10 Tempat Wisata Solo Yang Populer dan Ikonik - WisataHits
Jawa Tengah

10 Tempat Wisata Solo Yang Populer dan Ikonik

Air Terjun Jumog di Solo (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar – Ada cukup banyak tur yang solo hits dan siap memanjakan diri. Solo merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki kearifan lokal yang dilestarikan. Berikut sejumlah tempat wisata populer di kota Solo:

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Belum lengkap rasanya berwisata ke Solo, namun jangan singgah di Keraton Surakarta Hadiningrat. Ini adalah tempat bersejarah yang paling terkenal di Solo.

Karena lingkungan Keraton dijaga ketat, Anda harus mengikuti beberapa aturan saat berkunjung ke sini. Anda dapat mengunjungi Senin hingga Kamis dari pukul 09:00 hingga 14:00. Sementara itu, tidak ada kunjungan wisatawan pada hari Jumat.

Sebelum memasuki area, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu seharga Rp15.000 per orang. Jika menggunakan jasa pemandu wisata di sana, ada tambahan biaya pribadi.

2. Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung ini memiliki sejarah panjang peradaban Islam pertama di kota Solo. Masjid yang terletak di sekitar alun-alun utara ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti poliklinik, perpustakaan dan serambi untuk istirahat.

3. De’Tjolomadoe

De’ Tjolomadoe atau The Tjolomadoe Solo merupakan destinasi wisata yang berawal dari bangunan bekas pabrik gula yang masih terawat dengan baik.

Awalnya bernama Pabrik Gula Colomadu yang didirikan pada tahun 1861 di Karanganyar oleh Mangkunegaran IV. Banyak sekali tempat-tempat menarik untuk hunting foto disana.

Lalu ada stasiun kereta Karbonatasi dan kafe Besali di sekitar museum. Harga tiket The Tjolomadoe Solo adalah Rp25.000 per orang.

4. Grojogan Sewu Tawangmangu

foto: kanvas

Berkunjung ke sini akan memberikan Anda pemandangan air terjun yang menyegarkan. Dipadukan dengan hijaunya tebing, tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat dan kejenuhan.

Harga tiket masuknya hanya Rp 18.000 per orang. Untuk mengunjungi Grojogan Sewu Tawangmangu, jarak tempuh kurang lebih 37 kilometer dari kota, menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

5. Telaga Sarangan

Danau ini memiliki luas sekitar 30 hektar dan kedalaman 28 meter. Tiket masuk Wisata Telaga Sarangan adalah Rp 15.000. Kemudian ditambah biaya parkir mobil sebesar 7.000 rupiah dan sepeda motor sebesar 5.000 rupiah.

Seiring dengan indahnya pemandangan di sekitar Gunung Lawu, Telaga Sarangan menjadi paket liburan yang lengkap. Ada akomodasi, kios suvenir, dan fasilitas menunggang kuda.

6. Air Terjun Jumog

Foto: Canva

Bagaikan surga tersembunyi, dengan pemandangan hijau yang akan memukau Anda.

Berada di lereng Gunung Lawu, sehingga udaranya masih sangat segar, sejuk dan sejuk. Lebih nyaman dengan berbagai fasilitas seperti taman bermain, jungkat-jungkit, gazebo, ayunan, kolam buatan, snack bar, dan masih banyak lagi. Tiket masuknya sendiri sangat terjangkau, hanya Rp 5000 per orang.

7. Kampung Wisata Batik Kauman

Terletak di pusat kota Solo, desa ini menjadi tempat para wisatawan untuk belajar lebih banyak tentang batik, yang lebih unik lagi adalah semua batik di desa ini adalah buatan tangan atau buatan sendiri. Tak heran jika harga kemeja tie-dye bisa sangat fantastis. Sebagian besar pelanggan dari luar negeri yang jatuh cinta dengan keindahan Batik Desa Wisata Batik Kauman.

8. Istana Pusaka Solo

Ini memiliki bakat Eropa dan dibuka pada pertengahan 2018. Tempat ini juga termasuk bekas pabrik gula Belanda dari tahun 1892, yang telah direvitalisasi menjadi tujuan wisata. Lebih menarik lagi dengan banyaknya sudut tempat yang penuh dengan nuansa klasik Eropa.

Anda juga bisa menyewa kostum untuk memperkuat kesan di luar negeri. Harga tiket masuknya Rp 55.000 per orang.

9. Museum Pribadi Drop-down

Museum ini menjadi favorit dan tujuan para pecinta seni ketika berkunjung ke kota Solo. Seperti namanya, Tumurun Private Museum adalah private estate yang perlu dipesan secara online di akun Instagram-nya sebelum Anda dapat mengunjunginya dengan cepat.

Museum ini didirikan oleh Ivan Kurniawan Lukminto untuk menghormati almarhum ayahnya yang adalah seorang kolektor seni.

10. Kuil

foto: kanvas

Tempat wisata di Solo selanjutnya yang wajib dikunjungi dan banyak terdapat tempat untuk mencari foto adalah candi. Ada beberapa pura di kota Solo yang cukup menarik untuk sekedar jalan-jalan, duduk santai menikmati pemandangan, atau mencari foto Instagramable.

Candi Cetho dan Candi Sukuh merupakan candi Hindu yang sering menjadi tujuan wisata wajib. Selain itu, letak antara kedua candi tersebut tidak terlalu jauh. Candi Sukuh terletak di Desa Berjo, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar atau sekitar 35 km timur laut Kota Solo.

Source: celebesmedia.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button