10 Tempat Wisata Kulon Progo Hits yang Kekinian dan Instagrammable, Keren! - WisataHits
wisatahits

10 Tempat Wisata Kulon Progo Hits yang Kekinian dan Instagrammable, Keren!

10 Tempat Wisata Kulon Progo Hits yang Kekinian dan Instagrammable, Keren!

Pariwisata hits Kulon Progo – Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri sehingga sering dijadikan sebagai tujuan liburan. Setiap sudut kota ini menyuguhkan pemandangan yang mempesona dan berbeda. Salah satu yang paling terkenal adalah kabupaten Kulon Progo, objek wisata disini sudah terkenal hingga wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tempat wisata di Kulon Progo cukup lengkap, mulai dari wisata gunung hingga wisata pantai. Akses ke Kulon Progo pun cukup baik. Sudah banyak sarana transportasi yang memungkinkan Anda menuju ke sana dengan mudah, serta banyak hotel dengan berbagai jenis fasilitas.

Referensi Wisata Kulon Progo

Buat kamu yang sedang mencari hits kekinian di Kulon Progo, kami punya beberapa rekomendasinya. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi saat liburan di Kabupaten Kulon Progo:

1. Kalibiru

Kalibiru POV melalui IG @mardi_deriKalibiru POV melalui IG @mardi_deri

Wisata Kalibiru merupakan salah satu tempat wisata alam di Kulon Progo yang saat ini sedang populer di manca negara. Selain itu, banyak anak muda yang sengaja datang untuk berfoto di antara pepohonan pinus.

Hal ini semakin menambah ketenarannya untuk dikunjungi dan menjadi wisata paling favorit Kulon Progo. Potensi wisata alam Kalibiru mendorong masyarakatnya untuk berusaha menjaga kebersihan tempat wisata ini.

Di sana Anda bisa menikmati udara segar dan suasana hutan yang masih terjaga. Sekaligus menikmati pemandangan Kulon Progo dari atas view point. Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda cukup merogoh kocek Rp 3.000 saja.

Lihat lebih banyak: Obyek wisata alam Kalibiru Kulon Progo, Jogja

2. Tangki Sermo

Suasana Sore di Waduk Sermo via IGSuasana Sore di Waduk Sermo via IG

Saat Anda duduk santai di gardu pandang Kalibiru, Anda juga bisa melihat wisata lain yang tidak jauh dari situ. Nama tempat wisata tersebut adalah wisata Waduk Sermo.

Anda bisa menikmati waduk sambil mengendarai perahu sewaan. Anda juga bisa menikmati pemandangan indah Bukit Menoreh di Kulon Progo. Wisata Waduk Sermo terletak di Dusun Sermo, Kec. Kokap. Untuk bisa menikmati Waduk Sermo, Anda cukup membayar Rp 2.000/orang dan membayar Rp 1.000/motor.

Waduk Sermo merupakan spot mancing favorit masyarakat setempat. Selain di irigasi, penduduk setempat juga memelihara ikan di keramba apung. Bahkan jumlahnya mencapai 100 keramba, konon satu keramba bisa menghasilkan 2,5 ton ikan setiap 4 bulan.

Sehingga anda juga bisa menikmati wisata kuliner berupa ikan bakar yang bisa anda pancing langsung dari waduk sermo. Sehingga dijamin ikannya masih sangat segar.

3. Gunung Ijo

Gunung Ijo melalui LelungannetGunung Ijo melalui Lelungan.net

Kunjungan selanjutnya adalah menikmati keindahan Gunung Ijo yang terletak di antara Kulon Progo dan Purworejo. Terletak di desa Plampang, Kec. Kokap, Gunung Ijo memiliki ketinggian hingga 1.000 meter di atas permukaan laut.

Gunung Ijo merupakan puncak tertinggi dari Bukit Menoreh. Letak gunung ini agak tersembunyi sehingga cukup sulit ditemukan oleh wisatawan. Ada 2 jalur yang bisa Anda tempuh untuk menuju Gunung Ijo.

Anda dapat menemukan rute pendek untuk menghemat waktu atau rute panjang dengan kondisi jalan yang lebih baik. Dari sini Anda bisa melihat setiap sudut kota Yogyakarta. Anda bisa mengagumi pemandangan Bukit Menoreh, Waduk Sermo, Pantai Parangtritis bahkan Kabupaten Kebumen.

4. Canting Mas Puncak Dipowono

Canting Mas Puncak Dipowono via IG @suryojdbCanting Mas Puncak Dipowono via IG @suryojdb

Wisata Canting Mas, Puncak Dipowono, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya terletak di Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Komune. Kokap, Puncak Dipowono memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Rute menuju puncak Dipowono cukup mudah dan akses jalan cukup baik. Di sana Anda bisa menemukan beberapa warung makan sederhana. Karena fasilitas tempat sampah di sana terbatas, diharapkan tidak membuang sampah sembarangan.

Selama Anda menginap, Anda dapat menikmati pemandangan Waduk Sermo. Bagi Anda pecinta fotografi alam, Anda akan menemukan banyak sekali spot bagus, apalagi jika ingin berfoto saat matahari terbit.

Bagi pengunjung yang hobi camping, pihak pengelola wisata Puncak Dipowono mempersilahkan untuk camping, hanya saja sebelum camping harus minta ijin terlebih dahulu.

5. Puncak Suroloyo

Sunrise di Puncak SuroloyoSunrise di Puncak Suroloyo

Wisata Kulon Progo selanjutnya juga ada di Perbukitan Menoreh. Tempat wisata ini adalah Puncak Suroloyo, di tempat wisata ini anda bisa berkemah.

Anda juga bisa menikmati matahari terbit dan hamparan awan yang mempesona yang sangat sejuk. Anda tidak perlu bersusah payah mendaki gunung untuk bisa mengagumi pesona pemandangan Puncak Suroloyo. Dari sini Anda bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Sumbing dan Gunung Merbabu.

Pada hari yang cerah, Anda bahkan bisa melihat candi Borobudur. Namun untuk bisa sampai ke sirkuit alam Kulon Progo ini, Anda harus menaiki 290 anak tangga. Jadi persiapkan kondisi fisik Anda terlebih dahulu.

6. Kebun Teh Nglinggo

Melalui IG @rox_giMelalui IG @rox_gi

Tempat menarik di Kabupaten Kulon Progo berikutnya adalah Kebun Teh Nglinggo. Obyek wisata ini merupakan bagian dari wisata kebun teh Kulon Progo. Kebun Teh Nglinggo terletak di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kec. Samigaluh.

Anda bisa mengambil foto sepuasnya sambil menikmati pemandangan kebun teh seperti di film My Heart. Anda juga bisa melihat pemandangan hutan pinus yang sangat menawan.

Selain melihat pemandangan perbukitan yang mengelilinginya. Mengunjungi Kebun Teh Nglinggo merupakan salah satu tempat wisata yang tergolong baru di Kulon Progo.

7. Bukit Menoreh

Bukit MenorahBukit Menorah

Bukit Menoreh di Kulon Progo merupakan kawasan perbukitan yang berfungsi sebagai pembatas antar kabupaten. Kulon Progo dengan Kabupaten Purworejo.

Pada zaman dahulu, bukit ini merupakan pangkalan pertahanan Pangeran Diponegoro dan para pengikutnya dalam perang melawan Belanda.

Pemerintah sedang menyiapkan rencana untuk membedah perbukitan Menoreh dan menyatukan jalan antara objek wisata dan perkampungan.

Program ini ingin mengoptimalkan kawasan di bagian utara yang merupakan kawasan perbukitan. Seperti wisata Kalibawang, Samigaluh, hingga Kokap yang akan membuat rute menuju bandara baru.

Selain itu, sejumlah objek wisata juga akan dioptimalkan seperti Sendangsono, Kebun Teh Tritis, Puncak Suroloyo, hingga Waduk Sermo yang membutuhkan perbaikan jalan sepanjang 20 km.

8. Air Terjun Kedung Pedut

Kolam alami di air terjun Kedung PedutKolam alami di air terjun Kedung Pedut

Jika melihat peta wisata Kulon Progo terbaru, Anda akan menemukan air terjun Kedung Pedut, kabupaten Kulon Progo, kawasan istimewa Yogyakarta.

Obyek wisata ini merupakan obyek wisata yang relatif baru. Wisata alam ini memiliki tiga tingkat kedung.

Tempat wisata ini terkenal dengan airnya yang berwarna biru jernih sehingga sangat mempesona dan cocok jika ingin mengambil foto bawah air. Kedung Pedut terletak di kecamatan desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo.

9. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu via TuguwisataAir Terjun Grojogan Sewu via Tuguwisata.com

Lalu datanglah wisata alam Kulon Progo yang namanya hampir terdengar seperti air terjun di kabupaten tersebut. Karanganyar. Namun air terjun Grojogan Sewu ini berada di desa Beteng, Jatimulyo, Kulon Progo.

Sama halnya dengan tempat wisata seperti Air Terjun Perawan Sidoharjo, air terjun alami ini masih tergolong sepi pengunjung. Namun untuk masalah keindahan jangan khawatir, karena air terjun ini memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik dari air terjun lainnya.

10. Pantai Glagah

Pantai Glagah Yogyakarta melalui BlogkuloPantai Glagah Yogyakarta melalui Blogkulo.com

Wisata pantai Kulon Progo yang cukup terkenal adalah pantai Glagah. Pantai ini dilengkapi dengan pemecah ombak dan menjadi daya tarik tersendiri yang tidak akan Anda temukan di pantai-pantai lain di Yogyakarta.

Biasanya di tetrapod ini para pemancing melemparkan kailnya dengan harapan bisa menangkap ikan layur, pethek dan lainnya.

Waktu yang paling tepat untuk pergi dan mengunjungi wisata alam ini adalah saat bulan baru dan air pasang. Karena Anda bisa melihat ombak yang mengerikan mendekati pantai ini.

Ombak ini akan menghantam tetrapoda sehingga buihnya menabrak jetty. Plus, ada banyak wahana yang bisa Anda mainkan di sana, seperti bebek, kano, bahkan menyewa perahu nelayan untuk berkeliling.

Bagi Anda yang gemar fotografi, wajib memotret pemandangan deburan ombak yang menerjang tetrapoda dan ditemani sunset.

* * * *

Nah itulah 10 destinasi wisata Kulon Progo yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda kali ini. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda menentukan tujuan liburan di Kulon Progo.

Selain wisata alamnya, Kulon Progo juga menawarkan makanan khas yang wajib Anda cicipi, seperti geblek, cenil atau growol yang memiliki ciri khas tersendiri. Selamat berlibur dan bersenang-senang.

Kunjungi juga: Obyek Wisata Waduk Sermo Kulon Progo

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button