18.145 personel gabungan siap mengamankan Nataru di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

18.145 personel gabungan siap mengamankan Nataru di Jawa Tengah

semarang

Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Abiyoso Seno Aji mengatakan, pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) sebanyak 18.145 orang. Personil ini akan mengamankan gereja dan objek keramaian lainnya selama Nataru.

“Kami dari Jateng kemudian dibantu oleh kawan-kawan TNI serta kelompok kepentingan di Jateng yang menyiapkan kolaborator banyak sehingga totalnya 18.145,” kata Abiyoso saat rapat Forkopimda Jateng di gedung Gradika, Jalan Pahlawan, Semarang , Selasa (20/12/2022).

Akan ada ratusan posko di seluruh Nataru dengan rincian 12 posko terpadu, 52 posko pelayanan, dan 219 posko pengamanan. Pihaknya juga akan memastikan perayaan kebaktian Natal berlangsung dengan aman.

“Kita harus bisa memastikan gereja benar-benar aman saat merayakan Natal, dimulai dengan kegiatan sterilisasi agar pelaksanaan kebaktian Natal tidak terganggu,” terangnya.

Berbagai lokasi seperti terminal, pelabuhan, bandara dan jalan tol maupun non tol. Selain itu, tempat wisata juga akan menjadi fokus pengamanan.

“Nanti pada perayaan tahun baru, pusat keramaian ini juga akan menjadi fokus perhatian kita, selain tempat wisata,” lanjutnya.

Menurut Abi, ini merupakan rangkaian operasi Lilin 2022 yang dilakukan Polda Jateng. Operasi akan dilakukan selama 11 hari mulai 23 Desember.

Abi juga menjelaskan, Polda Jateng sebelumnya telah melakukan langkah-langkah peningkatan pengamanan untuk menjamin keamanan masyarakat. Selain itu, petugas gabungan akan bersiaga untuk mengurai arus lalu lintas jika terjadi kemacetan di kemudian hari.

“Saat lalu lintas macet, baik di jalan tol, baik di Pantura, dll, maka Dirlantas (Polda Jateng) juga sudah melakukan persiapan untuk mengurai kepadatan atau kemacetan tersebut,” ujarnya.

“Tujuannya tidak lain untuk memberikan jaminan keamanan, sekaligus rasa aman, kepada seluruh warga negara kita, masyarakat kita, baik yang merayakan Natal maupun yang menyambut perayaan Tahun Baru 2022-2023,” pungkasnya.

Simak videonya, Menhub Pastikan Tidak Ada Pembatasan Lalu Lintas Selama Nataru
[Gambas:Video 20detik]
(Saya/Saya)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button