Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, Desa Alang Laweh mengadakan Lomba Marandang dan Kasidah - WisataHits
Jawa Tengah

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, Desa Alang Laweh mengadakan Lomba Marandang dan Kasidah

Minggu 9 Oktober 2022 | 11:35 WIB

| penulis:

Buku Catatan: tobari

Padang, Info Publik – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Desa Alang Laweh Kecamatan Padang Selatan menggelar Lomba Rendang Marandang dan Kasidah Rebana pada Sabtu (10/08/2022).

Kegiatan lomba ini dibuka langsung oleh Camat Padang Selatan, Jasman, dan diikuti oleh perwakilan dari 12 desa di Kabupaten Padang Selatan.

Dalam sambutannya Camat berharap kegiatan ini dapat melestarikan seni budaya dan lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT karena seni Kasidah berisi dakwah yang disampaikan melalui lagu.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menggali potensi yang ada, termasuk bisnis rendang, untuk memungkinkan tumbuhnya wirausaha dan UMKM di desa Alang Laweh.

“Kita sudah punya potensi, tinggal memulai kelompok usaha, lalu mengemas produk agar lebih menarik, yang kemudian bisa dipasarkan,” kata Jasman.

Sementara itu, Kepala Desa Alang Laweh Milhama menjelaskan, lomba Marandang diadakan karena Alang Laweh merupakan salah satu sentra produksi rendang yang cukup terkenal di kota Padang.

“Kami ingin terus menjaga dan mengembangkan potensi ini lebih jauh untuk mewujudkan Desa Alang Laweh sebagai Desa Rendang sehingga bisa menjadi destinasi wisata kuliner dan atraksi budaya yang menarik,” kata Milhama.

Nantinya, lanjut Milhama, setiap rombongan Dasa Wisma memiliki warung rendang, sehingga nantinya wisatawan yang datang ke Alang Laweh bisa membeli rendang tidak hanya sebagai oleh-oleh.

Namun sekaligus bisa melihat proses pembuatan rendang dan sekaligus mencoba sendiri cara mengolah rendang, mulai dari mengolah bumbu hingga membuat rendang yang enak (MC Padang/RA/toeb).

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button