biji wijen menggoda semua orang untuk mencobanya.

  1. Roti yang brilian

Makanan khas Semarang yang juga bisa dijadikan oleh-oleh adalah roti brillian. Untuk membeli roti ini Anda bisa mengunjungi Brillian Palace yang terletak di Jalan Simpang Lima Semarang.

Roti ini dibuat dari bahan-bahan pilihan sesuai resep lama. Roti brillian tahan berhari-hari karena dikemas dengan baik. Jadi Anda tidak perlu khawatir roti ini menjadi berjamur atau basi.

Itulah beberapa makanan khas Semarang Jawa Tengah yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah. Yang mana yang ingin Anda beli?

Source: indeksnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button