13 juta wisatawan mengunjungi kota Malang pada tahun 2022, pemerintah kota optimis tahun ini akan meningkat - WisataHits
Jawa Tengah

13 juta wisatawan mengunjungi kota Malang pada tahun 2022, pemerintah kota optimis tahun ini akan meningkat

13 juta wisatawan mengunjungi kota Malang pada tahun 2022, pemerintah kota optimis tahun ini akan meningkat

MALANG, KOMPAS.com – Kementerian Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Jawa Timur menemukan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Malang mencapai 13.555.201 orang pada tahun 2022.

Data tersebut berdasarkan catatan di 53 destinasi wisata kota Malang, antara lain kampung bertema, taman kota, museum, pusat perbelanjaan, dan destinasi wisata lainnya.

Kepala Disporapar Kota Malang Baihaqi mengatakan optimis kunjungan wisatawan akan meningkat pada 2023. Menurutnya, dampak kunjungan wisatawan terhadap perekonomian di Kota Malang sangat besar.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Malang Hari Ini 10 Januari 2023: Pagi dan Sore Berawan

“Rata-rata 37.500 wisatawan datang ke Kota Malang setiap harinya. Jika setiap wisatawan menghabiskan Rp 100.000 per hari, maka uang yang beredar setiap hari dari wisatawan di Kota Malang sekitar Rp 375.000.000 per hari,” kata Baihaqi, Rabu (11/1/2023).

Baihaqi menyampaikan potensi ekonomi yang sangat besar tersebut harus digali dan dikembangkan lebih lanjut bersama-sama antara pemerintah dan warga. Hal ini berdampak positif bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat Kota Malang yang diperkirakan akan terus meningkat.

Baca Juga: General Manager Bandara Adi Soemarmo Solo Meninggal Dunia, Jenazah Dimakamkan di Malang

“Saat ini pariwisata telah menjadi primadona penghasil devisa negara yang paling unggul dan penting untuk menggantikan devisa pertambangan dan energi. Potensi wisata yang ada di Kota Malang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, peluang di bidang pariwisata juga datang dari jumlah pelajar di Kota Malang yang mencapai sekitar 400.000 orang. Menurutnya, jika dikelola dengan baik akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Kota Malang.

“Selama ada komitmen terhadap ketertiban, kenyamanan, fasilitas, kondisi, dan lain-lain, masyarakat Kota Malang pasti akan memimpin dan meningkatkan perekonomiannya,” ujarnya.

Kemudian, berbagai event yang akan digelar di tahun 2023 diharapkan juga berdampak pada sektor pariwisata di Kota Malang. Termasuk event pro liga yang berlangsung 8-12 Februari di Ken Arok Sports Hall. Selain itu, Indonesian Basketball League (IBL) digelar di GOR Bima Sakti.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button