Plaza Rengganis Wisata Alam Sejuta Keajaiban di Situbondo - WisataHits
Jawa Timur

Plaza Rengganis Wisata Alam Sejuta Keajaiban di Situbondo

Liputan6.com, Situbondo – Gunung Argopuro atau Rengganis merupakan salah satu wisata alam yang memiliki banyak puncak dan sejuta pesona yang belum terungkap di Situbondo. Beberapa puncak di sini memiliki struktur geologi yang lebih tua dan beberapa lebih muda.

Puncak Argopuro atau Rengganis berada pada ketinggian sekitar 3.088 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pendakian menuju puncak jalan setapak dapat kita tempuh melalui Desa Bederan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

Untuk mencapai puncak Rengganis yang memiliki pesona eksotis dan nilai sejarah, Anda perlu mendaki sekitar 4 jam melalui perkebunan damar dan hutan tropis dan sepanjang jalan setapak, kemudian kita akan menemukan lapangan terbang atau di padang rumput sabana yang disebut “Cikasur”. .

Bandara ini dianggap sebagai peninggalan dari zaman penjajahan Belanda. Di tempat ini biasanya kita bisa mendirikan tenda dan bermalam di sekitar lapangan. Setelah bermalam di tempat ini, paginya kita bisa melanjutkan pendakian dengan menempuh perjalanan sekitar 6 jam dan mencapai Puncak Argopuro, Puncak Rengganis dan Dataran Tinggi Hyang.

Hutan di kawasan Gunung Argopuro merupakan hutan produksi dan kita masih bisa melihat atau menjumpai satwa liar saat mendaki. Adapun hewan yang kita jumpai di kawasan ini seperti rusa, monyet, babi hutan, burung merak, ular dan lain-lain.

Keindahan panorama puncak Rengganis ini tidak kalah menarik dibandingkan dengan puncak gunung lainnya di wilayah Jawa Timur. Karena selain puncak Dewi Rengganis yang mengundang nilai sejarah, pemandangan alamnya masih “perawan” atau asri.

Tidak hanya itu di Puncak Rengganis, di sana kita akan menemukan keunikan alam seperti warna-warni bunga, air yang rasanya asam, manis, asin dan keunikan yang tidak masuk akal di benak kita. .

Menurut penduduk setempat, Puncak Dewi Rengganis merupakan puncak yang sering memancarkan cahaya atau warna kebiruan pada hari-hari tertentu. Plaza Rengganis merupakan tempat selfie dengan latar belakang Gunung Argopuro, dengan cuaca dingin menjadi pengalaman terbaik saat berwisata ke lereng Gunung Argopuro.

Ribuan pelajar di Situbondo, Jawa Timur, pekan ini menanam sepuluh ribu bibit mangrove dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional. Penanaman mangrove di tepi pantai sebagai wujud dedikasi para siswa untuk ikut menjaga alam

Source: jatim.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button