17 tempat bersejarah di Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

17 tempat bersejarah di Indonesia

TANGERANG, iNews.id – Ada beberapa tempat bersejarah di Indonesia. Tempat tersebut menjadi saksi perjalanan bangsa Indonesia dari zaman kerajaan hingga kemerdekaan.

Tempat bersejarah ini terutama merupakan tujuan wisata. Banyak nilai sejarah yang bisa digali dari tempat-tempat tersebut, terutama generasi sekarang, untuk lebih menunjukkan rasa hormat terhadap bangsa yang majemuk ini.

Berikut tempat-tempat bersejarah di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber:

Terletak di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Ini adalah kuil terbesar di dunia.

Kuil dengan banyak patung Buddha ini telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

2. Candi Prambanan, Yogyakarta

Hotel ini terletak di Jalan Raya Solo – Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Legenda yang memiliki sejarah dekat dengan Roro Jonggrang ini menceritakan tentang seorang putri cantik yang dikutuk menjadi candi oleh orang yang dicintainya, yaitu Bandung Bondowoso.

Bangunan candi juga memiliki relief cerita Ramayana dan Krishnayana. Tak heran, pada waktu-waktu tertentu pengunjung bisa menikmati sendratari Ramayana yang terkenal dengan latar belakang bangunan candi yang megah.

3. Masjid Baiturrahman, Aceh

Merupakan masjid warisan Kesultanan Aceh dan dibangun pada tahun 1022 H oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Masjid ini menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia saat Belanda menyatakan perang dan melawan Kesultanan Aceh dengan menembakkan meriam ke daratan Aceh dari kapal perang Citadel Van Antwerpen.

Pada tahun 1873 Belanda berhasil menguasai Masjid Raya Baiturrahman. Namun, Kesultanan Aceh melawan dan memenangkan pertempuran, mengalahkan pasukan Belanda yang dipimpin oleh Johan Harmen Rudolf Kohler, yang membawa 3.198.

Kesultanan Aceh memenangkan perang dan mampu merebut kembali apa yang telah ditaklukkan Belanda.

4. Menara Lonceng, Bukittinggi

Merupakan bangunan ikonik di Sumatera Barat. Menara Jam Menara didirikan pada tahun 1926 oleh Pemerintah Hindia Timur Belanda dengan ketinggian 26 meter.

Uniknya, menara ini dibangun tanpa menggunakan penyangga baja dan semen. Selain itu, Jam Gadang juga dibangun dengan menggunakan bahan tradisional seperti kapur, putih telur dan pasir putih.

5. Istana Maimun, Medan

Merupakan istana kebesaran kerajaan Deli yang didominasi warna kuning, warna kebesaran khas kerajaan Melayu. Istana ini merupakan salah satu ikon kota Medan di Sumatera Utara.

Keraton ini dibangun ketika Kesultanan Deli dipimpin oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tanggal 26 Agustus 1888 oleh arsitek TH Van Erp yang juga berprofesi sebagai Koninklijk Nederlands-Indische Leger (KNIL) atau Tentara Hindia Belanda.

Istana ini menyimpan meriam legendaris yang disebut Butt Cannon. Istana Maimun selalu menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang paling menarik di Medan, tidak hanya karena nilai sejarahnya, tetapi banyak orang mengagumi desain interior dan eksteriornya yang unik dan sangat mewakili budaya Melayu, mengadopsi gaya Islam, India, Italia, dan Spanyol.

Penerbit: Kurnia Illahi

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: jateng.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button