210 Goweser meriahkan Tour de Gayo, hari ini dari Bireuen sampai Takengon, besok keliling laut tawar - WisataHits
Jawa Tengah

210 Goweser meriahkan Tour de Gayo, hari ini dari Bireuen sampai Takengon, besok keliling laut tawar

Tour De Gayo 2022 (TDG2022) merupakan event ketiga dari Road Bike Aceh (RBA) yang mengajak peserta melepas rindu dengan jalur pendakian menelusuri keindahan alam dari Kota Bireuen menuju Gayo atau Kota Dingin Takengon.

Laporan Romadani | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Sebanyak 210 peserta atau Goweser dari berbagai provinsi di Indonesia ikut memeriahkan acara Tour de Gayo di Aceh Tengah hari ini dan besok, Sabtu dan Minggu, 10 dan 11 Desember 2022.

Tour De Gayo 2022 (TDG2022) merupakan event ketiga dari Road Bike Aceh (RBA) yang mengajak peserta melepas rindu dengan jalur pendakian menelusuri keindahan alam dari Kota Bireuen menuju Gayo atau Kota Dingin Takengon.

Setelah 2 event semarak yang digelar sejak awal tahun 2019 dan 2021, kali ini TDG 2022 juga akan menghadirkan rute KOM yang lebih panjang dan seru.

Ketua Panitia sekaligus Ketua RBA Zainal Cotgoh menjelaskan, pada hari pertama peserta menempuh jarak 101 km dari Bireuen hingga Gayo-Takengon dengan total elevasi 2.400 meter.

Juga di hari kedua dengan rute mengelilingi Danau Lut Tawar hingga 49 km dengan total ketinggian 693 meter, rock and roll

“Datang dan buktikan bebatuan lereng Cot Panglima, pedihnya lereng Enang-Enang dan sejuknya cuaca di Gayo-Takengon dengan pemandangan alam yang menakjubkan, dan tentunya kita juga punya kopi terbaik di dunia,” ujar Zainal.

Baca Juga: Tour de Gayo ke-3 Dimulai dan Perebutan Hadiah Total Rp 100 Juta, Perhatikan Jadwal Masuk

Zainal juga menjelaskan, awalnya ada 247 peserta yang mendaftar. Namun, hingga 210 orang dari Sumut, Pulau Jawa, dan Kalimantan Timur menyusul.

“Tujuan kami tetap mempromosikan desa wisata Gayo. Para peserta merindukan potensi alam yang luar biasa dari negeri gayo,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Bustami Hamzah membuka acara secara langsung dan melepas ratusan peserta Road Bike Aceh Tour de Gayo 2022 pada Sabtu pagi (10/12/2022) di Pendopo Bupati Bireuen.

“Selamat atas tercapainya cita-cita dan menyelesaikan etape Tour De Gayo di tahun 2022,” kata Bustami.

Tour de Gayo tahun 2022 dibagi menjadi dua etape. Pada tahap pertama, peserta menempuh jarak 100 kilometer dari Meuligoe, Bupati Bireuen, hingga Hotel Parkside di Aceh Tengah.

Minggu (12/11/2022) peserta Tour de Gayo akan mengelilingi Danau Laut Tawar tahap kedua.

Tour de Gayo mempertandingkan beberapa kategori yaitu Men Junior, Men Elite, Master A, Master B, Master C, Master D, Touring dan Women Open.

Baca Juga: VIDEO Menteri Sandiaga Uno Buka Tour De Gayo: Peu Haba Hana Keber, Salam

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button