Ikuti aturan PPKM Tingkat 1. Kota Magelang mengizinkan destinasi wisata mendapat kunjungan 100 persen - WisataHits
Yogyakarta

Ikuti aturan PPKM Tingkat 1. Kota Magelang mengizinkan destinasi wisata mendapat kunjungan 100 persen

Laporan reporter Jogja Tribune Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG – Untuk perayaan Natal dan Tahunan 2023 (Nataru) mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang mengizinkan destinasi wisata menerima kunjungan tanpa batasan atau 100 persen.

Hal ini terkait dengan aturan perjalanan bagi daerah yang sedang dalam proses penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap 1, termasuk Kota Magelang.

Baca Juga: PSS Sleman Pecahkan Rekor Buruk Lawan Bali United, Seto Nurdiyantoro: Tak Ada Strategi Sama Sekali

“Tidak ada batasan jumlah pengunjung gratis, terbuka lebar. Oleh karena itu, kami mengacu pada aturan 100 persen berkunjung sesuai PPKM Tingkat 1,” kata Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang itu. Sarwo Imam Santosa, pada Senin (19/12/2022).

Namun, pihaknya mengimbau kepada destinasi untuk tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Pandemi belum dinyatakan berakhir.

“Jadi pengunjung tetap diwajibkan memakai masker saat berwisata. Namun, pandemi masih ada, bukan karena diredakan, malah menjadi lalai. Malah akan menimbulkan kerugian di kemudian hari,” jelasnya.

Tak hanya itu, dia juga mengimbau agar destinasi wisata tetap menerapkan syarat minimal vaksinasi bagi pengunjung. Pengunjung harus menunjukkan aplikasi pelindung.

“Kalau vaksinnya masih valid karena ini masih situasi pandemi, minimal dapat dosis kedua. Penggunaan aplikasi Care-Protect juga harus ada, baik di event, konser, di pusat perbelanjaan maupun di tempat tujuan wisata,” ujarnya.

Dalam praktiknya, kata dia, memang sulit untuk memantau masyarakat tetap mengikuti Prokes.

Oleh karena itu, semua pihak perlu menyadari bahwa melonggarkan bukan berarti mengabaikan Prokes.

“Memang sulit dalam pelaksanaannya karena masyarakat menganggap program kesehatan sudah dilonggarkan sehingga program kesehatan bisa terabaikan padahal tidak. Jadi nanti akan kami sosialisasikan kepada pengelola wisata agar program kesehatan tetap ditegakkan,” jelasnya.

Khusus pada Nataru tahun ini, kata dia, akan terjadi serbuan pengunjung ke destinasi wisata di Kota Magelang.

Diperkirakan akan meningkat 10-20 persen dibandingkan tahun lalu. Destinasi wisata unggulan Kota Sejuta Bunga ini antara lain Taman Kyai Langgeng (TKL), Gunung Tidar dan museum.

“Betul, setiap kali jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Magelang meningkat, pergerakan sudah dimulai. Kalau nanti Nataru bisa mencapai puluhan ribu pengunjung yang biasanya hanya ribuan,” jelasnya.

Baca juga: Gerakan Partai Buruh dan Partai Gelora di DIY Jelang Pemilu 2024

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button