Danau Raja Rengat, panorama alam eksotis penuh mistis di Indragiri Hulu - WisataHits
wisatahits

Danau Raja Rengat, panorama alam eksotis penuh mistis di Indragiri Hulu

Danau Raja Rengat, panorama alam eksotis penuh mistis di Indragiri Hulu
Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Belanja, Kec. Rengat, Kab. Indragiri Hulu, Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Membahas destinasi wisata alam di Riau memang selalu menarik. Selain wisata alam berupa perbukitan, ada tempat lain yang menarik untuk dikunjungi yaitu Danau Raja Rengat. Seperti namanya, objek wisata kali ini adalah danau dengan segala keunikannya. Letaknya yang berada di tengah kota membuatnya selalu ramai dikunjungi anak muda.

Obyek wisata berbentuk danau ini bisa dikatakan sebagai ikon kabupaten Indragiri Hulu. Suasana asri dan dikelilingi pepohonan membuat udara di sekitarnya begitu segar, belum lagi air danau yang dingin menyegarkan. Pada satu titik, danau yang indah ini dihiasi dengan bunga teratai.

Obyek wisata ini tidak begitu luas dibandingkan menara danau lainnya, hanya berdiameter sekitar 200 meter. Bentuknya membulat tidak beraturan dengan miniatur bangunan kerajaan Indragiri di tengahnya. Pemerintah setempat menyebut replika tersebut mirip dengan aslinya, yang juga dilengkapi dengan dua patung singa jantan sebagai penjaga.

Objek Wisata Danau Raja Rengat

Objek wisata milik Danau Raja RengatFoto oleh Ali Yanto di Instagram

Meski kecil, sebenarnya Danau Raja Rengat banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Sebab, ada daya tarik yang tidak dimiliki objek wisata lain. Menariknya, daya tarik yang dimaksud bukan hanya karena keindahan alamnya saja, meski sebenarnya merupakan objek wisata alam. Daripada penasaran, berikut beberapa tempat wisata yang dimaksud!

1. Keindahan Danau Raja Rengat

Dari bentuknya yang bulat tak beraturan, ternyata danau ini terlihat eksotis. Di pinggir danau tumbuh pepohonan rindang saat fajar, membuatnya hijau dan asri. Sebagian besar didominasi oleh pohon akasia yang memang mudah tumbuh di pinggir jalan. Pada satu titik, tempat duduk dibuat untuk pengunjung yang ingin bersantai.

Banyaknya kendaraan bermotor yang berlalu lalang seakan tidak bisa menutupi kesejukan dan keindahan objek wisata yang indah ini. Airnya berwarna hijau dan jernih, bukan dari pantulan pepohonan di sebelahnya, melainkan pada dasarnya berwarna hijau. Mengunjungi tempat wisata ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan suasana yang lebih sejuk.

2. Simbol Peradaban Kerajaan Indragiri

Dinamakan Danau Raja Rengat, tentu ada alasannya. Konon danau ini digunakan sebagai tempat penyucian diri para putri dan anggota kerajaan Indragiri pada masa itu. Hal itu cukup wajar karena suasananya yang asri dan sejuknya air danau. Untuk itulah dibangun replika kerajaan Indragiri di tengah danau.

3. Cerita mistis yang dipercaya warga

Ada yang menarik jika membahas danau ini secara mistis. Cerita yang selama ini diduga membentuk danau yang indah ini, berawal dari tuntutan sang raja terhadap calon tunangannya. Dikisahkan pada suatu ketika ada seorang pemuda bernama Usman yang ingin mempersunting putri raja bernama Putri Bunga Harum.

Raja memberi syarat untuk membuat sungai dan istananya dalam semalam. Tentu bukan hal yang muda dan juga mustahil untuk dilakukan. namun ternyata pemuda itu berhasil memenuhi permintaan raja. Sayangnya, sang raja mengingkari janjinya dan masih belum merestui hubungan mereka.

Hingga pada akhirnya, kedua pasangan tersebut menceburkan diri ke sungai dan berubah menjadi buaya putih. Selama ini banyak warga sekitar yang mengaku pernah melihat penampakan buaya putih di Danau Raja Rengat. Namun tidak sembarang orang yang bisa melihatnya, hanya mereka yang ingin bertemu dengannya.

4. Volume air selalu tetap

Sungai atau danau yang Anda jumpai pasti akan mengalami pasang surut, tergantung musim. Uniknya, danau yang dijadikan objek wisata ini memiliki volume atau aliran air yang tetap. Meski sedang musim hujan dengan curah hujan yang deras, air dari danau tersebut tidak pernah naik dan meluap ke jalanan.

Begitu pula sebaliknya saat musim kemarau, Danau Raja Rengat tidak pernah surut atau bahkan mengering. Fenomena ini tentu saja tidak biasa, namun ada yang mengatakan karena adanya terowongan yang mengelilingi danau. Namun, fenomena ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan yang melintas.

5. Kedalaman Tidak Diketahui

Atraksi selanjutnya yang cukup unik yaitu tidak ada yang tahu persis seberapa dalam danau mistis ini. Pemerintah daerah juga belum mengukur berapa titik yang memiliki kedalaman maksimal. Sebelumnya sudah dilakukan, namun proses dihentikan sebelum mendapatkan kedalaman yang tepat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Danau Raja RengatGambar oleh DisKomInfoTik Riau di Twitter

Sebelumnya, Danau Raja Rengat disebut-sebut berada di pusat kota, tepatnya di Danau Raja, Desa Dagang, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Lokasinya strategis, di pusat kota Rengat, sehingga mudah untuk menemukannya. Apalagi jika Rengat sendiri merupakan ibu kota kabupaten Indragiri Hulu.

Cukup jauh jika Anda pergi ke tempat dari Pekanbaru, yang memakan waktu sekitar empat jam. Oleh karena itu objek wisata ini lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun yang berasal dari kecamatan Rengat. Bagi pengunjung yang datang dari jauh, perjalanan Anda tidak akan sia-sia karena akan terbayar begitu sampai di lokasi.

Harga tiket masuk objek wisata

Danau Raja Rengat telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat dibantu oleh warga setempat. Sebelum memasuki kawasan wisata, terdapat pintu masuk yang digunakan untuk membeli tiket. Murah tentunya hanya membutuhkan biaya masuk sebesar 3.000 rupiah bagi seorang pengunjung.

Dengan harga semurah itu, Anda sudah bisa menikmati keindahan pemandangan dan pesona yang ditawarkan kepada Anda. Biaya lain dibebankan untuk kendaraan parkir. Seperti halnya objek wisata pada umumnya, parkir sepeda motor dikenakan tarif Rp 2.000, sedangkan mobil dikenakan tarif Rp 5.000. Bagi pengunjung yang ingin menikmati wahana atau permainan air, siapkan juga sejumlah uang.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Danau Raja Rengat

Aktivitas menarik di Danau Raja RengatFoto oleh Nellkwon di Instagram

Meski berbentuk danau, bukan berarti tidak ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Menurut mereka, pengunjung yang datang ke telaga cantik ini tentu melakukan aktivitas yang menarik. Buat kamu yang penasaran dan belum punya ide, berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan!

1. Bersantai dan menikmati keindahan Danau Raja Rengat

Untuk aktivitas pertama, Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam danau dan sekitarnya. Dengan diameter 200 meter, Anda bisa melihat keindahan danau dari seberang. Jangan lupa untuk melihat replika unik bangunan Kerajaan Indragiri. Meski berada di tengah danau, namun posisinya lebih dekat ke tepi.

2. Cari spot foto yang bagus

Kegiatan selanjutnya adalah hunting spot foto yang indah dengan view utama Danau Raja Rengat. Kegiatan ini wajib bagi Anda yang ingin mengabadikan momen selama berlibur. Apalagi pemandangan alam mendukung kegiatan selfie atau foto keluarga. Contohnya adalah replika istana yang telah disebutkan tadi, serta ruangan yang tidak jauh dari replika kerajaan.

Hasil foto semakin menarik ketika air danau begitu tenang hingga terlihat seperti hamparan aspal. Pepohonan di sekitar danau membuat latar belakang foto semakin indah. Meski tidak ada spot khusus, namun spot liar tersebut cukup memuaskan untuk menghasilkan foto layak media sosial.

3. Naik wahana air

Pengelolaan Danau Raja Rengat bisa dibilang cukup baik dilihat dari permainan yang disediakan. Pengunjung yang datang tidak hanya bisa melihat keindahan danau, tetapi juga berinteraksi langsung dengan mengendarai beberapa perahu yang tersedia. Ada perahu milik penduduk yang bisa dinaiki di sekitar danau.

Perahu telah dimodifikasi khusus untuk pengunjung yang ingin mendapatkan kenyamanan lebih. Perubahan yang dilakukan antara lain penyediaan atap agar penumpang tidak kepanasan. Selain itu, masih ada alat transportasi favorit anak-anak yaitu bebek.

4. Wisata Kuliner

Di sekitar lokasi Danau Raja Rengat terdapat beberapa warung yang cocok untuk wisata kuliner. Kegiatan ini bisa Anda lakukan sambil menikmati keindahan dan udara segar tempat tersebut. Jenis makanan yang ditemukan cukup umum seperti bakso, mie ayam, dan jajanan modern.

Ada juga minuman yang kebanyakan berupa es krim. Namun, Anda bisa memesan kopi jika benar-benar membutuhkannya. Harganya cukup terjangkau dan tetap menjadi harga standar di beberapa tempat wisata di tempat lain. Kegiatan seperti ini boleh dilakukan setelah puas bermain atau berjalan-jalan di sekitar danau. Jika tidak, Anda dapat melakukan ini sebelum meninggalkan lokasi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Telaga Raja RengatFoto oleh Ranny di Google Maps

Karena objek wisata yang indah ini dikelola dengan baik dan mengharuskan pengunjungnya membayar retribusi, artinya Anda bisa mendapatkan berbagai fasilitas penting. Untuk fasilitas umum dan wajib di Telaga Raja Rengat terdapat toilet dengan kondisi cukup baik meskipun digunakan oleh umum.

Fasilitas lainnya adalah mushola yang berada tidak jauh dari lokasi danau. Anda tentu mendapatkan tempat parkir karena merupakan fasilitas wajib yang harus ada di berbagai objek wisata. Warung wisata kuliner tersebut juga menjadi salah satu fasilitas penting yang bisa Anda nikmati. Fasilitas lainnya adalah wahana atau permainan air yang menyenangkan dan membuat betah pengunjung.

Dari penjelasan atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Danau Raja Rengat, kemungkinan akan membuat Anda semakin penasaran. Sebelum berkunjung, pastikan persiapan yang dilakukan sudah matang, baik secara fisik maupun kendaraan yang akan digunakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button