kengerian! Benteng Kedung Cowek, objek wisata kuno dengan aura mistis yang kental, beranikah Anda datang ke sini? - WisataHits
Jawa Timur

kengerian! Benteng Kedung Cowek, objek wisata kuno dengan aura mistis yang kental, beranikah Anda datang ke sini?

INDOZONE.ID – Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur menyimpan banyak peninggalan pemerintahan Hindia Belanda, salah satunya Benteng Kedung Cowek. Diberi nama ini karena terletak di Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Surabaya atau di sisi kiri setelah melewati Jembatan Suramadu dari Madura. Sangat mudah untuk menemukan melalui Google Maps.

benteng anak laki-lakiBenteng Hindia Belanda (Z Creators/Aldi Buchori)

Benteng Belanda ini dibangun sekitar tahun 1915 berdasarkan penelitian pengujian bahan bangunan yang diyakini berusia 100 tahun. Bangunan ini berdiri di atas tanah seluas 71.876 meter persegi yang bagian belakangnya menghadap langsung Selat Madura, seolah-olah untuk mengusir musuh yang datang dari pantai utara Surabaya. Selain itu, tempat ini juga difungsikan sebagai gudang penyimpanan peluru dan meriam pada masa penjajahan Belanda.

benteng anak laki-lakiPenyimpanan Amunisi Era Kolonial Belanda (Z Creators/Aldi Buchori)

Di bagian utama bangunan terdapat tiga pintu masuk ruangan yang tidak terhubung, tidak seperti benteng lainnya yang biasanya memiliki koridor panjang yang menghubungkan ruangan. Kemudian ada tangga di luar untuk menuju puncak benteng yang memiliki pemandangan langsung ke laut.

Benteng ini juga belum pernah dipugar, sehingga mempertahankan bentuk aslinya. Namun sayang beberapa tangan jahil mengotori dinding bangunan.

Aura mistik sangat kuat

Saat memasuki gedung ini Anda bisa merasakan udara lembab. rambut di belakang leher Kreator Tim ZAldi Buchori juga bangun tiba-tiba di siang hari. Hal ini wajar saja, karena tempat ini masih jarang dijamah orang, meski sudah ditetapkan sebagai situs cagar budaya sejak tahun 2020.

benteng anak laki-lakiGudang peluru mistik (Z Creators/Aldi Buchori)

Selain itu, banyak kesaksian dari warga sekitar yang melihat sosok prajurit yang penuh hormat namun tanpa kepala saat berkunjung sore itu. Itulah sebabnya rata-rata pengunjung enggan memasuki ruangan benteng karena aura mistisnya.

Memiliki pemandangan yang mempesona

Bagi yang berani masuk ke gudang ini, pastikan naik ke atas. Karena dari ketinggian, Anda bisa melihat pemandangan laut yang indah dan Jembatan Suramadu yang indah.

benteng anak laki-lakiPanorama jalan Madura terlihat indah dari sini (Z Creators/Aldi Buchori)

Anda tidak akan dikenakan biaya atau biaya apapun untuk memasuki benteng ini. Namun, Anda harus memesan Rp 3.000 untuk parkir motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Apakah Anda berani datang ke sini?

Artikel menarik lainnya:

Buat cerita lucumu sendiri dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung Z Pencipta dengan mengklik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: www.indozone.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button