10 Pulau Indah Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

10 Pulau Indah Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

10 Pulau Indah Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur tidak hanya memiliki wisata alam yang indah. Berbagai pulau kecil yang mengelilinginya pun memiliki pesona tersendiri yang bisa membuat Anda terkagum-kagum.

Dengan ibukotanya di Surabaya, Jawa Timur dikenal memiliki wisata alam berupa pegunungan dan pantai yang sangat menakjubkan. Namun tidak hanya itu, di provinsi ini juga terdapat beberapa pulau yang memiliki tempat wisata dan daya tarik tersendiri. Bagi Anda yang ingin berkunjung, berikut beberapa pulau cantik di Jawa Timur.

1. Pulau Nusa Barong, Jember

Objek Wisata Pulau Nusa Barong JemberKredit gambar: Google Maps Oni Suganda

Siapa sangka ternyata daerah Jember ternyata memiliki pesona alam yang begitu memanjakan mata. Selain dikenal sebagai salah satu penghasil tembakau besar, Jember ternyata memiliki pulau cantik yang wajib Anda kunjungi. Memiliki nama Pulau Nusa Barong, destinasi ini berada di kawasan Desa Puger. Bisa dibilang Nusa Barong adalah pulau paling terpencil di Indonesia, tepatnya di Samudera Hindia.

Nusa Barong sendiri sudah ditetapkan sebagai cagar alam sejak tahun 1920. Memiliki nama Cagar Alam Pulau Nusa Barong, pulau ini sangat cocok dijadikan tempat liburan. Untuk menuju pulau ini, Anda cukup menyeberang menggunakan perahu nelayan. Pulau indah ini memiliki hutan pantai, hutan bakau, dan hutan dataran rendah.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan dengan suasana alam yang selalu asri dan hijau, Pulau Nusa Barong tentu menjadi jawaban yang bisa Anda dapatkan. Disini menyimpan berbagai keindahan dari berbagai flora dan fauna. Mulai dari jenis mamalia yang dilindungi, reptil, burung hingga serangga. Ada juga penyu hijau, rusa jawa dan elang laut berdada putih yang sangat cantik yang bisa anda temui disini.

Biaya kunjungan: Dari Rp 150.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Puger Wetan, Kec. Puger, Kab. Jember, Jawa Timur.

2. Gili Labak, Sumenep

Objek Wisata Gili Labak, SumenepKredit gambar: Google Maps Yohanes Riyan

Gili Labak merupakan salah satu pulau yang sering dikunjungi wisatawan untuk berlibur. Pulau ini sendiri merupakan salah satu wilayah terkecil di antara 127 pulau lainnya yang ada di wilayah Sumenep. Meski memiliki luas kurang dari 5 hektar, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di sini. Bahkan, Anda bisa mengelilingi pulau ini hanya dalam waktu setengah jam saja.

Namun, pesona Gili Labak tak lagi terbantahkan. Keindahan alam bawah lautnya sungguh mempesona. Anda juga akan terbuai dengan indahnya biota laut yang akan memanggil Anda untuk menyelam. Tak heran, wisata ini kerap dijadikan referensi bagi para traveller yang ingin snorkeling. Pasalnya, keindahan bawah lautnya akan sangat memanjakan mata.

Biaya kunjungan: Dari Rp 150.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Pulau Gili Labak, Kembang, Kec. Talango, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

3. Pulau Kambing, Sampang

Pulau Kambing, SampangKredit gambar: Google Maps Ririen Wisma

Masih di wilayah Madura, tepatnya Sampang juga punya pulau dengan panorama super eksotis. Dengan hanya menempuh waktu sekitar 1,5 jam dari Kabupaten Sampang, Anda sudah bisa sampai ke pulau cantik ini. Meski disebut Pulau Kambing, pulau ini tidak dihuni oleh hewan-hewan tersebut. Di sini Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi menarik.

Berangkat dari sirkuit Pasir Putih menuju batu alam Candin. Anda bisa menikmati pesona wisata alam yang mempesona di tempat unik ini. Ditambah lagi dengan panorama alam yang masih asri dan pantainya yang sangat eksotik membuat Anda betah untuk berlama-lama di tempat yang satu ini. Selain itu, bagi Anda yang ingin menikmati sunset yang indah, Pulau Kambing adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Biaya kunjungan: Dari Rp 10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gunung Sekar, Kec. Sampang, Kab. Sampang, Jawa Timur.

4. Pulau Kangean, Madura

Objek Wisata Pulau Kangean MaduraKredit gambar: Google Maps Nur Kholis Mansur

Pulau Madura merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang dikelilingi oleh pulau-pulau indah lainnya. Terletak di sebelah utara pulau Bali dan dekat dengan pulau Lombok, ternyata Pulau Kangean masih menjadi bagian dari wilayah Sumenep. Pulau cantik ini memang belum banyak dikenal orang. Anda dapat mengunjungi pulau ini dengan menaiki kapal feri dalam waktu sekitar 8 jam.

Pulau yang dikelilingi lautan ini memiliki beberapa spot untuk snorkeling yang sangat baik. Saat anda memasuki perairan pulau ini, anda akan menemukan terumbu karang yang indah dan air laut yang jernih yang dapat anda jumpai di perairan Pulau Kangean. Keindahan alam bawah laut juga didukung dengan panorama alam yang sangat indah yang disajikan oleh wisata ini.

Biaya kunjungan: Dari Rp 150.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kangayan, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

5. Gili Ketapang, Probolinggo

Daya tarik Gili KetapangKredit gambar: Google Maps Rio Wija

Tak hanya di Madura dan Lombok, Gili juga bisa Anda jumpai saat berada di kota Probolinggo. Pasalnya, kota cantik ini memiliki pesona yang akan memukau banyak wisatawan. Dengan jarak sekitar 8 km dari pantai utara kota Probolinggo dan di Selat Madura, Anda bisa menyeberanginya melalui pelabuhan Ujung Tembaga.

Di sini ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan. Pertama tentunya Anda diharuskan untuk snorkeling. Karena pulau cantik ini memiliki biota laut cantik yang tidak boleh Anda abaikan. Warna-warni terumbu karang dengan berbagai jenis ikan kecil akan membuat Anda betah melakukan aktivitas snorkeling di Laut Gili Ketapang.

Anda juga bisa menemukan segerombolan ikan badut lucu saat menyelam di pulau ini. Saat lelah snorkeling, Anda juga bisa menyusuri pulau yang memiliki luas sekitar 68 hektar ini. Tentu daya tarik destinasi unik ini akan membuat Anda terpesona untuk mengunjunginya. Untuk itu, tidak ada salahnya berhenti sejenak menikmati keindahan alam di tempat wisata ini.

Biaya kunjungan: Dari Rp 12.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sapia, Gili Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur.

6. Pulau Bawean, Gresik

Fasilitas Pulau Bawean GresikKredit gambar: Google Maps afrizal samsul

Bawean adalah salah satu pulau di kawasan Laut Jawa. Tepatnya sekitar 120 kilometer dari utara kota Gresik. Di sini Anda bisa menemukan spesies rusa endemik yang hanya bisa Anda jumpai di kawasan Pulau Bawean. Rusa tersebut berjenis Axis Kuhli yang tentunya akan asing di telinga sebagian besar Anda.

Pulau ini menawarkan destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi. Sebut saja pemandian air panas yang sangat menyegarkan. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengunjungi Danau Kastoba, Tanjung Gaang, Pulau Noko dan juga Pulau Gili. Melihat rusa di penangkaran juga menjadi tujuan wisata yang menarik untuk dicoba. Plus, menjelajahi pantai saat air surut adalah kegiatan yang menyenangkan.

Biaya kunjungan: Dari Rp59.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulau Bawean, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik, Jawa Timur.

7. Gili Iyang atau Pulau Oksigen, Sumenep

Pulau Gili IyangKredit gambar: Google Maps Omponk Lyno

Gili Iyang atau sering dijuluki Oxygen Island dikenal memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Jordan. Memiliki udara yang bersih dan segar akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terutama mereka yang ingin mencari nuansa alam yang indah dan penampilan yang segar.

Pulau ini memiliki pepohonan yang cukup rimbun. Sehingga ia akan mampu menaikkan kadar oksigen di atas rata-rata. Tak hanya dikenal dengan udaranya yang sejuk dan segar, Oxygen Island juga menawarkan aktivitas bahari yaitu snorkeling dan diving yang pasti Anda sukai. Dengan melakukan aktivitas ini, Anda juga akan bisa menikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Biaya kunjungan: Dari Rp20.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Dungkek, Kec. Dungkek, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

8. Gili Bidadari, Sumenep

Gili BidadariKredit Gambar: Google Maps fadel abu aufa

Hamparan pasir putih yang indah tentunya akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan saat berkunjung ke pulau ini. Pulau ini luasnya cukup kecil, sehingga hanya dihuni oleh beberapa kepala keluarga. Nama pulau ini disebut Gili Bidadari karena mayoritas penduduk pulau ini adalah wanita.

Selain memiliki hamparan pasir yang sangat putih dan halus, pulau ini juga memiliki air laut yang cukup jernih. Aktivitas yang biasa Anda lakukan di pulau ini adalah menikmati semilir angin pantai dan melihat berbagai aktivitas warga. Dari laut dan pengolahan ikan teri. Anda tentu saja bisa membawa pulang ikan teri sebagai oleh-oleh.

Biaya kunjungan: Dari Rp 165.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Banmaleng, Kec. Gilitile, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

9. Gili Raja, Sumenep

Gili RajaKredit gambar: Google Maps Horri As Shoff

Wilayah Sumenep, Madura memiliki banyak pulau yang bisa Anda kunjungi. Diantaranya adalah Gili Raja yang terletak di sebelah tenggara Pulau Madura. Gili ini memiliki keindahan tersendiri. Karena itu Anda akan dibuat takjub dengan pesonanya. Terutama bagi Anda yang suka menyelam di bawah laut.

Memang, pulau cantik ini memiliki wisata alam bawah laut yang sangat mempesona dan tak kalah menakjubkan. Selain terbius dengan keindahan biota lautnya, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Beringin yang memiliki pesona tersendiri. Tidak jauh dari pantai Anda akan menemukan pohon beringin yang sangat besar.

Ketika Anda masuk ke bawah pohon beringin, Anda akan menemukan sebuah sumur tua yang anehnya tidak pernah kering. Keunikan itu tentu saja bisa Anda temukan di pulau cantik ini. Selain itu di Gili Raja juga terdapat makam Ki Agung Demang yang konon merupakan penghuni pertama pulau ini.

Biaya kunjungan: Dari Rp 150.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Gilitile, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

10. Gili Pandan

Gili PandanKredit gambar: Google Maps Fortunata Riana

Ada lagi pulau yang bisa Anda singgahi saat berada di kawasan Sumenep. Dimana pulau ini bernama Gili Pandan yang memiliki keindahan yang tidak kalah mempesona dari pulau lainnya. Meski termasuk salah satu pulau tak berpenghuni, Gili Pandan kerap menjadi tempat wisata para wisatawan.

Tak heran, karena pulau ini memiliki keindahan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Airnya yang sangat jernih, pemandangannya yang sangat mempesona dan suasananya yang sangat asri akan membuat anda terlena. Oleh karena itu, ada baiknya mengunjungi gili ini sekaligus saat berkunjung ke wilayah Sumenep.

Biaya kunjungan: Dari Rp 7.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gilipandan, Banmaleng, Kec. Gilitile, Kab. Sumenep, Jawa Timur.

Itulah deretan pulau cantik di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi untuk liburan berkesan. Pulau ini memiliki keindahan yang sangat mempesona dan tidak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya. Untuk itu, bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat-tempat seru dan baru, maka deretan pulau cantik di timur Pulau Jawa ini wajib untuk dikunjungi. Sehingga Anda bisa merasakan keindahan alam di tengah pulau.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button