Untuk Malam Puncak ADWI 2022, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif menyelenggarakan pameran 50 desa wisata terbaik - WisataHits
Jawa Barat

Untuk Malam Puncak ADWI 2022, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif menyelenggarakan pameran 50 desa wisata terbaik

Metro, Suara.com- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar pameran 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 (ADWI) pada Minggu (30 Oktober 2022) di halaman pembangunan Sapta Pesona kantor Kemenparekraf/Baparekraf. pagi hingga sore.

Pameran ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara menjelang Malam Puncak/Penghargaan ADWI 2022 yang akan berlangsung pada Minggu malam (30/10) di Aula Soesilo Soedarman, Jakarta.

“Para pelaku mempresentasikan berbagai produk wisata dan industri kreatif dari 50 desa yang terpilih sebagai 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022,” kata Sandiaga saat melihat kembali pameran, Minggu (30 Oktober 2022).

Salah satunya Desa Wisata Umauta, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, yang memamerkan produk industri kreatif andalannya, Tenun Maumere.

Baca juga: Malam Puncak Penghargaan ADWI pada 30 Oktober

Sandiaga menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif untuk lebih menampilkan potensi wisata dan industri kreatif desa wisata unggulan Indonesia.

“Produk ekonomi kreatif dari desa wisata ini menjadi salah satu andalan untuk menarik kunjungan wisatawan, tidak hanya wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, pemanfaatan digitalisasi ditekankan selain berbagai dukungan seperti pelatihan dan pendampingan dengan pilar adaptasi, inovasi dan kolaborasi.

“Kami menggunakan konsep pendekatan digital marketing dengan produk industri kreatif unggulan, sehingga kami sudah menyiapkan beberapa konten kreatif,” kata Sandiaga.

Ia juga berharap desa liburan yang masuk dalam 50 besar desa liburan terbaik ADWI 2022 dapat semakin meningkatkan potensinya untuk terus berkembang. Tidak hanya memenuhi standar nasional, tetapi juga standar internasional.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga berkesempatan memberikan Sertifikat Desa Wisata Lestari untuk Desa Wisata Wukirsari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Desa Wisata Alamendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Sebelumnya kami memiliki Desa Wisata Penglipuran dan Nglanggeran yang berhasil sampai ke tingkat dunia. Tahun depan kami menargetkan satu lagi desa wisata kami ke tingkat dunia,” kata Menparekraf Sandiaga.

Sandiaga juga berkesempatan menyaksikan penandatanganan MoU pengembangan desa liburan dengan sejumlah mitra. Ini termasuk BCA dan Astra.

“Mitra kerja sama kami melakukan segalanya untuk mendukung pengembangan desa liburan, yang kami targetkan untuk menjadi 75 desa liburan terbaik di tahun depan, bukan di 50 besar. Target 244 desa wisata (tersertifikasi Desa Wisata Mandiri Maju 2024) yang telah ditugaskan kepada kami sesuai RPJMN dapat tercapai,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button