3 Program Ritual Budaya Bantul dilaksanakan pada akhir pekan - WisataHits
Yogyakarta

3 Program Ritual Budaya Bantul dilaksanakan pada akhir pekan

Bantul, IDN Times – Saat wisatawan berwisata ke Kabupaten Bantul pada akhir pekan, wisatawan disuguhi berbagai tradisi budaya warga Bumi Projotamansari yang rutin digelar setiap bulan Suro. Ada tiga agenda kegiatan budaya yang akan berlangsung akhir pekan ini. apa pun?

1. Tradisi Karnaval Siwur di Ngurah Enceh di Makam Raja Mataram di Imogiri‎

3 Program Ritual Budaya Bantul yang dilaksanakan saat libur akhir pekan Tradisi Karnaval Siwur di Imogiri, Bantul (Dokumen Khusus)

Markus Purnomo Adi, Kepala Bidang Promosi dan Informasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, mengatakan beberapa hari ke depan akan digelar beberapa kegiatan budaya masyarakat yang sempat terhenti akibat pandemi.

Tradisi budaya pertama akan digelar pada Kamis (11/8/2022) dan Jumat (12/8/2022) di Kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri. “Kamis (12/08/2022) akan ada karnaval siwur yang diadakan oleh masyarakat dan abdi dalem dari Lapangan Ndemi, Kapanewon Imogiri menuju Panjimatan, kompleks makam raja-raja Mataram,” kata Markus, Rabu (10/08/). 2022). /2022). ).

Siwur adalah sendok tradisional yang terbuat dari tempurung kelapa dan gagang bambu. Siwur tersebut diberikan kepada perwakilan abdi dalem keraton Yogyakarta dan Surakarta untuk digunakan dalam persidangan Nguras Enceh atau Gentong.

Enceh Nur akan dilaksanakan pada Jumat (13/8/2022) mulai pukul 08.00 WIB, tambah Markus.

2. Masyarakat Pantai Depok mengadakan ritual budaya sedekah laut atau pisungsung jaladri

3 Program Ritual Budaya Bantul yang dilaksanakan saat libur akhir pekan Upacara Sedekah di Pantai Depok (Dokumen Khusus)

Kegiatan budaya lainnya akan berlangsung besok, Kamis (11/8/2022), warga Pantai Depok akan menggelar Pisungsung jaladri atau sedekah laut. Acara ini juga sempat istirahat selama dua tahun.

“Pisungsung Jaladri di Pantai Depok pasti akan ramai karena sudah dua tahun masyarakat Pantai Depok menggelar ritual tahunan ini,” ujarnya.

Baca Juga: 11 Program Wisata Jogja Bulan Agustus, dari Labuhan Hingga Pasar Kangen

3. Di Pantai Parangkusumo ada Labuhan Honodento‎

3 Program Ritual Budaya Bantul yang dilaksanakan saat libur akhir pekan Tradisi karnaval Gua Cerme Jodgang. (dokumen khusus)

Sementara itu, pada Sabtu (13/8/2022) di kawasan Pantai Parangkusumo akan digelar Labuhan Honodento yang diharapkan mampu menjaring ratusan peserta. Acara Labuhan Honodento dimulai pada pukul 08.00 WIB sedangkan pada hari Minggu (14.8.2022) pukul 09.00 WIB hingga berakhir tradisi Gua Cerme Jodhangan berlangsung. Acara dimulai dari Terminal Srunggo menuju Lapangan Gua Cerme.

“Labuhan Honodento merupakan tradisi tahunan yang menarik wisatawan,” katanya

Baca Juga: Kemeriahan Karnaval Ageng Kenduri di Neco, Sabdodadi, Bantul

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button