5 Makanan Khas Pati yang Wajib Kamu Coba - WisataHits
Jawa Tengah

5 Makanan Khas Pati yang Wajib Kamu Coba

Jatengnews.id Berikut 5 kuliner khas Pati yang wajib dicoba.

Berikut 5 kuliner khas Pati yang wajib dicoba dalam artikel lengkap ini.

Simak 5 makanan khas Pati yang wajib Anda coba saat berwisata ke kota berjuluk Pati Bumi Mina Tani ini.

Kalau mendengar Bumi Mina Tani pasti Kabupaten Pati. Berada di pesisir utara Jawa Timur-Tengah, Pati memiliki beragam tempat wisata alam. Ada waduk, air terjun, gua, agrowisata dan pantai. Bagi pecinta kuliner, Pati juga kaya akan kuliner khas. Ada yang berkuah, ada yang pedas, dan ada yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Baca juga: Wisata Kuliner Demak ini Wajib Coba Food Hunter

Seperti yang kami laporkan dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, ada 5 kuliner khas Pati yang wajib kamu coba saat berwisata dan menginap di kota ini. Berikut kami perkenalkan secara lengkap dalam artikel ini.

Nasi Gandul

Nasi gandul adalah nasi yang disajikan dengan kuah. Warnanya cokelat seperti kuah rebusan atau kari. Lalu masukkan potongan daging sapi.

Biasanya saat membeli nasi gandul, penjual akan menawarkan lauk apa yang akan digunakan. Ada otak, hati, limpa dan lain-lain.

Nasi gandul juga cocok untuk bumbu telur atau kue. Setelah memilih iringan, vendor akan memotong iringan pilihan kita menjadi potongan-potongan kecil. Nasi gandul disajikan di atas piring dengan alas daun pisang.

Kemudian nasi dituangkan dengan saus. Uap tipis yang mengepul dari kaldu juga terlihat menggoda. Itu terlihat segar, hangat dan beraroma.

Soto Kemiri

Satu lagi sajian khas masakan Pati dengan kuah hangat. Namanya Soto Kemiri. Kemiri adalah nama sebuah desa di Pati. Situs tersebut berada di wilayah Kota Pati.

Soto Kemiri adalah soto ayam. Jika kuah soto pada umumnya agak bening, maka Soto Kemiri menggunakan santan. Saat disajikan, nasi ditaruh dalam mangkuk kemudian ditambahkan suwiran ayam dan disiram dengan santan kuning.

Sangat mudah menemukan warung Soto Kemiri saat Anda mampir ke Kota Pati. Booth biasanya menawarkan lauk tambahan. Mulai dari bagian-bagian ayam seperti sayap dan paha, jeroan sate, pai dan lain-lain.

Sego Tewel

Nasi Pati Rames? Sego Tewel menjawab. Hidangan ini banyak dijumpai di Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo.

Sego berarti nasi. Sedangkan tewel sendiri merupakan istilah jamu yang terbuat dari serat nangka seperti yang terdapat pada gudeg. Lauk lain di piring Sego Tewel termasuk tempe goreng dan bakwan.

Sego Tewel disajikan di atas alas daun jati agar aromanya semakin menggugah selera.

Baca juga: 9 Rekomendasi Wisata Kuliner di Semarang, Berburu Kuliner di Semarang

Lontong Balung

Di Desa Kropak, Kecamatan Winong, ada kuliner legendaris bernama Lontong Balungan.

Lontong bersantan kental dengan tahu dan tempe serta potongan daging sapi (bahasa Jawa: balung) yang masih menempel di tulang.

Balungan Lontong sudah terkenal dimana-mana, cukup banyak pengunjung yang berasal dari luar kecamatan datang hanya untuk menikmatinya. Sambil menunggu sajian lontong balungan, pengunjung bisa mencoba keripik tempe mini. Meski kecil, rasanya yang enak bikin ketagihan.

Olahan Bandeng

Kuliner yang satu ini cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Terdapat industri pengolahan bandeng presto di Juwana. Ikan air payau dimasak agar tulangnya lunak.

Jadi jika Anda ingin mengkonsumsi ikan bandeng presto, Anda tidak perlu repot menyisihkan durinya karena bisa langsung dimakan. Selain dipresto, ikan bandeng juga bisa diolah dalam bentuk lain.

Bandeng berduri, misalnya. Ada juga otak bandeng. Bentuknya umumnya mirip ikan bandeng, namun bagian dalamnya sudah diolah. Rasanya enak dan lembut.

Itulah 5 kuliner khas pati yang wajib anda coba, semoga bermanfaat. (02)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button