3 tempat penyembuhan di Garut yang cocok untuk traveler Jakarta - WisataHits
Jawa Tengah

3 tempat penyembuhan di Garut yang cocok untuk traveler Jakarta

Garut

Kabupaten Garut terkenal dengan tempat wisatanya yang fantastis. Tak heran jika kota berjuluk Swiss van Java ini mendapat tempat di hati para wisatawan.

Sejak zaman dahulu, Garut telah dikenal dengan tempat wisatanya yang luar biasa. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan.

Semua tempat wisata di Garut biasanya dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan atau di momen liburan. Tempat wisata di Garut tidak hanya indah dan santai, tetapi juga fotogenik.

Dalam pemberitaan kali ini, detikJabar akan membahas sejumlah tempat wisata di Garut yang cocok untuk wisatawan, terutama yang berasal dari ibu kota Jakarta.

Beberapa tempat ini direkomendasikan karena berbeda dengan tempat wisata di daerah lain. Ada tempat wisata yang bisa menyembuhkan hingga yang bisa membuat Anda kenyang dengan anggaran terbatas.

1. Kawasan Wisata Cipanas

Tempat wisata ini paling legendaris di Kabupaten Garut dan paling banyak dikunjungi wisatawan saat liburan atau akhir pekan.

Objek wisata di kecamatan Tarogong Kaler ini merupakan kompleks kolam renang dan pemandian. Namun, yang membuatnya unik adalah air panasnya yang langsung berasal dari Gunung Guntur.

Suasana pemandangan alam yang dingin berpadu dengan pemandangan indah yang berlatar belakang Gunung Guntur menjadi nilai tambah yang membuat berenang di Pemandian Air Panas Cipanas begitu berkesan.

Di kawasan Cipanas banyak terdapat tempat berenang, tempat berburu. Mulai dari kata alam, Tirtagangga hingga sumber daya alam. Rata-rata, harga tiket masuk mulai dari Rp 40.000 per orang.

Biasanya resort tepi pantai di Cipanas juga menawarkan hotel dan kamar untuk menginap. Harga mulai dari Rp 150.000 untuk kelas Jasmine dan Rp 500.000 untuk hotel berbintang.

Waktu terbaik untuk berenang di Cipanas adalah sore hari. Karena matahari tidak bersinar terlalu panas saat ini.

Jika Anda ingin kopi yang estetis setelah berenang, ada beberapa kafe di area ini yang menawarkan menu sederhana yang enak dan tempatnya fotogenik.

Salah satunya adalah Café Balong yang lokasinya tidak jauh dari kompleks objek wisata Cipanas.

Suasana alam yang asri dan udara dingin khas pegunungan menyambut wisatawan yang datang ke kafe yang terletak persis di kawasan Cilopang, Tarogong Kaler.

Selain menunya yang murah, pemandangan juga menjadi unggulan di lokasi ini. Ada Danau Cilopan yang bisa dilintasi kayak. Juga panorama Gunung Guntur, cocok sebagai latar berpose.

2. Situ Bagendit

Sama halnya dengan Cipanas, Situ Bagendit juga merupakan salah satu tempat wisata legendaris di Dodolstadt.

Tempat wisata ini berbentuk danau yang indah dan asri. Riak air dan alam Garut yang segar memikat setiap orang yang berwisata ke tempat ini.

Sejak rampung pada pertengahan 2022, Situ Bagendit kini terasa semakin indah. Banyak tempat baru yang bisa dikunjungi wisatawan.

Mulai dari kubah yang megah hingga bangunan menyerupai akar tanaman yang menjorok ke tengah danau.

Selain itu, jangan bersantai sambil menikmati air kelapa yang dipetik langsung dari pohonnya di Situ Bagendit. Wisatawan juga bisa mencoba rakit bambu untuk mengarungi Situ Bagendit.

Harga tiket masuk Situ Bagendit diketahui Rp 5.000 per orang. Lokasi Situ Bagendit berada di Jalan KH Hasan Arief, Kecamatan Banyuresmi. Sekitar 20 menit berkendara dari kawasan kota.

3. Wisata Kuliner Ceplok

Yang ini paling beragam. Bukan tempat yang terlalu estetis, namun dengan berbagai kelezatan kuliner tradisional yang sangat kental.

Wisata Kuliner Ceplak terletak di pusat kota Garut atau biasa disebut dengan Pengkolan.

Hampir seratus pedagang kaki lima berjejer rapi di jalan sepanjang 100 meter itu. Ada berbagai macam makanan yang dijual oleh para pedagang di Ceplak. Mulai dari makanan berat seperti ayam bakar dan sate hingga makanan ringan seperti sekoteng, jus dan gorengan.

Jangan lupa untuk mencoba bakso khas Garut yang rasanya enak. Dengan modal Rp 100.000, itu cukup untuk memberi makan dua orang.

Apakah kamu mau mencoba? Gass, yuk jalan-jalan ke Garut. Dengan modal ratusan ribu rupiah, sudah cukup untuk mencoba tiga rekomendasi wisata tersebut.

Omong-omong, ada beberapa cara untuk menuju Kabupaten Garut yang terletak di selatan Jawa Barat. Dengan kendaraan pribadi, Garut dapat ditempuh dengan jarak tempuh sekitar 4-5 jam dari Jakarta.

Namun, jika Anda ingin bepergian tanpa kendaraan, salah satu moda transportasi yang direkomendasikan adalah kereta api.

Detics bisa sampai ke Garut dari Jakarta dengan kereta api Cikuray. Kereta berangkat dari stasiun Pasarsenen pada pukul 17.55 WIB dan tiba di stasiun Garut pada pukul 00.53 WIB.

Perjalanan memakan waktu sekitar 7 jam dengan harga tiket murah yaitu hanya Rp 45.000.

Saksikan video “Kawasan Wisata di Garut Terpantau Bagi Pengunjung Tunggal”.
[Gambas:Video 20detik]
(tey/tey)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button