Banjir Sungai Cibareno, warga perbatasan Sukabumi-Banten prihatin | Berita Jawa Barat - WisataHits
Jawa Tengah

Banjir Sungai Cibareno, warga perbatasan Sukabumi-Banten prihatin | Berita Jawa Barat

Sejumlah warga di Desa Pasirbaru dan Cibareno, di perbatasan Sukabumi-Banten, mulai khawatir setelah aliran Sungai Cibareno meluap.

Sejumlah warga di Desa Pasirbaru dan Cibareno, di perbatasan Sukabumi-Banten, mulai khawatir setelah aliran Sungai Cibareno meluap.

Sukabumi – Sejumlah warga dari Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi dan Cibareno, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten, berkumpul di Jembatan Cibareno setelah sungai meluap pada Minggu sore (10/9/2022) dan mulai menyerbu. bangunan di sekitar jembatan.

Baca Juga: Gempa M 5.5 Terjadi di Banten, Getaran Terasa di Sukabumi “Luapan air di Kali Cilograng tiba-tiba meningkat, warga berkumpul untuk melihat luapan air. Bahkan air mulai meluap di SDN Sudalarang, Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi I menginjak jembatan, getaran airnya begitu kuat sehingga aliran air menghantam fondasi jembatan, ”katanya

Lanjut membaca:
www.detik.com »

Keraton Kanoman Gelar Ritual Jimat Panjang, Tradisi Anggur Pusaka – ANTARA News

ANTARA – Puncak perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Keraton Kanoman, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu malam (10/08) ritual Jimat Panjang berlangsung… Selengkapnya >>

Sejumlah desa di Jelai Hulu Ketapang masih terendam akibat intensitas hujan yang tinggiTingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir menyebabkan bencana banjir pada Sabtu kembali menggenangi Kecamatan Jelai Hulu, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Hujan deras menyebabkan banjir di desa Puncak BogorHujan deras yang mengguyur kawasan Puncak pada Minggu sore (9/10/2022) menyebabkan banjir di sejumlah desa.

Desa Kadokan Sukoharjo, desa sepi yang terkena pelurusan Sungai Bengawan di tahun 80-anCeritanya tentang Desa Kadokan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, yang terisolir karena terkena pelurusan Kali Solo tahun 1980-an.

Desa Uma Uta masuk dalam daftar 50 Desa Wisata dan memelihara kain tenun ikat warisan nenek moyangMemiliki daya tarik wisata dengan menjunjung tinggi tradisi budaya dan tenun ikat dengan bahan alami, Desa Uma Uta masuk ke Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, NTT

Banjir dan longsor melanda 6 desa di TrenggalekPusdalops BNPB mencatat enam desa yang terkena dampak kejadian tersebut, termasuk desa Tamanan di Kabupaten Trenggalek; Desa Karangrejo, Bogoran, Send, Ngadimulyo di Kecamatan Kampak; dan Desa Wonocoyo di Kecamatan Panggul

Cerita Kampanye Calon Kepala Desa yang dibiayai warga Desa Kertosari, Supriyanto: Saya terharu sekaliSeorang calon kepala desa (kades) bernama Supriyanto menjadi viral di media sosial karena kampanye dibiayai bersama oleh warga.

Warga perbatasan Sukabumi-Banten prihatin setelah debit Sungai Cibareno meningkat..Liputan6.Berdasarkan pantauan Solopos.

(Foto: Istimewa) Sukabumi – Sejumlah warga dari Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi dan Cibareno, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten, berkumpul di Jembatan Cibareno usai sungai meluap. Salah seorang warga sekitar, Edo Supriyadi mengatakan, air sungai tiba-tiba meluap pada Minggu sore (9 Oktober 2022) dan mulai merembes ke gedung-gedung di sekitar jembatan. Baca juga: Gempa M 5.5 Terjadi di Banten, Getaran Terasa Sampai Sukabumi com, Banjir terjadi di beberapa desa antara lain Desa Batulayang, Tugu Selatan, Tugu Utara, Cibereum dan Desa Citeko sekitar pukul 18.00. Bahkan air mulai mengalir di SDN Sudalarang, Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Saya melangkah ke jembatan, getaran air begitu hebat sehingga aliran air menghantam fondasi jembatan. ujarnya kepada detikJabar. Kehidupan di pedesaan tampak tenang dan berbeda dengan desa-desa lain di Kecamatan Grogol yang lebih ramai dari desa Grogol dan Telukan.

Menurut Edo, banjir hingga sekitar pukul 17.00 karena saluran drainase tidak berfungsi dengan baik. “Saat ini ada rumah warga di samping SDN Sudalarang, Kampungbantarkalapa, Desa Pasir Baru Sukabumi, rumahnya terendam air, sehingga mengungsi dan membawa barang-barangnya keluar dari rumah,” katanya. Sekadar diketahui bahwa Jembatan Cibareno sendiri merupakan perbatasan provinsi Jawa Barat dan Banten. BMKG mengingatkan warga untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana alam akibat kondisi cuaca ekstrem. Edo mengatakan, warga masih memantau situasi luapan air yang hampir rata dengan badan jalan. Dua Kebayanan itu antara lain Kebayanan Satu dan Kebayanan Dua.

“Warga masih memantau luapan Sungai Cibareno, warga mencari tahu posisi air. Sebagian warga yang tinggal di bantaran sungai juga mulai berkemas untuk meninggalkan rumah,” Continue.com 0811 9787 670 hanya dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan. Baca juga: Tornado hingga longsor terjadi di 3 wilayah Jawa Barat Sementara itu, seorang warga lainnya, Hendra Herdiansyah mengatakan, tembok rumah warga ambruk karena terdesak air. Warga ini tinggal di dekat bantaran Sungai Cibareno. di Desa Pasir Baru, di Kecamatan Cisolok dan juga di sisi lain di wilayah Banten yang berada dalam pengawasan di sekitar jembatan karena luapan sungai Cibareno terendam hingga separuh tubuhnya terendam air,” kata Topic, ketua RT 01/01 Baca juga: Setelah alinyemen Kali Bengawan Solo Selesai, kata Suyono, dua sungai setelahnya: yakni Ben Solo Lama gawan dan sungai Gejikan (dari kecamatan Grogol di timur) tidak berfungsi.

Bangunan runtuh, warga mengungsi ke kerabatnya,” katanya. “Kami belum memeriksa semua rumah terdampak karena kondisi air masih bagus. Nanti kita cek setelah air agak surut. Kejadian ini terjadi begitu cepat setelah gempa sehingga sungai langsung meluap,” katanya. “Seperti biasa karena curah hujan yang tinggi berasal dari saluran air,” katanya. Menurut Hendra, kondisi luapan dan luapan sungai itu terjadi sekitar 15 tahun lalu. Masyarakat memanfaatkan eceng gondok dengan cara dijemur, kemudian dikepang, kemudian dikirim ke Yogyakarta.

Tapi ini (air) sudah mulai merembes ke desa,” katanya. (sya/iq).

Source: headtopics.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button