10 Tempat Wisata Kebumen Hits yang Kekinian dan Instagrammable - WisataHits
wisatahits

10 Tempat Wisata Kebumen Hits yang Kekinian dan Instagrammable

10 Tempat Wisata Kebumen Hits yang Kekinian dan Instagrammable

Beberapa tempat wisata di Kebumen sudah terkenal bahkan hingga mancanegara, wisata yang terkenal seperti Wisata Alam Jembangan Kebumen atau Hutan Mangrove Kebumen.

Hal ini juga didukung dengan kebijakan pemerintah daerah yang membantu mengembangkan tempat wisata tersebut. Beberapa tempat wisata tersebut memiliki ciri khas wisata yang unik dan sangat diminati oleh banyak wisatawan.

Pesona wisata di Kebumen dilengkapi dengan kekayaan wisata alam yang mempesona dan wisata bahari yang eksotis. Bagian dari wisata pantai Kebumen sudah sangat terkenal tidak hanya di kalangan masyarakat Kebumen saja. Seperti wisata pantai Logending dan pantai Pecaron, di wisata pantai Lampon.

Rekomendasi tempat wisata di Kebumen

Nah kali ini Tempatwisataseru.com ingin merekomendasikan beberapa tempat wisata di Kebumen yang sangat menawan dan populer serta ramai dikunjungi para traveller. Coba lihat!!

1. Benteng Van der Wijck

Kunjungan bersejarah ke Benteng Van der WijckKunjungan bersejarah ke Benteng Van der Wijck

Jika Anda pernah mengunjungi Kebumen, Anda harus mengunjungi Benteng Van der Wijck. Benteng yang identik dengan warna merah dan sejarah kota Kebumen ini merupakan salah satu benteng pertahanan lama Belanda melawan pasukan Pangeran Diponegoro.

Benteng ini pernah dijadikan lokasi syuting film The Raid 2: Berandal. Benteng ini tingginya 9,6 meter dan memiliki luas 3.606 m². Anda dapat menemukan sekitar 16 barak di benteng ini.

Bahkan sebagian dari Anda mungkin mengapresiasi foto-foto vintage tokoh sejarah. Benteng Van der Wijck merupakan salah satu tempat wisata murah di Jawa Tengah. Karena untuk masuk ke sini cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000/orang.

2. Pantai Suwuk

Pantai Keendahan Suwuk, KebumenPantai Keendahan Suwuk, Kebumen

Pantai Suwuk Kebumen merupakan salah satu pantai yang menjadi salah satu objek wisata utama di Kebumen. Hampir setiap hari pantai ini selalu ramai pengunjung, pantai ini berada di desa Suwuk, kec. Puring.

Jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota Kebumen. Pantai Suwuk bersebelahan dengan Pantai Karangbolong. Sebagai salah satu tempat wisata Kebumen yang cukup ramai dan terkenal, Pantai Suwuk memiliki sejumlah fasilitas yang lengkap.

Di pantai ini Anda bisa berkeliling pantai dengan menunggang kuda yang bisa Anda sewa seharga Rp 25.000. Di pantai ini Anda bisa menemukan pesawat Garuda Boeing 737 yang menjadi salah satu daya tarik pantai ini.

3. Goa Barat

Goa Barat

Tempat wisata di Kebumen selanjutnya adalah Goa Barat. Untuk kamu yang mencintai berlubang Anda pasti akan menjelajahi Goa Barat. Goa super keren ini terletak di Desa Jatijajar, Kec. Ayah.

Goa ini sangat alami dan memiliki pesona yang luar biasa. Di dalam gua ini, Anda bisa menikmati air terjun cantik yang mengalir dari ketinggian sekitar 32 meter.

Anda bisa melihat keindahan stalagtit dan stalagmit di gua ini yang tidak akan pernah berhenti membuat Anda takjub. Untuk menjaga kebersihan dan kealamian gua, pengunjung gua umumnya dibatasi.

Dengan demikian, hanya 10 orang yang diperbolehkan masuk dalam sekali kunjungan. Anda juga membutuhkan panduan. Gua ini dibuka untuk tujuan wisata pada tahun 2012 dan dikelola oleh masyarakat setempat.

4. Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale Kebumen memiliki air laut yang cukup jernih dan pernah menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Kebumen. Pantai ini terletak di desa Munggu, Kec. Landing, Kebumen.

Jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota Kebumen. Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di pantai ini Anda bisa berkeliling pantai dengan menunggang kuda yang bisa Anda sewa seharga Rp 25.000.

5. Curug Silancur

Wisata Alam Kebumen Curug SilancurWisata Alam Kebumen Curug Silancur

Yuk lanjut ke tempat wisata kebumen berikutnya berupa air terjun. Di Kebumen Anda bisa menemukan air terjun yang sangat indah bernama Curug Silancur.

Air terjun alami ini terletak di tempat yang jarang diketahui orang. Bagi Anda para penjelajah sejati, air terjun ini wajib Anda kunjungi. Pesona air yang jatuh dari atas tebing memang sangat menyegarkan. Ditambah lagi dengan suasana yang damai, dan sangat sepi mengingat akses yang tidak mudah.

Air terjun ini masih belum dikelola sebagai objek wisata Kebumen yang dibuka untuk umum. Belum ada loket tiket resmi. Hanya ada deposit sepeda motor dengan tarif Rp 5.000/motor.

6. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong, KebumenPantai Karang Bolong, Kebumen

Tidak kalah dengan tetangganya yaitu Pantai Suwuk, Pantai Karang Bolong juga sangat digemari pengunjung dan wisatawan. Sama seperti Pantai Suwuk, di sekitar Pantai Karang Bolong juga banyak terdapat warung.

Meski bertetangga, Pantai Suwuk dan Pantai Karang Bolong berada di wilayah yang berbeda. Sedangkan Pantai Suwuk berada di Kecamatan Puring, Pantai Karang Bolong berada di Kecamatan Buayan. Ciri kedua pantai ini tidak jauh berbeda yaitu berpasir abu-abu dan banyak bebatuan.

Pantai Karang Bolong dikelilingi perbukitan yang cukup tinggi dan deretan pohon kelapa yang membuat suasana pantai benar-benar menyegarkan.

7. Waduk Sempor

Waduk Kebumen SemporWaduk Kebumen Sempor

Waduk Sempor merupakan tempat wisata di Kebumen yang indah dan memiliki pesona alam yang indah di sekitarnya. Pemandangan hijau di sekitar waduk dapat membawa kesegaran dan rasa nyaman bagi mata dan pikiran. Waduk Sempor berada di desa Sempor, kecamatan Sempor.

Terletak sekitar 4 km dari pusat kota Gombong. Waduk ini dibangun pada tahun 1958 dan selesai pada tahun 1978. Waduk Sempor mampu menghadirkan kesejukan baru di tengah udara panas Kebumen.

8. Bukit Pranji

Bukit Pranji KebumenBukit Pranji Kebumen

Bagi Anda yang ingin melihat panorama matahari terbit di Kebumen, Bukit Pranji Kebumen adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Di tempat ini anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang sangat menawan dan luar biasa indahnya. Tempat ini merupakan salah satu tempat favorit Kebumen untuk menikmati matahari terbit.

Bahkan, ada yang sengaja mendirikan tenda untuk bermalam di bukit ini agar bisa menikmati indahnya mentari pagi yang muncul dari ufuk timur. Lokasi bukit ini tepat berada di Desa Pengaringan, Kec. menguasai

9. Pantai Menganti

Keindahan Pantai Menganti KebumenKeindahan Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti, Kebumen, Jawa Tengah yang satu ini juga punya legenda kisah cinta. Bercerita tentang seorang panglima perang Majapahit yang konon jatuh cinta dengan seorang gadis.

Namun, cinta keduanya tak mendapat restu, sehingga panglima akhirnya memutuskan kabur. Keduanya berjanji akan bertemu di pantai ini.

Tapi, seharian menunggu sang pujaan hati tak kunjung datang dan meninggalkan sang pangeran menunggu. Hingga sebuah nama muncul Mengganti sebagai nama lagu ini.

Ini memiliki pasir abu-abu dan banyak batu. Pantai ini juga dikelilingi perbukitan yang cukup tinggi dan deretan pohon kelapa yang membuat suasana pantai benar-benar menyegarkan.

Periksa juga: 19 kenangan khas Kebumen

10. Gua Jatijajar

Wisata Alam Kebumen Goa JatijajarWisata Alam Kebumen Goa Jatijajar

Selain Pantai Meganti, Pantai Logending di Goa Barat, ada tempat wisata lain di Kebumen yaitu Goa Jatijajar. Jika Anda ingin bepergian berlubang, Anda pasti akan menjelajahi Goa Jatijajar.

Goa super keren dengan keunikan sejarahnya yang melegenda ini terletak di desa Jatijajar, Kec. Ayah. Goa ini sangat alami dan memiliki pesona yang luar biasa.

Goa ini cukup terkenal di luar Kebumen, pada awalnya goa ini merupakan goa kapur dengan panjang sekitar 250 meter dan tinggi rata-rata 12 meter. Gua ini berjarak lebih dari 50 meter dari dasar laut. Wisata Goa Jatijajar merupakan salah satu daya tarik wisata utama di Kebumen.

* * * * *

Itulah 10 tempat wisata di Kebumen yang bisa Anda jadikan referensi liburan ke Kebumen. Selain wisata alam, di Kebumen Anda juga bisa menikmati kuliner khasnya seperti sate ambal, nasi penggel, yutuk goreng atau sale pisang yang enak dan bikin ketagihan. Selamat berlibur dan bersenang-senang.

Kunjungi juga: 16 air terjun di Kebumen

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button