10 Rekomendasi Wisata Boyolali Yang Ingin Sembuh Agar Bisa Belajar Sejarah! - WisataHits
Jawa Tengah

10 Rekomendasi Wisata Boyolali Yang Ingin Sembuh Agar Bisa Belajar Sejarah!

jakarta

Boyolali memang tidak sepopuler kota-kota tetangganya, namun Boyolali memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Berikut beberapa rekomendasi wisata Boyolali.

Kabupaten Boyolali yang dikenal sebagai New Zealand van Java merupakan daerah penghubung antara kota Surakarta, Semarang dan Yogyakarta. Kabupaten ini tidak sepopuler kota-kota yang terkait dengannya, tetapi Boyolali memiliki banyak pesona wisata.

Secara topografis Kabupaten Boyolali merupakan daerah dataran rendah dengan perbukitan dan pegunungan. Ada dua gunung di kabupaten ini yang terkenal dengan keindahannya dan menjadi salah satu destinasi pendakian terpopuler yaitu Gunung Merapi dan Merbabu.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Selain kedua gunung tersebut, Kabupaten Boyolali memiliki destinasi wisata lain yang tak kalah keren. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah.

Berikut beberapa rekomendasi wisata Boyolali yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Air Terjun Kedung Kayang

Selain Candi Borobudur, Magelang juga memiliki destinasi wisata alam yang mempesona yaitu Air Terjun Kedung Kayang.  bagaimana potretnya?Destinasi wisata alam yang cukup mempesona adalah Air Terjun Kedung Kayang di Magelang dan Boyolali. (Eko Susanto/Dok. Detikcom)

Air terjun ini terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang. Di Boyolali, air terjun ini terletak di Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Selain itu, Air Terjun Kedung Kayang juga terletak di antara dua gunung yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat bagus. Ada dua cara untuk menikmati air terjun ini. Pertama cukup menikmati dari atas di view point atau turun langsung ke area air terjun. Area air terjun berada di bawah lembah. Untuk bermain air di sini, traveler harus menuruni lembah terlebih dahulu.

2. Waduk Bade Boyolali

Berikutnya adalah Waduk Bade Boyolali yang terletak di Desa Bade, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali. Waduk ini awalnya hanya berfungsi sebagai pembangkit listrik. Namun, kini menjadi salah satu destinasi wisata Boyolali.

Di waduk ini traveler bisa menikmati pemandangan permukaan air dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu. Selain itu, traveler juga bisa memancing di sini di area waduk dan piknik di area sekitarnya.

3. Ngarai Coklat

Brown Canyon terletak di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Awalnya tempat ini merupakan tempat penambangan batu, namun setelah terkikis cukup banyak dan meninggalkan bentuk yang menarik, tempat ini menjadi tujuan wisata.

Seperti namanya, Brown Canyon menampilkan keindahan bebatuan atau tebing. Tempat ini sangat cocok untuk traveler yang suka mencari spot foto unik. Jika berkunjung ke tempat ini, disarankan untuk membawa kamera yang sesuai agar pesona Brown Canyon bisa terabadikan dengan indah.

4. Bukit Kinasih

Bukit Kinasih terletak di Dusun I, Desa Send, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Terletak di lereng gunung, bukit ini merupakan tempat peristirahatan para pendaki yang akan mendaki Gunung Merbabu atau Gunung Merapi.

Karena letaknya yang cukup tinggi, wisatawan harus mendaki sedikit untuk sampai ke bukit ini. Meski begitu, rasa lelah trekking terbayar dengan pemandangan indah yang terhampar. Bukit ini sangat cocok dikunjungi pada sore hari, jika beruntung traveler bisa berfoto dengan pemandangan saat matahari terbenam.

5. Bukit Gancik

Bukit Gancik terletak di Dusun Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Bukit ini berada di dekat lereng Gunung Merapi.

Sama seperti Bukit Kinasih, bukit ini menawarkan pemandangan alam sekitar dari ketinggian. Wisatawan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan yang hijau dan asri. Wisata Boyolali ini sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dan memanjakan mata.

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button