10 Tempat Wisata Di Bandung Dekat Gedung Negara, Singgah di Braga - WisataHits
Jawa Barat

10 Tempat Wisata Di Bandung Dekat Gedung Negara, Singgah di Braga

KOMPAS.com – Gedung Sate adalah salah satu tujuan wisata Bandung dan ikon kota kembang.

Dikutip dari situs Sistem Pendaftaran Warisan Nasional Kementerian Pendidikan dan KebudayaanGedung Negara dulunya adalah gedung perkantoran Departemen Transportasi dan Waterstaat atau Kementerian Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air. Namun, pada tahun 1980 gedung tersebut digunakan sebagai kantor pemerintahan Provinsi Jawa Barat hingga saat ini.

Baca juga:

Saat ini, Kantor Gubernur Jawa Barat sering dijadikan tujuan liburan bagi warga Bandung maupun dari luar daerah karena bentuk bangunannya yang unik dan megah. Di sekitar Gedung Sate juga banyak destinasi wisata di Bandung yang bisa dikunjungi.

Kompas.com Ringkasnya buat kamu yang berencana jalan-jalan ke Bandung.

1. Lapangan Gasibu

Lapangan Gasibu berada tepat di seberang Gedung Negara. Untuk waktu yang lama, tempat ini populer sebagai lapangan olahraga dan alun-alun pasar pada hari Minggu pagi.

Sejumlah warga aktif di lapangan Gasibu.  Inilah salah satu tempat wisata di Bandung dekat Gedung Sate yang bisa dicoba.SHUTTERSTOCK/ALGI FEBRI SUGITA Sejumlah warga aktif di lapangan Gasibu. Inilah salah satu tempat wisata di Bandung dekat Gedung Sate yang bisa dicoba.

Anda yang suka bersepeda juga bisa mencoba rute ini.

Setelah ditata, lapangan Gasibu semakin indah dengan lintasan lari yang dikelilingi rerumputan dan pepohonan hijau.

Baca Juga: Wisata ke Gedung Negara, Naik Balon Terbang Lihat Lukisan

Ada banyak lapangan jalanan di sekitar lapangan. Jika Anda penasaran dengan kuliner khas Bandung, Anda juga bisa jalan-jalan sebentar ke tempat populer Sate Jando Gasibu.

2. Taman Senior

Taman Lansia terletak di sebelah Gedung Sate. Dikutip dari Tribunnews WikiDiberi nama Taman Lansia karena banyak orang tua yang menggunakan jalur batu di taman untuk refleksi kaki.

Taman yang lebih tua.  Inilah salah satu tempat wisata di Bandung dekat Gedung Sate yang bisa dicoba.SHUTTERSTOCK/ARDIWEBS Taman Senior. Inilah salah satu tempat wisata di Bandung dekat Gedung Sate yang bisa dicoba.

Namun, Seniorenpark tidak hanya dikunjungi oleh manula, tetapi oleh semua kelompok umur.

Saat pasar tumpah pada Minggu pagi, taman itu juga dipadati pengunjung dan pedagang kaki lima.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata di Bandung Cocok Untuk Liburan Sekolah

Taman ini terkenal dengan suasananya yang sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Ada beberapa kursi yang tersedia bagi pengunjung untuk beristirahat.

Senior Park buka 24 jam sehari dan masuk gratis atau gratis.

Lokasi tepatnya berada di Jalan Cisangkuy, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

3. Museum Geologi

Museum Geologi juga bisa masuk dalam daftar tempat wisata Bandung di dekat Gedung Sate. Tempatnya hanya berjarak sekitar 200 meter dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Museum Geologi.SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Museum Geologi.

Dikutip dari situs Sistem Pendaftaran Warisan Nasional Kementerian Pendidikan dan KebudayaanMuseum Geologi merupakan bangunan cagar budaya yang masih berdiri hingga saat ini.

Museum gaya arsitektur art deco Ini memiliki sekitar 250.000 koleksi batuan dan mineral dan sekitar 60.000 koleksi fosil dan lain-lain.

Koleksi disimpan di ruang dokumentasi koleksi dan dipamerkan di ruang proyeksi.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Bergaya Eropa di Lembang Bandung, Foto oleh Dutch Noni

Meski sudah berdiri kokoh sejak lama, namun bangunan Museum Geologi mengalami beberapa perubahan seiring dengan peningkatan jumlah pengunjung.

Jika Anda menyukai wisata sejarah, destinasi ini wajib masuk dalam daftar.

Museum Geologi terletak di Jalan Diponegoro No. 57, Cihaur Geulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

4. Museum Pos Indonesia

Didirikan pada tahun 1933, museum ini dirancang oleh arsitek J Berger dan Leutdsgebouwdienst, seperti dikutip dari website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Museum Pos Indonesia di Bandung.SHUTTERSTOCK/NIZAR KAUZAR Museum Pos Indonesia di Bandung.

Museum Pos Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan nama seperti Museum Telegraf dan Telepon Pos, Museum Pos dan Giro hingga berganti nama menjadi Museum Pos Indonesia pada tahun 1955.

Baca Juga: 3 Tempat Wisata Prasejarah di Bandung, Ada Rock Garden

Di sini Anda akan menemukan ribuan koleksi perangko dari seluruh dunia dan menyaksikan kepopuleran kegiatan surat menyurat di masa lalu.

Jika Anda sedang mencari tempat wisata di Bandung yang dekat dengan Gedung Sate, Anda bisa mampir ke Museum Pos Indonesia karena berada di kawasan yang sama.

5. Balai Kota

Destinasi wisata lain di Bandung dekat Gedung Sate adalah Balai Kota Bandung. Balai Kota Bandung merupakan kompleks perkantoran Pemerintah Kota Bandung.

Taman Balai Kota Bandung.SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Taman Balai Kota Bandung.

Dikutip dari Panggung Jawa Barat, gedung yang terdaftar ini merupakan salah satu gedung tertua di kota Bandung. Sebelumnya dikenal sebagai Meente Huis.

Meski merupakan kawasan perkantoran, Taman Balai Kota sering dikunjungi wisatawan karena penampilannya yang asri dan tertata dengan baik, terutama setelah dilakukan revitalisasi.

Baca Juga: 30 Wisata Bandung untuk Liburan Panjang, Banyak Spot Indah Nuansa Alami

Pengunjung dapat bermain di sekitar air mancur dan taman bunga, atau berfoto di halaman rumput berbentuk labirin. Di malam hari, lampu taman juga terlihat begitu indah.

Balai Kota Bandung terletak di Jalan Wastukencana No. 2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Jaraknya 2,3 kilometer dari Gedung Sate atau bisa ditempuh dengan mobil dalam waktu sekitar 6 menit.

6. Braga

Perjalanan ke Bandung tidak lengkap tanpa mampir ke Jalan Braga. Kawasan ini sangat populer di kalangan wisatawan dan sering menjadi tempat berkumpulnya warga Bandung.

Jalan Braga Bandung.SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Jalan Braga Bandung.

Lokasinya tidak jauh dari Balai Kota dan bisa masuk dalam daftar destinasi wisata Bandung di dekat Gedung Sate.

Dari Gedung Sate, jaraknya sekitar 3,5 kilometer atau bisa ditempuh dengan mobil dalam waktu sekitar 10 menit.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Dekat Stasiun Kereta Api Bandung, Anda Bisa Wisata di Braga

Jalan Braga populer dengan bangunan bergaya Eropa kuno yang berjajar di sepanjang jalan. Anda juga akan menemukan tempat kuliner jadul seperti Sumber Dishes dan Braga Permai.

Ada juga banyak kafe dan restoran di sepanjang Jalan Braga.

Penampakan gedung-gedung dan suasana Eropa tempo dulu menjadikan jalan ini sebagai kesempatan berfoto yang sangat menarik.

7. Alun-alun Bandung

Alun-Alun Bandung menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun luar kota. Lokasinya yang strategis dan dekat dengan berbagai tempat wisata menjadikannya destinasi yang menarik untuk menghabiskan waktu luang Anda.

Alun-alun Bandung.ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI Bandung Square.

Setelah dibersihkan dan area rumput buatan yang luas, Alun-Alun Bandung semakin ramai dikunjungi pengunjung.

Di tempat yang sama adalah Masjid Agung, yang juga populer di kalangan wisatawan atau sebagai tempat acara pengajian.

Dikutip dari Kompas.com (13/1/2022), alun-alun menjadi salah satu unsur pembentuk Kota Bandung sejak menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bandung pada tanggal 25 September 1810.

Tempat ini mengalami perubahan dari waktu ke waktu, termasuk berpindah dari ruang sakral ke ruang publik.

Baca juga: Jalur Sepeda di Sekitar Alun-Alun Bandung, Ada Tugu 0 Km

Jika Anda mencari tempat wisata di Bandung dekat Gedung Sate, Anda bisa menambahkan Alun-alun Bandung ke dalam daftar meskipun jaraknya agak jauh atau sekitar 3,4 kilometer.

Dibutuhkan sekitar 10 menit untuk sampai ke Alun-Alun Bandung dengan kendaraan. Tergantung situasi lalu lintas, tentu saja ya.

Lokasi tepatnya adalah Jalan Asia Afrika, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung.

8. Jalan Riau

Bandung begitu populer sebagai tujuan belanja atau makan. Jika itu tujuan Anda berwisata ke kota kembang, maka Anda harus mampir ke Jalan Riau.

Sudut Jalan Riau, Bandung.SHUTTERSTOCK/ARDIWEBS Pojok Jalan Riau, Bandung.

Dikutip dari Panggung Jawa BaratDi sepanjang jalan terdapat sejumlah factory outlet, hotel, kafe, restoran, taman, bahkan department store.

Salah satu tempat kuliner paling populer di Jalan Riau adalah Baso Cuanki Serayu. Namun, pastikan untuk datang lebih awal karena antrean di tempat ini mengular, terutama di akhir pekan.

Baca Juga: Wisata 8 Malam di Bandung, Ada Hutan Lampu yang Instagramable

Jika Anda menyukai distribusi pakaian, Anda bisa menghubungi Jalan Trunojoyo. Ada juga Jonas Photo, spot foto populer di kalangan warga Bandung.

Jalan Riau sangat dekat dengan Gedung Sate atau hanya berjarak sekitar 500 meter.

9. Jalan Dago

Sama seperti Jalan Riau, Jalan Dago populer sebagai tujuan belanja dan makan. Ada banyak di sepanjang jalan Penjualan pabrik dan toko suvenir berdiri.

Pengendara sepeda melintasi Jalan Dago, Bandung.SHUTTERSTOCK/ISMAIL RAJO Pengendara sepeda melintasi Jalan Dago, Bandung.

Pada akhir pekan jalan ini digunakan sebagai lokasi Hari tanpa kendaraan bermotor.

Kini Jalan Dago semakin tertata dengan banyaknya bangku taman yang berjejer di jalur pejalan kaki. Ada juga huruf “DAGO” yang ditempatkan di persimpangan, sering digunakan sebagai latar belakang foto.

Baca Juga: 10 Kafe Instagrammable Dago Bandung Cocok untuk Nongkrong dan Bekerja

Jalan Dago berjarak sekitar 3 kilometer dari Gedung Sate atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit dengan mobil tergantung kondisi lalu lintas.

10. Museum Konferensi Asia-Afrika

Museum Konferensi Asia-Afrika juga menjadi salah satu tempat tujuan wisata Bandung di dekat Gedung Sate. Jaraknya sekitar 2,9 kilometer atau sekitar 10 menit dengan mobil.

Museum Konferensi Asia Afrika.SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAH Museum Konferensi Asia Afrika.

Jika Anda datang ke museum ini, Anda bisa mengunjungi semua tempat wisata di sekitarnya seperti Alun-Alun Bandung, kuliner yang ada di Jalan Cikapundung dan Jalan Braga.

Museum Konferensi Asia-Afrika didirikan pada 24 April 1980, sebagai puncak dari peringatan 25 tahun Konferensi Asia-Afrika yang bersejarah di Bandung, menurut situs resminya.

Baca Juga: 8 Kafe Murah di Braga, Asyik Untuk Nongkrong

Di sana, Anda dapat menjelajahi berbagai ruang pameran yang berisi koleksi benda tiga dimensi dan foto dokumenter peristiwa sejarah seperti Pertemuan Tugu, Konferensi Kolombo, Konferensi Bogor, dan Konferensi Asia-Afrika 1955.

Ada juga perpustakaan dengan buku-buku sejarah, sosial, politik dan budaya, ruang audiovisual dan lain-lain.

Museum Konferensi Asia Afrika terletak di Jalan Asia Afrika No. 65, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button