15 Makanan Khas Ambon yang Memanjakan Lidah, Papeda hingga Ubi Sagu Tumbuk : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

15 Makanan Khas Ambon yang Memanjakan Lidah, Papeda hingga Ubi Sagu Tumbuk : Okezone Travel

TINJAUAN 15 masakan khas Ambon. Ibukota Maluku ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain banyak tempat wisata yang memukau, Ambon juga memiliki sejumlah makanan tradisional dengan cita rasa yang khas.

Di mana-mana di Ambon Anda akan menemukan berbagai warung makan khas. Sebagian besar produk kuliner Ambon menggunakan sagu, sumber daya khas daerah ini, sebagai bahan utama.

Ambon juga dikenal dengan kekayaan alamnya berupa rempah-rempah yang melimpah. Hal ini terlihat dari indikasi dalam kombinasi bumbu yang digunakan dalam setiap resep yang disajikan.

BACA JUGA:7 Makanan Khas Tasikmalaya Paling Dicari yang Akan Membuat Anda Ingin Lagi

Berikut adalah 15 makanan khas Ambon yang harus Anda coba!

1. Papeda

Papeda dikenal sebagai bahan pokok pengganti nasi berbahan sagu. Memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, ditambahkan sedikit garam dan merica pada sagu untuk memberikan rasa yang sedikit gurih.

Papeda biasanya dipasangkan dengan saus kuning dan beberapa lauk seperti tuna atau tuna. Uniknya, olahan ini tidak dimakan dengan sendok atau garpu seperti kebanyakan masakan. Papeda dimakan dengan alat yang mirip sumpit tetapi lebih besar dan lebih panjang.

ilustrasi

Papeda (Wikipedia)

2. Nasi Kelapa

Nasi kelapa adalah makanan khas Desa Batu Merah, desa dengan berbagai kuliner yang populer. Nasi ini terbuat dari daun pandan dan daun jeruk yang dicampur dengan kelapa parut, bumbu halus, terasi dan lemon.

Tentu rasa yang Anda rasakan akan sangat berbeda dengan olahan nasi yang biasa Anda santap.

3. Ikan dalam saus pala

Olahan ikan merupakan lauk pauk yang sering disajikan sebagai lauk sehari-hari. Hidangan ini terdiri dari ikan dengan saus asam dan diresapi dengan pala dan rempah-rempah cabai.

BACA JUGA:Yuk Coba 25 Makanan Khas Solo Yang Dijamin Bikin Ketagihan!

Disajikan dengan beberapa lauk lainnya seperti sayur pepaya, ikan bakar dan juga sambal colo-colo atau sambal terasi.

4. Ikan asap

Hidangan ini memiliki rasa khas yang kuat. Aroma asapnya membuat hidangan ini sangat menarik untuk dinikmati.

Ikan asap memiliki daging yang jauh lebih enak, dengan bau asap membuat ikan ini menjadi olahan yang berbeda. Aroma asap yang dihasilkan tentu menggoda untuk disantap dengan sambal pedas yang gurih dan nikmat.

Olahan ikan ini cukup awet dan tidak mudah rusak atau busuk. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan olahan ikan ini sebagai oleh-oleh khas Ambon.

5. Kue Asam

Kue ini memiliki rasa kayu manis yang kuat. Teksturnya lembut dan kenyal. Kue ini juga merupakan olahan sagu khas Ambon.

Asida biasanya disajikan sebagai hidangan berbuka puasa yang khas dan hanya ditemukan setahun sekali di pasar Ramadhan.

6. Rujak Natsepa

Tidak jauh berbeda dengan rujak pada umumnya, Rujak Natsepa dilengkapi dengan tambahan kuah pala dengan gula merah cincang dan kacang tanah yang ditumbuk kasar.

Kuah unik ini memberikan rasa baru pada rujak. Untuk mendapatkan Rujak Natsepa, kamu bisa membelinya di Pantai Natsepa atau di gerai Rujak yang menyediakan Rujak ini.

7. Warna Cabai

Seperti sambal pada umumnya, bahan utama yang digunakan untuk membuat sambal ini adalah cabai rawit, bawang putih, tomat, serai, terasi, jeruk nipis, dan cabai besar. Namun yang unik dari sambal ini adalah ia juga menggunakan seledri sebagai penambah rasa. Inilah keunikan sambal yang dikenal khas Ambon.

Resep Chili Colo Colo sering dipasangkan dengan seafood bakar. Sambal ini cukup sering Anda temukan di restoran-restoran dan sebagai sambal sehari-hari yang digunakan sebagai lauk pauk oleh masyarakat Ambon.

8. Kohu-kohu

Kohu-kohu adalah persiapan sayuran yang biasanya disajikan di masakan rumah. Sekilas, kohu-kohu menyerupai urap sayur Jawa. Namun, perbedaannya terletak pada hidangannya.

Kohu-kohu berisi kacang panjang, mentimun, kemangi dan tauge yang dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan jeruk nipis.

Keunikan dari hidangan ini adalah Anda bisa menikmati ikan tuna bonito yang dipotong kecil-kecil atau diparut pada kohu-kohu karena kandungan proteinnya yang meningkatkan rasa gurih dari bumbunya. Gurihnya ikan cakalang menambah cita rasa sayur ini menjadi lebih menarik dan tentunya menggiurkan.

ilustrasi

9. Gogos

Persiapan ini sangat mirip dengan Lemper. Gogos terbuat dari ketan yang diisi dengan suwiran ayam atau sapi dan di atasnya ditaburi tempe cincang. Rasanya juga gurih dan manis.

Anda dapat menemukan gogo di beberapa pasar di Ambon. Kue ini biasanya disajikan di pagi hari sebagai teman minum teh atau kopi.

10. Roti kenari kering

Roti Kering Walnut merupakan makanan khas Ambon yang banyak diminati berbagai kalangan. Roti ini diberi topping karamel dan kenari panggang.

Rasa gurih dan manis dari roti ini sangat cocok untuk dikonsumsi pagi hari. Roti kenari kering cukup renyah dan awet. Beberapa wisatawan mancanegara juga sangat menyukai roti kenari ini, sehingga roti ini sangat cocok sebagai oleh-oleh khas Ambon.

11. Esar Pisang

Pisang asar adalah pisang ambon yang artinya pisang bakar. Seperti namanya, pisang ini dibakar di atas panggangan arang atau di oven tradisional.

Biasa disantap sebagai snack sore dengan kopi atau teh, pisang asar juga sering dijadikan snack sore hari, disajikan dengan susu kental manis dan berbagai topping yummy, seperti tambahan coklat dan kacang.

12. Bagea atau kue kenari

Kue Bagea adalah oleh-oleh khas Ambon yang terbuat dari sagu. Kue ini cukup tahan lama untuk disimpan dalam waktu lama.

Kue ini berwarna coklat, teksturnya renyah dan rasanya manis, dan biasanya disajikan sebagai kue untuk menyambut tamu atau sebagai teman minum teh dan kopi.

13. Nampan Sagu Bakar

Baked Sagu Tray adalah kue yang terbuat dari sagu yang telah dibakar dengan rasa manis dan gurih. Kue ini berisi berbagai campuran kacang seperti kacang brenbon dan kenari.

Sebagai pendamping teh dan kopi, kue ini sangat cocok sebagai oleh-oleh khas Ambon.

14. Rarobang

Rarobang adalah kopi khas dari Ambon. Minuman ini terbuat dari bubuk kopi yang dicampur dengan bubuk jahe dan disajikan dengan parutan kelapa atau gula aren.

Kopi ini cocok untuk malam yang dingin karena memiliki rasa yang unik dan hangat, memungkinkan Anda untuk mencicipi rasa baru dari kopi olahan dan tentunya tidak akan mengecewakan lidah para penggemar kopi di seluruh Indonesia.

15. Ubi Jalar Sagu Mash

Terbuat dari sagu, tumbukan dengan beberapa potongan ubi di tengahnya ini memberikan rasa manis dan gurih.

Rasanya yang manis namun lembut selalu membuat Anda teringat dengan hidangan ini saat bulan puasa tiba.


Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button