9 gunung tertinggi Pulau Jawa, Semeru hingga Sindoro - WisataHits
Jawa Tengah

9 gunung tertinggi Pulau Jawa, Semeru hingga Sindoro

jakarta

Gunung tertinggi di Pulau Jawa adalah Gunung Semeru. Gunung ini memiliki ketinggian 3.676 m dpl dan dikenal dengan nama Puncak Mahameru.

Danau Ranu Kumbolo merupakan salah satu wisata alam di Gunung Semeru. Keindahan danau dan Gunung Semeru ini sendiri adalah salah satunya yang telah terekam dalam film 5cm.

Selain Gunung Semeru, di Pulau Jawa terdapat sejumlah gunung tertinggi lainnya dengan tempat wisata yang tak kalah indahnya. apa pun?

Gunung tertinggi di Pulau Jawa

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru terletak di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung Semeru terletak di sebelah Pegunungan Tengger dan merupakan bagian dari Taman Wisata Bromo-Tengger-Semeru seperti dikutip laman Wonderful Indonesia.

Gunung ini memiliki keindahan alam yang sangat unik, antara lain ladang Oro-Oro-Ombo yang tumbuh tanaman ungu pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, dan ladang Edelweiß. Keindahan alam puncak Mahameru beserta kawah di puncak gunung yang dikenal dengan nama Jonggring Saloko juga menjadi daya tarik tersendiri.

2. Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi kedua di Pulau Jawa. Gunung Slamet memiliki ketinggian 3.428 m di atas permukaan laut. Karena itu, gunung ini mendapat julukan Atap Jawa Tengah.

Jalur menuju Puncak Surono di Gunung Slamet cukup ekstrim dan membutuhkan trekking pole yang hati-hati. Salah satu pemandangan dari puncak Gunung Slamet adalah panorama kawah Segoro Wedi yang masih aktif mengeluarkan gas belerang seperti dikutip dari laman Visit Jateng.

3. Merakit penjumlahan

Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.371 mdpl. Lokasi gunung ini meliputi empat kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo menurut situs Badan Geologi Kementerian ESDM.

Jalur menuju puncak Gunung Sumbing merupakan jalur tanah bercampur pasir. Ada dua puncak yang bisa dicapai saat mendaki dari Dusun Butuh yaitu Puncak Sejati dan Puncak Isi Selo.

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno adalah gunung berapi aktif di Malang, Jawa Timur, dengan ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut. Gunung ini dapat didaki dari berbagai arah antara lain Utara (Tretes) melalui Gunung Welirang, Lawang (Timur), Barat (Batu Selecta) dan Utara (Karangploso). Gunung ini memiliki beberapa objek wisata salah satunya Air Terjun Kakek Bodo yang masih menjadi jalan menuju puncak Gunung Arjuno.

Gunung Arjuno dan Gunung Welirang memiliki kawasan Hutan Dipterocarp Bukit, Hutan Dipterocarp Atas, Hutan Montane, Hutan Ericaceous, atau Hutan Gunung. Sebagian besar lereng gunung digunakan untuk pertanian.

5. Gunung mengaum

Gunung Raung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut. Gunung Raung terletak di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember.

Gunung Raung memiliki empat puncak yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati. Ketinggian Puncak Sejati mencapai 3.344 mdpl, yang menjadikan Gunung Raung sebagai puncak tertinggi di Pegunungan Ijen.

6. Gunung Lawu

Gunung Lawu terletak di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Puncak tertinggi Gunung Lawu adalah Puncak Hargo Dumilah yang berada di ketinggian 3.265 mdpl, menurut situs indonesia.go.id.

Sejumlah destinasi terkenal di Gunung Lawu adalah Air Terjun Grojogan Sewu, kawasan Cemoro Sewu, Astana Mangadeg, Candi Sukuh, Candi Cetho, dan Telaga Sarangan.

7. Gunung Welirang

Gunung Welirang masih satu kompleks dengan Gunung Arjuno. Oleh karena itu, tidak sedikit pendaki yang langsung mendaki gunung dalam satu kesempatan.

Mendaki Gunung Welirang, pendaki bisa bertemu dengan warga yang berprofesi sebagai penambang belerang. Sebagai pendaki sebaiknya tunjukkan dulu jalan, mengingat hasil penambangan belerang sangat keras seperti yang dikutip dalam Buku Perjalanan dan Pariwisata Indonesia di Kota Malang oleh Siti Nur Aidah.

8. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan gunung yang terletak di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Boyolali. Gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 3.145 mdpl menurut situs Taman Nasional Gunung Merbabu.

Gunung ini memiliki 5 jalur pendakian yang resmi dibuka yaitu jalur Selo Boyolali, Suwanting Magelang, Wekas ​​Magelang, Cuntel Semarang dan Thelekan Semarang. Pendaki dapat menikmati sunrise dan sunset di Puncak Kenteng Songo.

9. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro terletak di dekat kota Temanggung, Jawa Tengah. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.136 meter di atas permukaan laut.

Salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa ini dapat dicapai melalui kawasan Parakan, Garung, Tambi dan Kretek serta Kladeung. Di tengah pendakian, di ketinggian 2.210 mdpl, Anda akan melihat pemandangan Dieng antara lain Gunung Bisma, Gunung Sroja, Gunung Tlerep dan Gunung Butak. detik.com/tag/gunung-tertinggi

Saksikan video Gunung Semeru Siaga, warga masih bertahan di posko pengungsian
[Gambas:Video 20detik]
(dua / dua)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button