Dispar Sleman Padukan Potensi Atraksi Budaya dengan Destinasi Wisata - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Dispar Sleman Padukan Potensi Atraksi Budaya dengan Destinasi Wisata – ANTARA News Yogyakarta

Sleman (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta memadukan potensi atraksi budaya masyarakat setempat dengan destinasi wisata untuk memberikan tambahan hiburan bagi wisatawan.

“Upaya ini tidak hanya untuk meningkatkan daya tarik wisata, tetapi juga memberikan peluang bagi kelompok seni budaya di masyarakat untuk lebih dikenal,” kata Ishadi Zayid, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, di Sleman, Kamis.

Menurut dia, Dinas Pariwisata Sleman berencana tidak hanya menampilkan pertunjukan alam modern, seperti organ individu, orkes melayu, band dan lain-lain, untuk menarik wisatawan berkunjung ke destinasi wisata.

Baca Juga: Jemaah Wisata Religi Syech Jumadil Qubro Meningkat

“Kami terus mempertimbangkan potensi atraksi seni pertunjukan yang masih bersifat tradisional,” ujarnya.

Ia mencontohkan: Beberapa waktu lalu, pihaknya menampilkan atraksi seni pertunjukan Kubro Sapto Mudho Budoyo dari Kepitu Trimulyo Padukuhan Sleman di destinasi Tlogoputri Kaliurang.

“Ternyata wisatawan yang berkunjung ke kawasan Tlogoputri Kaliurang sangat antusias menikmati atraksi seni pertunjukan Kubro Sapto Mudho Budoyo. Dari pertunjukannya, atraksi/pertunjukan seni religi masih diminati wisatawan,” ujarnya.

Ishadi mengatakan pihaknya juga memberikan penghormatan kepada masyarakat di lereng Gunung Merapi yang secara mandiri memberikan pelayanan wisata berupa warung kuliner, serta alternatif hiburan dan sarana prasarana bagi wisatawan.

“Infrastruktur alternatif seperti jip wisata dan penyewaan skuter listrik juga menarik bagi wisatawan di lereng Gunung Merapi,” katanya.

Namun, pihaknya mengimbau penyedia jasa pariwisata di berbagai destinasi di wilayah Kabupaten Sleman untuk selalu mengutamakan kualitas pelayanan dan tidak menganut prinsip “aji mumpung”.

“Dengan kualitas dan pelayanan yang baik, wisatawan akan merasa nyaman dan terkesan. Harapannya wisatawan akan datang kembali kedepannya dengan mengajak dan merekomendasikan sanak saudara, kerabat dan teman-teman,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button