4 PO bus di Indonesia raih rekor MURI, beberapa dari yang terpanjang hingga pemilik double decker terbanyak - WisataHits
Jawa Tengah

4 PO bus di Indonesia raih rekor MURI, beberapa dari yang terpanjang hingga pemilik double decker terbanyak

JAKARTA, iNews.id – Rekor tidak hanya dipecahkan oleh orang-orang yang menjadi yang tertinggi atau pertama di dunia. Perusahaan bus (PO) juga mencatatkan rekor terbaik.

Keberhasilan yang mereka raih beragam. Ada bus tingkat pertama buatan Indonesia, bus PO terpanjang, yang paling banyak meraih penghargaan.

Lantas PO bus mana yang berhasil memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI)? Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (8 September 2022), berikut daftarnya.

1. Verkudar

Di tempat pertama adalah bus wisata kota Solo bernama Verkuda. Armada ini merupakan bus tingkat pertama yang dibuat oleh tangan-tangan terampil anak bangsa dan resmi beroperasi pada tanggal 20 Februari 2011.

Bus Werkudara dibuat oleh badan Trisakti, salah satu badan terbaik yang pernah ada di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1983 oleh Widodo. Trisakti dianggap sebagai pelopor enam produsen bus tingkat di Indonesia.

Bus tingkat Werkudara dioperasikan sebagai salah satu daya tarik wisata bus tingkat. Bus ini merupakan inisiasi Joko Widodo (Jokowi) pada 2011 saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Ia ingin Solo menjadi kota wisata meski tidak memiliki daya tarik wisata.

Bus ini kemudian dihadirkan untuk menarik wisatawan. Namun, ide ini tidak serta merta terwujud. Di awal penyerahan terjadi tarik ulur yang berlangsung hingga 2 tahun hingga akhirnya bisa terwujud.

Bus Werkudara memiliki warna merah mencolok dan tinggi 4,5 meter. Ketika Anda duduk di atasnya, itu lebih tinggi dari lampu lalu lintas. Akibatnya, Werkudara hanya bisa bergerak di jalan utama di Kota Solo.

Secara dimensi, lebarnya sama dengan bus lainnya, yakni 2,5 meter. Bus ini mendapat penghargaan rekor MURI karena merupakan bus tingkat pertama yang diproduksi sendiri oleh Indonesia.

Penerbit: Dani M. Dahwilani

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: www.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button