5 destinasi di Brebes yang cocok untuk istirahat akhir pekan - WisataHits
Jawa Tengah

5 destinasi di Brebes yang cocok untuk istirahat akhir pekan

5 destinasi di Brebes yang cocok untuk istirahat akhir pekan

TEMPO.CO, Brebes – Brebes, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, memiliki sejumlah destinasi wisata unggulan yang layak untuk dikunjungi. Badan Pusat Statistik mencatat, sejak 2020 hingga 2021, sebanyak 122.813 wisatawan berkunjung ke kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat ini.

Baca: Pesona Pemandangan Pesisir Daik Lingga di Kepulauan Riau

Selama periode tersebut, Kabupaten Brebes yang saat ini dipimpin oleh Plt. Bupati Urip SIhabudin berhasil meraih pendapatan penjualan potensi wisata sebesar Rp 425.389.000,-. Dikumpulkan oleh Kunjungi jawateng.jatengprov.go.id, Berikut lima destinasi wisata unggulan di Kabupaten Brebes yang wajib dikunjungi saat liburan.

  1. Pantai Randusanga yang indah

Destinasi wisata unggulan Kabupaten Brebes yang pertama adalah Pantai Randusanga Indah. Pantai ini terletak di utara pusat kota Brebes, hanya berjarak lima kilometer. Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbit dan wisata perahu untuk mencicipi berbagai kuliner di sekitar pantai. Fasilitasnya dikenal lengkap, mulai dari kamar mandi, toilet, dan penginapan.

  1. Pemandian air panas Tirta Husada

Pemandian air panas Tirta Husada terletak di Desa Kedungoleng, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Di pemandian ini, pengunjung memiliki dua kolam dengan kedalaman sekitar 100 – 150 sentimeter. Selain bisa menghilangkan rasa lelah, berendam di pemandian air panas konon bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

  1. Waduk Malahayu

Destinasi wisata Kabupaten Brebes selanjutnya yang wajib dikunjungi wisatawan adalah Waduk Malahayu. Waduk ini terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo. Dari arah selatan kota kecamatan Tanjung, pengunjung bisa mencapai lokasi dengan jarak 12 kilometer. Selain wisata air, panorama alam Waduk Malahayu juga memanjakan mata.

  1. Agrowisata Kaligua, Paguyangan

Pemandangan alam Gunung Slamet akan terlihat dari lokasi Agrowisata Kaligua. Udara sejuk perkebunan teh di sekitarnya juga bisa menjadi kesempatan berfoto yang bagus bagi wisatawan. Bahkan mereka bisa mengunjungi tempat-tempat wisata seperti Gua Jepang, Tuk Bening, Gua Angin, Puncak Sakub dan beberapa objek wisata lainnya di sekitar Agrowisata Kaligua di Paguyangan.

  1. Ekowisata Wisata Sirah Pemali

Selain Waduk Penjalin, Desa Winduaji Kabupaten Brebes juga memiliki Kawasan Wisata Sirah Pemali atau dikenal juga dengan Wisata Point Nolo. Berdiri di atas lahan Perhutani seluas 21 hektar, Sirah Pemali menyuguhkan pesona hutan pinus yang masih alami. Keindahan destinasi wisata ini dilengkapi dengan danau dan mata air Sungai Pemali yang membelah Pulau Jawa bagian tengah.

Haris Setyawan
Baca Juga: Menyegarkan Mata, Daftar Destinasi Wisata Gunung di Pekalongan

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita sela dan berita unggulan di saluran Pembaruan Tempo.co Telegram. klik bergabung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button