Ayam lodho paling enak di Tulungagung! Kuliner legendaris dan khas, dijamin murah dan bikin ketagihan - WisataHits
Jawa Timur

Ayam lodho paling enak di Tulungagung! Kuliner legendaris dan khas, dijamin murah dan bikin ketagihan

Ayam lodho paling enak di Tulungagung!  Kuliner legendaris dan khas, dijamin murah dan bikin ketagihan

JemberNetwork.com – Tulungagung terletak 154km barat daya pusat kota Surabaya dan dikenal sebagai kota penghasil marmer terbesar di Indonesia. Bahkan produk marmer buatan warga Tulungagung ini berhasil menembus pasar internasional.

Warga Tulungagung juga dikenal dengan perabot rumah tangganya. Destinasi wisata Tulungagung didominasi oleh wisata alam dan jenis pantai yang berbeda dengan daya tarik keindahan yang berbeda.

Kota Tulungagung tidak hanya dikenal dengan produksi marmer dan perabot rumah tangganya, tetapi juga memiliki kuliner khas yaitu ayam lodho. Banyak warung ayam lodho yang bertebaran di sekitar kota Tulungagung, sehingga menyantap kuliner ayam ini tidaklah sulit.

Baca Juga: Lontong Kikil Paling Enak di Surabaya! Kuliner khas kota pahlawan penuh lemak tergiur untuk disantap…

Kuliner ayam lodho merupakan olahan daging ayam yang dimasak dengan cara dipanggang atau dipanggang, kemudian daging ayam tersebut dimasak kembali dengan campuran bumbu kari pedas dan santan kental.

Keistimewaan olahan ayam lodho terletak pada cara penyajiannya. Orang Jawa biasanya memasak olahan daging dengan kayu bakar dan api kecil.

Proses pemasakan ini lebih dikenal dengan istilah “kothok” agar bumbu meresap dengan baik. Hasil dari proses pemasakan Kothok ini menghasilkan daging ayam yang empuk dan tidak alot.

Baca Juga: Nasi Babat Paling Enak di Blitar, Beda dari Daerah Lain! Berikut 5 rekomendasi makanan khas Kota Proklamator

Namun, ada warung ayam lodho legendaris yang masih digandrungi warga Tulungagung hingga saat ini. Warung ini disebut-sebut sebagai warung ayam lodho terenak di Tulungagung, warung ayam lodho Bu Sri.

Masakan Ayam Lodho Bu Sri terletak di Jalan Dr. Sutomo nomor 36 Tulungagung, Jawa Timur. Menu ayam lodho buka dari jam 6 pagi sampai jam 12 malam dan selalu laris manis. Banyak orang menjadikan ayam Lodho Bu Sri sebagai menu sarapan.

Dengan harga mulai dari 8.000 rupiah, Anda sudah bisa menikmati suwiran ayam lodho. Satu porsi terdiri dari nasi, sayap, plati, brutu dan lodeh pedas. Pelanggan juga bisa memilih ayam lodho suwir atau ayam lodho utuh per potong.

Baca Juga: Di Mana Mendapatkan Rujak Soto Paling Enak di Banyuwangi? Jangan lewatkan kuliner khas kota Gandrung, cek lokasinya!

Nasi Ayam Bu Sri Lodho disajikan dengan ayam kampung dan disajikan dengan saus yang lebih sedikit tetapi dengan santan dan saus seperti kari. Rasa gurih dan pedas dari kuah kari dan lodeh yang pedas menjadi perpaduan sempurna yang menggoyang lidah.

Stand Ayam Lodho Bu Sri sudah ada sejak awal tahun 2000-an, sehingga rasa dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Selalu ramai di pagi hari, bagi Anda yang tertarik mencoba masakan legendaris ini harus datang lebih awal dan disarankan makan di tempat.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button