Pura Jati Batur, pura bersejarah dengan panorama alam yang menakjubkan di Bangli - WisataHits
wisatahits

Pura Jati Batur, pura bersejarah dengan panorama alam yang menakjubkan di Bangli

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Jl.Mendaki Gunung Batur, Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Bali; Kasus: Cek lokasi

Pura Jati Batur menyediakan tempat peribadatan bagi umat Hindu di Bali. Wisata religi masih mempertahankan bangunan-bangunan tua yang begitu estetis. Wisatawan yang memilih untuk berkunjung ke pura tidak bisa hanya berdoa. Namun sudah dilengkapi dengan danau yang begitu indah.

Banyak pelancong membawa keluarga mereka ketika mereka mengunjungi kuil. Suasana alam yang melekat pada destinasi cantik ini akan membuat semua orang betah. Selain itu, tempat rekreasi ini sangat cocok untuk tempat bersantai karena jauh dari keramaian.

Wisatawan yang beribadah juga dapat mempelajari sejarah pembangunan Pura Jati Batur Bangli. Tak hanya itu, para tamu juga bisa berburu masakan setelah ibadah. Pergi berlibur ke wisata religi tentu tidak akan membuat traveler ingin cepat pulang.

Objek wisata pura Jati Batur

Daya tarik Pura Jati BaturKredit gambar: Google Maps Kir K

1. Tempat ibadah

Pura Jati Batur merupakan salah satu tempat peribadatan umat Hindu di Bali. Bangunan kokoh dilengkapi dengan atap dan ukiran membuat candi indah. Siapapun bisa beribadah dengan khusyuk di sini karena destinasi religi masih jauh dari hiruk pikuk keramaian. Di area tersebut disiapkan tempat duduk untuk pemujaan atau pemujaan para dewa.

Pelinggih dianggap di kawasan itu sebagai tempat pemujaan Dang Hyang Nirartha. Pengunjung dapat meminta keamanan dan berdoa sesuai keinginan selama berada di pura. Juga telah dilengkapi dengan tempat meminta air suci kamandalu pada saat acara adat tertentu. Bangunan candi ini memang terawat dengan baik sehingga umat Hindu dapat beribadah di kawasan ini.

2. Pemandangan yang bagus

Wisatawan yang datang ke destinasi religi ini bisa menikmati panorama Danau Batur. Bahkan terlihat seperti gunung dengan ketinggian tertentu yang melengkapi keindahan wisata religi ini. Tamu yang melakukan ibadah tentu tidak bosan karena sekaligus bisa menikmati liburan di tepi danau. Selain itu, Anda bisa pergi ke sudut lain untuk melihat keindahan ilalang.

3. Cerita Sejarah

Pura Jati Batur masih penuh dengan cerita sejarah yang sering memikat para pelancong untuk berkunjung ke sana. Tur hit ini telah ada selama beberapa dekade. Sekitar tahun 1840, candi ini didirikan oleh Mpu Genijaya Kayu Ireng. Bangunan ini tampaknya memiliki desain kuno dengan beberapa atap yang menjulang ke atas dalam bentuk segitiga.

Nama wisata juga memiliki arti penting sebagai tempat penyerahan pejati saat itu. Pejati dikenal memiliki simbol keikhlasan umat Hindu yang melakukan upacara yad. Bentuk pelinggih dan bangunan juga memiliki arti yang berbeda. Wisatawan selalu tertarik dengan sejarah Pura Jati karena dapat menambah wawasan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pura JatiKredit gambar: Google Maps 16. I Putu Merta

Pura Jati Batur terletak di Jalan Pendakian, Batur Tengah, Bali. Perjalanan yang dilakukan pelanggan pasti terasa mudah dengan adanya rambu-rambu di poros kota. Pada hari raya umat Hindu, jalan menuju wisata indah ini selalu dipadati kendaraan dari berbagai kota. Anda yang hanya ingin berlibur bisa datang kapan saja dengan membawa mobil atau motor.

Perjalanan traveler pasti menyenangkan karena di sepanjang jalan banyak terdapat rumah khas Bali. Wisatawan dapat berangkat dari Jalan Perean Tengah dekat pusat Bali. Tidak jauh, wisatawan dapat melakukan perjalanan ke Jalan Petang di Jalan Lipah. Kemudian berkendara ke Jalan Raya Pura Pucak Mangu, lurus terus sampai masuk kawasan Jalan Catur.

Pengunjung bisa langsung menuju Jalan Raya Penelokan. Di sana, hanya membutuhkan waktu 5-10 menit untuk sampai ke Pura Jati. Setelah itu Anda bisa menemukan Danau Batur yang merupakan tempat pura berada. Tamu yang berkunjung juga bisa mencoba bertanya kepada warga sekitar jika belum menemukan lokasi destinasi yang dipilih.

Harga Tiket Masuk Wisata Religi

Harga Tiket Masuk Pura JatiKredit gambar: Google Maps Kir K

Pura Jati Batur cocok sebagai tempat ibadah yang menarik perhatian karena dekat dengan wisata danau. Masuk candi tidak menguras kantong, pemudik cukup membayar Rp 20.000. Harga sewaktu-waktu bisa berubah dan pelanggan bisa konfirmasi ke petugas terlebih dahulu. Selain itu, wisatawan asing yang datang ke pura biasanya dikenakan tiket yang berbeda-beda.

Kendaraan milik pemudik juga memiliki selisih harga jika diparkir di zona frontal. Biasanya mobil atau bus hanya membayar biaya parkir Rp 5.000. Sedangkan motor pribadi yang menggunakan tempat parkir harus membayar Rp 2.000. Tenang saja, tempat parkir ini sudah luas walaupun banyak kendaraan yang melintas.

Pelanggan yang ingin ke Danau Batur tidak perlu lagi membeli tiket. Biaya masuk ke area pura sudah termasuk biaya untuk danau karena aliran air terlihat jelas dari sana. Pengunjung juga dapat menemukan pedagang kaki lima yang menyajikan masakan khas Bali. Aneka makanan memiliki harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000 saja.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pura Jati Batur

Aktivitas Menarik di Pura Jati BaturKredit gambar: Google Maps Oce Maulana Rasyid

1. Lihat danau

Pura Jati Batur dekat dengan Danau Batur yang terlihat sangat indah. Wisatawan dari berbagai daerah bisa melihat tenangnya air di tepi danau. Tak hanya itu, ada juga persewaan permainan atau olahraga air seperti speedboat yang bisa dinikmati oleh semua traveller.

2. Ibadah

Bangunan pura yang memiliki tempat pelinggih untuk pemujaan dewa pasti akan membuat pengunjung lebih fokus saat beribadah. Apalagi setiap bangunan pura masih dipenuhi dengan adat Bali dan memancarkan suasana yang tenang. Umat ​​Hindu dapat memilih untuk berdoa di dalam pura Jati sambil mengundang keluarga mereka.

3. Berburu Foto

Mengambil foto potret membuat semua pengunjung senang. Bangunan candi yang menghadap ke danau bisa dijadikan background foto. Spot foto terbaik tempat ini tidak pernah mengecewakan. Traveler bisa membawa kamera untuk mengabadikan momen seru saat datang ke pura.

4. Bersantai di Pura Jati Batur

Kuil yang menawan ini dikelilingi oleh udara segar dan menawarkan banyak pemandangan. Anda yang ingin dimanjakan bisa bersantai dengan melihat sudut kanan dan kiri wisata yang menyuguhkan pemandangan panorama. Selain itu, para tamu juga dapat mengunjungi taman bunga untuk menikmati tanaman yang indah sambil belajar cara berkebun di sana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pura Jati Batur BangliKredit Gambar: Google Maps Dengan Perjalanan

Pura Jati Batur tergolong destinasi religi yang terawat dengan baik karena fasilitas pendukungnya yang tidak sedikit. Wisatawan di sana dapat dengan mudah menemukan fasilitas di setiap sudutnya. Tempat-tempat ibadah disiapkan dengan rapi dan bersih. Selain itu, pelinggih dan beberapa patung dewa disediakan oleh pengelola setempat.

Pura ini juga menyiapkan tempat duduk bagi siapa saja yang ingin bersantai sambil melihat danau. Kemudian tidak jauh dari kunjungan, Anda dapat melihat persewaan permainan air yang dapat Anda coba setelah menyukainya. Lahan yang disiapkan untuk area parkir kendaraan dapat dilihat oleh pemudik dengan sekat khusus untuk sepeda motor, mobil dan bus.

Stan milik para pedagang yang menjajakan aneka makanan siap saji berjejer di area pura. Masakan khas Bali yang memanjakan perut tidak sulit ditemukan saat berkunjung ke sana. Toko suvenir juga menjual berbagai jenis suvenir. WC umum tidak terlalu jauh dari bangunan candi yang terlihat memadai.

Pura Jati Batur memang menjadi salah satu tempat ibadah sekaligus tempat berlibur yang direkomendasikan. Pura yang dibangun dengan desain kuno dan dikelilingi danau ini membuat kunjungan semakin unik. Anda dapat memilih untuk beribadah di pura pada hari-hari tertentu. Selain itu, pelanggan juga dapat mempersiapkan ponsel untuk mengambil foto setiap momen seru bersama orang terkasih.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button