3 kabupaten baru akan berpisah dengan Kabupaten Bogor, ternyata namanya hanya ditambah inisial ini... - WisataHits
Jawa Timur

3 kabupaten baru akan berpisah dengan Kabupaten Bogor, ternyata namanya hanya ditambah inisial ini…

BondowosoNetwork.com – Kabupaten Bogor merupakan sebuah daerah di Provinsi Jawa Barat.

Ditinjau dari arah mata angin, Kabupaten Bogor termasuk ke dalam beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Barat sebagai berikut.

Di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Lebak; Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi; Berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta di sebelah timur dan Kabupaten Cianjur di sebelah tenggara.

Dilihat dari segi usia, Kabupaten ini kini telah berusia 72 tahun mengingat tanggal berdirinya pada tanggal 8 Agustus 1950.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Taman Fathan Hambalang Kota Bogor #3 Wah!

Kawasan dengan luas 2.986,20 km2 ini mengambil Kota Cibinong sebagai ibukotanya.

Dan tahukah Anda, seperti Bondowosonetwork.com kutip dari akun YouTube Catatan Media, ternyata Kabupaten Bogor sudah berencana untuk bubar?

Mengingat luasnya kabupaten ini, sudah ada rencana pemisahan tiga daerah dari Kabupaten Bogor. Berikut nama-nama daerah yang akan dimekarkan dari Kabupaten Bogor.

1. Kabupaten Bogor Barat

Baca Juga: Masih Bingung Mau Mengakhiri Tahun Kemana? Berikut rekomendasi tempat wisata di kota Bogor yang cocok untuk menghilangkan penat

Pemkab Bogor mengkaji laporan akhir pemekaran Daerah Otonomi Bogor Barat yang baru.

Sebelumnya, Kecamatan Cigudeg ditetapkan sebagai ibu kota Bogor Barat. Namun, setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya Kabupaten Rumpin dan Leuwiliang menjadi calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat.

Terdapat 14 kecamatan yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Bogor Barat yaitu Dramaga, Ciampea, Cibungbulang, Tenjolaya, Leuwiliang, Pamijahan, Leuwisadeng, Cigudeg, Nanggung, Sukajaya, Jasinga, Rumpin, Parungpanjang dan Tenjo.

2. Kabupaten Bogor Selatan

Baca juga: Lebih Aman! Langkah Lavani Bogor Lebih Mudah Mempertahankan Juara Liga 2023 Dengan Senjata Rahasia

Bogor Selatan siap menjadi daerah otonom baru. Hal itu karena Bogor Selatan memiliki potensi yang berbeda-beda.

Diantaranya memiliki berbagai destinasi wisata bahkan menjadi salah satu penyumbang pendapatan daerah terbesar bagi Kabupaten Bogor saat itu.

Ada tujuh kecamatan yang masuk dalam wilayah Bogor Selatan, yakni kecamatan Ciawi, Cisarua, Megamendung, Caringin, Cijeruk, Cigombong dan Tamansari.

3. Kabupaten Bogor Timur

Baca Juga: BIN Samator Surabaya Dikabarkan Terpecah, Peluang Bogor Lavani Pertahankan Gelar Juara Terbuka Proliga 2023?

Pemerintah Kabupaten Bogor – Jawa Barat telah menyiapkan cara untuk membentuk Daerah Otonomi Kabupaten Bogor Timur yang baru.

Pasalnya, Kabupaten Bogor sangat luas wilayahnya dan memiliki jumlah penduduk terbesar di Indonesia, mencapai 5,4 juta jiwa atau 11,24 persen dari jumlah penduduk Jawa Barat.

Padahal, rencana pembentukan Kabupaten Bogor Timur sudah diajukan sejak 2015. Kemudian pada tahun 2017 dilakukan kajian potensi Kabupaten Bogor Timur.

Baru pada tahun 2019 pemerintah provinsi Jawa Barat mendapatkan usulan pembentukan calon kepala daerah Kabupaten Bogor Timur.

Baca Juga: Bukan Puncak Bogor! 3 Rekomendasi Wisata Alam di Lumajang, Ada Kebun Teh yang Instagramable

Terdapat tujuh kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor Timur, yaitu Kecamatan Gunung Putri, Cileungsi, Klapanunggal, Jonggol, Cariu, Sukamakmur dan Tanjungsari.

Inilah 3 daerah yang terpisah dari Kabupaten Bogor dan menjadi daerah yang memiliki otonomi tersendiri. ***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button