10 Wisata Alam Pacitan Populer, Cocok Untuk Liburan - WisataHits
Jawa Timur

10 Wisata Alam Pacitan Populer, Cocok Untuk Liburan

10 Wisata Alam Pacitan Populer, Cocok Untuk Liburan

Merdeka.com – Wisata alam Pacitan merupakan salah satu tempat wisata yang banyak diminati hingga saat ini. Pasalnya, Paciran memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dan menarik wisatawan.

Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Letaknya yang berada di bagian selatan Jawa Timur menjadikan Pacitan salah satu kabupaten dengan garis pantai yang cukup panjang.

Artikel media taboola

Hal ini berbanding lurus dengan pesona alamnya yang indah dan dapat dinikmati oleh semua orang.

Oleh karena itu, berdasarkan berbagai sumber, berikut Merdeka.com rangkum 10 tempat wisata alam Pacitan yang populer dan cocok untuk liburan.

2 dari 4 halaman

1. Pantai Klayar

wisata alam pasifik

© 2022 Merdeka.com/brilio.net

Wisata alam Paciran yang pertama wajib dikunjungi adalah Pantai Klayar. Pantai ini merupakan pantai yang sangat populer di kalangan wisatawan. Pasalnya, Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang menawarkan pemandangan yang sangat indah. Selain itu, pantai ini juga memiliki fasilitas yang lengkap bagi pengunjung.

Lokasi pantai ini berada di Kendal, Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 45 km dari pusat kota.

2. Pantai Banyu Tibo

wisata alam pasifik

© 2022 Merdeka.com/brilio.net

Wisata alam Pacitan kedua yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Banyu Tibo. Pantai ini merupakan pantai yang masih satu garis dengan Pantai Klajar. Pantai ini disebut Banyu Tibo karena di pantai ini terdapat air terjun yang langsung berjatuhan dan mengalir ke pesisir selatan.

Pantai ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Wonorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

3. Pantai Taman

wisata alam pasifik

© 2022 Merdeka.com/brilio.net

Wisata alam Pacitan yang terdekat adalah Pantai Taman. Pantai Taman merupakan salah satu pantai dengan berbagai wahana lainnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Padahal, wahana flying fox di Pantai Taman merupakan wahana flying fox terpanjang di Indonesia yaitu dengan panjang 450 meter dan tinggi 74 meter.

Selain itu, ada beberapa wahana lain yang bisa dicoba di Pantai Taman. Lokasi pantai ini berada di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

3 dari 4 halaman

4. Pantai Srau

wisata alam pasifik

© 2022 Merdeka.com/brilio.net

Tempat wisata Pacitan keempat yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Srau, pantai indah yang menyaingi Pantai Klayar. Pantai ini memiliki tiga jenis yaitu pantai pasir putih, pantai pasir kasar dan pantai berbatu serta pantai berbatu.

Pantai ini terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Anda dapat menempuh jarak sekitar 25 km dari pusat kota.

5. Pantai Buyutan

wisata alam pasifik

© 2022 Merdeka.com/brilio.net

Wisata alam Pacitan yang bisa anda nikmati selanjutnya adalah Pantai Buyutan. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang indah. Daya tarik lain dari Pantai Buyutan adalah adanya bebatuan di tengah lautan. Ada juga pasir di sekitar bebatuan yang semakin memperindah pantai ini.

Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Pantai ini buka 24 jam sehari dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari pusat kota Pacitan.

6. Pantai Karang Bolong

wisata alam pasifik

© 2022 Merdeka.com/brilio.net

Pantai Karang Bolong merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Pacitan. Pantai ini masih dekat dengan Pantai Klajar. Bahkan, masih berada di jalur yang sama dengan Pantai Klajar. Pantai ini memiliki daya tarik berupa bebatuan bolong yang eksotis. Pantai ini terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

7. Gua Gong

wisata alam pasifik

© 2022 Merdeka.com/brilio.net

Wisata alam Pacitan bukan hanya tentang pantai. Masih banyak destinasi wisata lainnya di Pacitan seperti Goa Gong. Gua Gong adalah gua yang dihiasi dengan lampu warna-warni. Gua ini memiliki koridor sepanjang 300 meter. Terdiri dari tujuh kamar dan empat mata air.

Gua Gong adalah salah satu gua terindah di Asia Tenggara. Lokasi goa ini berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan.

4 dari 4 halaman

8. Sungai Maron

wisata alam pasifik

© 2022 Merdeka.com/brilio.net

Wisata alam Pacitan selanjutnya yang harus dikunjungi adalah Sungai Maron. Sungai ini merupakan mata air alami dari habitat ikan air tawar yang sering dimanfaatkan oleh warga sekitar. Sungai ini memiliki kedalaman hingga 20 meter dan wisatawan dapat menikmati sungai ini dengan menyewa perahu.

Sungai ini terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sumber sungai ini juga dimanfaatkan oleh dua desa di sekitarnya, yaitu Desa Dersono dan Desa Sendang.

9. Hutan Pinus Gemaharjo

wisata alam pasifik

© 2022 Merdeka.com/brilio.net

Tempat wisata alam Pacitan yang wajib anda kunjungi adalah hutan pinus Gemaharjo. Tempat wisata ini menampilkan keindahan alam berupa pepohonan pinus yang berjajar rapi. Selain itu, hutan pinus Gemaharjo juga menawarkan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Anda juga dapat menikmati wisata ini dengan mengambil foto kekinian yang menjadi daya tarik utama hutan pinus Gemaharjo. Situs ini terletak di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

10. Grojogan Dhuwur

wisata alam pasifik

© 2022 Merdeka.com/brilio.net

Tempat wisata alam Pacitan yang terakhir yang bisa anda kunjungi adalah Grojogan Dhuwur. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah berupa air terjun dan sungai yang jernih. Selain itu, tempat ini juga memiliki pepohonan yang indah dan menawan. Anda juga bisa berenang di Grojogan Dhuwur.

Tempat wisata alam ini terletak di Dusun Barong Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

(mdk/mff)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button