5 Desa Wisata Jogja Yang Bisa Jadi Tempat Liburan Kamu Selama Turing - WisataHits
Yogyakarta

5 Desa Wisata Jogja Yang Bisa Jadi Tempat Liburan Kamu Selama Turing

Desa Wisata Kalibiru menawarkan pemandangan alam yang indah – Instagram/_indahph

RODANESIA.COM – Jogjakarta dikenal sebagai salah satu tujuan wisata di tanah air. Ada banyak tempat wisata budaya dan alam yang menarik untuk dikunjungi.

Para pecinta wisata juga kerap menjadikan Jogja sebagai destinasinya. Biasanya, wisata selalu berhenti di tujuan populer Malioboro.

Namun, dari waktu ke waktu Anda juga bisa mengunjungi sejumlah desa wisata di Jogja yang menawarkan pengalaman seru.

Berikut lima desa wisata di Jogja yang bisa menjadi tempat liburan Anda saat berwisata ke Kota Gudeg, dikutip dari tribatranews:

1. Desa Wisata Pundong

Desa ini merupakan salah satu sentra industri gerabah. Di desa ini, pengunjung bisa melihat dan membeli berbagai souvenir unik mulai dari vas bunga, asbak, tempat pensil, dan lain-lain.

Desa wisata di Jogja ini dikenal tidak hanya sebagai pusat kerajinan tangan tetapi juga memiliki berbagai kesenian tradisional yang masih lestari.

Oleh karena itu, nantinya pengunjung bisa menikmati pertunjukan seni sambil mencari aksesoris unik.

2. Desa Wisata Kalibiru

Keindahan alam yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Keberhasilan pengembangan objek wisata ini tidak lepas dari peran yang dimainkan oleh warga sekitar.

Semula, wisata Kalibiru dibangun atas prakarsa warga sekitar yang menginginkan agar hutan tetap hijau, sejuk dan asri.

Keinginan untuk memulihkan hutan yang dulu tandus dan kering ini ternyata membawa berkah bagi masyarakat sekitar.

Pasalnya, wisata Kalibiru semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

3. Desa Wisata Bobung

Desa Wisata Bobung terletak di Kacan Patuk, Prefektur Gunungkidul. Tempat ini merupakan pusat pembuatan topeng kayu yang telah digunakan di seluruh dunia.

Di sini ada banyak jenis topeng dengan motif yang berbeda-beda, termasuk tie dye. Tidak hanya bisa melihat topeng-topeng yang unik, wisatawan juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan topeng kayu.

4. Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja yang selalu ramai dikunjungi terutama pada hari libur.

Desa wisata di Jogja ini berjarak 5 km sebelah utara dari Monumen Kembali Jogja (Monjali). Pada titik ini, pengunjung dapat melihat rumah Joglo dan halamannya yang luas.

5. Kampung Pendidikan Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung merupakan salah satu kampung wisata terbaru di Jogja yang menawarkan konsep edukasi.

Terletak di sebelah utara Pantai Parangtritis, tempat wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga nilai-nilai pendidikan yang diwujudkan dalam ritual dan sesajen sederhana.

Di objek wisata ini, Anda juga akan melihat rumah-rumah sederhana yang terbuat dari bambu dan kayu, dibangun di antara pohon jati sebagai penyangga.

Source: rodanesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button