3 Acara tour hari ini di pantai selatan Jogja-Purworejo - WisataHits
Yogyakarta

3 Acara tour hari ini di pantai selatan Jogja-Purworejo

Bantul, IDN Times – Tim SAR Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menggelar upacara peringatan satu dekade UU Keistimewaan DIY di tengah laut di Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, hari ini, Sabtu (27/8/2022). Upacara itu dijadwalkan berlangsung pada 31/8/2022, namun diperkirakan gelombang tinggi akan diusulkan pada tanggal itu hari ini.

“Rencana awal upacara 31 Agustus 2022, tapi akan kami usulkan hari ini, Sabtu,” kata Koordinator SAR Wilayah II Satlinmas Gunungkidul Marjono, Sabtu.

1. Pesta sebelum upacara diadakan di tengah laut

3 Jadwal tour hari ini di pantai selatan Jogja dan Purworejo‎Ilustrasi festival tradisional (IDN Times/Daruwaskita)

Sebelum upacara di tengah laut, diadakan pesta di aula Pelataran Pantai Baron. Setelah itu dilakukan prosesi menuju kapal untuk upacara di tengah laut. Acara dilanjutkan dengan Melarung 10 Tumpeng dan upacara.

“Berbeda dengan perayaan HUT RI ke-77 yang pesertanya berenang ke tengah laut, tapi kali ini semuanya menggunakan perahu,” kata Marjono.

Pada upacara di tengah laut, balon akan dilepaskan dan tim SAR akan membentuk formasi nomor 10, mewakili dekade nomor satu Undang-Undang Khusus Perbaikan Rumah.

“Peserta SAR Satlinmas Wilayah I hingga VII menggunakan 20 kapal nelayan,” katanya.

Baca Juga: Jadwal Tour 8 September di Jogja, Jangan Ketinggalan!

Festival Kuliner Mataraman ke-2 di Laguna View Pantai Depok‎

3 Jadwal tour hari ini di pantai selatan Jogja dan Purworejo‎Mataram Culinary Festival 2022 di Laguna View Pantai Depok (Dok Dinpar Bantul)

Festival Kuliner Mataraman akan digelar pada 27-28 Agustus 2022 di Laguna View, Pantai Depok, Kabupaten Bantul sebagai bagian dari peringatan satu tahun UU Keistimewaan DIY. Sebanyak 50 warung kuliner menyajikan aneka makanan dari dulu hingga sekarang yang masih dijual oleh masyarakat Bantul.

“Selain itu akan ada pertunjukan musik dan setiap booth juga akan menampilkan proses memasak kuliner kepada pengunjung,” kata Markus Purnomo Adi, Kepala Dinas Promosi dan Informasi Pariwisata Dinas Pariwisata Bantul, Sabtu.

Festival Layang-Layang Purworejo ke-3 2022

3 Jadwal tour hari ini di pantai selatan Jogja dan Purworejo‎Ilustrasi Festival Layang-layang 2022 Purworejo. (dokumen khusus)

Markus Purnomo Adi yang juga tergabung dalam Komunitas Pengabdi Indonesia (Pelangi) DIY mengatakan, Purworejo Kite Festival 2022 akan digelar mulai Sabtu (27/822) hingga Minggu (28.8.2022) di Pantai Ketawang, Kabupaten Purworejo, Tengah – Jawa.

Festival layang-layang ini akan mengundang 40 klub dari tiga negara dan sejumlah provinsi di Indonesia antara lain Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, Jawa Tengah, DIY dan DKI. Selain itu, layang-layang yang dilombakan dalam kategori tradisional, dua dimensi, tiga dimensi dan layang-layang kereta api.

“Setiap kategori akan menarik lima pemenang. Festival Layang-layang Purworejo dimulai pukul 09.30 WIB hingga selesai,” ujarnya.

Baca juga: Mulai besok Sabtu, ada festival kuliner dan keroncong di Pantai Bantul

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button