10 Pantai Indah Dekat Bandung & Hits - WisataHits
wisatahits

10 Pantai Indah Dekat Bandung & Hits

Bandung merupakan salah satu kota yang menyimpan banyak tempat wisata menarik, mulai dari wisata yang bernuansa alam, dari sejarah hingga masa kini. Kota ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan baik di hari biasa, di akhir pekan, apalagi saat hari libur. Setiap tempat wisata di daerah bandung memiliki daya tarik tersendiri.

Bicara tempat wisata bernuansa alam, ada berbagai tempat wisata di Bandung. Di dekat Kota Bandung, ada beberapa pantai yang bisa dijadikan rekomendasi destinasi wisata untuk dikunjungi. Pantai-pantai tersebut memiliki daya tarik yang dapat membuat wisatawan tidak bosan saat berkunjung.

Berwisata ke Bandung tidak hanya memungkinkan untuk mengunjungi pusat kota, namun menjelajahi tempat wisata bernuansa alam di kawasan Bandung juga bisa menjadi pilihan. Wisatawan baik domestik maupun mancanegara menjadikan Bandung sebagai tujuan liburan karena terdapat berbagai tempat wisata yang menarik.

1. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang TawulanKredit gambar: Google Maps Adrianus Hary Susiawan

Pantai yang terletak di Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat ini memiliki pesona pantai alami yang mirip dengan pantai Tanah Lot yang populer di Bali dengan bebatuan karangnya. Lokasinya dekat dengan pantai Pangandaran dan akan melewati pantai Pamayang, Cipatujah dan Sindangkerta dalam perjalanan menuju lokasi pantai Karang Tawulan.

Fasilitasnya cukup lengkap. Terdapat mushola, tempat parkir, toilet, beberapa gazebo dan pos pengamatan, serta warung makan yang menyajikan kuliner khas berupa ikan bakar khas Pamayangsari. Meski tidak sepopuler Pantai Pangandaran, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Banyak pengunjung yang datang untuk melakukan aktivitas memancing di kawasan tebing karang yang berada di tengah laut, gelombang laut cukup tinggi sehingga pengunjung tidak diperbolehkan berenang di Pantai Karang Tawulan.

Harga tiket: Rp 7.500; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Cimanuk, Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

2. Pantai Pangandaran

Pantai PangandaranKredit gambar: Google Maps Risalatul Maheasy

Nama pantai ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar wisatawan domestik maupun mancanegara. Panorama alamnya tak kalah indah dengan pantai lain yang tak kalah terkenal di Indonesia seperti Pantai Kuta, Raja Ampat, Pantai Parangtritis dan lain-lain. Keindahan sunset menjadi panorama alam favorit di pantai ini.

Pantai Pangandaran memiliki berbagai fasilitas yang memadai antara lain restoran dan kafe yang menemani wisatawan menikmati sajian kuliner sambil menyaksikan keindahan alam yang disajikan pantai ini. Selain itu, ada juga akomodasi seperti resort mewah yang bisa dipilih wisatawan untuk bermalam di sana.

Ada juga wahana water sport yang menarik seperti parasailing dan banana boat yang pastinya seru dan seru. Wisatawan juga dapat mengunjungi kawasan pantai dengan bersepeda. Sepeda yang digunakan adalah jenis sepeda tandem yang bisa disewa di area pantai.

Harga tiket: Rp9.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

3. Pantai Jayanti

Pantai JayantiKredit Gambar: Google Maps Mastri Ridwan S

Pantai Jayanti terletak di Kabupaten Cianjur, tepatnya Cidamar, di kecamatan Cidaun. Lokasinya sangat dekat dengan bandung makanya nama pantainya jayanti near ciwidey. Pantai ini terkenal memiliki ombak yang besar dan dihiasi bebatuan. Keindahan alam lainnya berupa pasir hitam kecoklatan yang begitu indah.

Wisatawan akan melihat banyak perahu nelayan beristirahat di pantai jika menghadap ke timur. Pemandangan ini menjadi latar belakang foto yang indah bagi wisatawan yang menyukai fotografi merasa sangat dimanjakan. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, terdapat beberapa hostel di sekitar pantai.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

4. Pantai Pamayangsari

Pantai PamyangsariKredit gambar: Google Maps Mastri Asep Apandi Saputra

Di Kabupaten Tasikmalaya juga terdapat Pantai Pamayangsari yang memiliki ciri khas menara mercusuar dan menara observasi. Letak kedua tower tersebut berada di ujung pemecah gelombang sehingga terlihat seperti pintu masuk yang mengarah ke laut. Ada tangga melingkar di menara observasi.

Pengunjung dapat menaiki menara melalui anak tangga yang tersedia. Dari atas menara, pengunjung akan menyaksikan panorama laut lepas yang begitu indah dan luas. Ombaknya besar karena merupakan bagian dari pantai selatan.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Sindangkerta, Kec. Cipatusjah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

5. Pantai Santolo Pantai

Pantai SantoloKredit Gambar: Google Maps Afidin S

Pantai Santolo terletak di Kabupaten Garut, tepatnya di kecamatan Cikelet. Pantai yang terletak di Desa Pamalayan ini dapat ditempuh dari Bandung sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan darat. Banyak hal menarik di kawasan pantai ini, termasuk keberadaan markas LAPAN, sehingga terkadang ada percobaan penerbangan roket di sana.

Panorama yang disuguhkan begitu indah karena memiliki hamparan pasir putih dengan laut biru jernih. Di sana, wisatawan bisa menyaksikan sunset sambil menikmati semilir angin. Di Pantai Santolo, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, bermain pasir, dll.

Lokasinya yang tersembunyi sehingga wisatawan yang ingin menikmati panorama alam pantai yang menenangkan bisa datang ke Pantai Santolo. Ada banyak spot foto seperti kumpulan bebatuan besar. Wisatawan juga dapat menemukan deretan toko yang menjual pakaian, topi, suvenir, dan ikan.

Harga tiket: Rp 4.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Kecamatan Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat.

6. Pantai Rancabuaya

Pantai RancabuayaKredit gambar: Google Maps Harry Permana

Dari Kabupaten Garut, Pantai Rancabuaya dapat ditempuh kurang lebih 20 kilometer. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling populer di kalangan wisatawan karena pernah menjadi lokasi syuting film terkenal Paper Boat. Pantai Rancabuaya adalah salah satu pantai terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

Padahal, di kawasan pantai ini banyak terdapat pondok-pondok yang bisa dijadikan sebagai tempat peristirahatan para wisatawan. Wisatawan juga bisa menikmati aneka olahan seafood yang lezat. Selain itu, mencicipi es krim kelapa muda juga bisa menjadi pilihan untuk melepas dahaga usai bermain di pantai Rancabuaya.

Ciri khas Pantai Rancabuaya adalah adanya batu hitam yang tersebar di sepanjang pasir pantai. Ukuran batunya cukup bervariasi. Selain itu, terdapat pohon besar yang batangnya menjulur ke atas sehingga memberikan tampilan yang sangat ikonik. Pesona alamnya sungguh memukau para wisatawan.

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: daerah. Caregin, Kab. Garut, Jawa Barat.

7. Pantai Sindangkerta

Pantai SindankertaKredit gambar: Saluran Google Maps ZoeL ZF

Pantai yang terletak di wilayah selatan Tasikmalaya ini memiliki keindahan alam berupa pasir putih dan pantai yang landai. Saat air laut surut, pengunjung akan melihat hamparan taman laut yang menjadi rumah bagi berbagai biota laut. Padahal, biota laut ini masih terjaga dengan baik.

Fasilitas yang tersedia di pantai Sindangkerta cukup lengkap, mulai dari akomodasi, tempat berkemah, warung makan, tempat parkir hingga musala. Panorama pantainya didominasi oleh lautan biru, pasir putih dan di pinggirnya tumbuh pohon kelapa yang rindang.

Harga tiket: Rp3.500; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sindangkerta, Kec. Cipatusjah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

8. Pantai Karapyak

Pantai KarapyakKredit Gambar: Alexander Grace Google Maps

Pantai Karapyak di Kabupaten Ciamis tepatnya di Kecamatan Kalipucang masih satu kelompok dengan tempat wisata Taman Nasional Ujung Kulon. Pesona alamnya sangat mirip dengan Pantai Ketapang di Bandungharjo, Jepara. Wisatawan yang ingin menikmati suasana romantis bisa datang ke pantai ini.

Namun, Pantai Karapyak belum banyak dikenal masyarakat. Maka tak heran jika pesona alamnya begitu bersih dan asri. Wisatawan tidak akan menemukan sampah berserakan di sini, sehingga setiap orang yang datang berkunjung harus ikut menjaga agar pantai ini tetap bersih dan indah dipandang,

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

9. Pantai Sayang Heulang

Pantai Heulang yang terhormatKredit gambar: Google Maps Snsc

Mengunjungi Kabupaten Garut, tepatnya kabupaten Pameungpeuk, wisatawan akan menemukan pantai Sayang Heulang yang terletak sekitar 5 jam dari kota Bandung Jawa Barat. Tanjakan yang dilalui wisatawan cukup terjal sepanjang perjalanan menuju lokasi, sehingga kendaraan harus dalam kondisi prima.

Meski jalannya cukup terjal, namun sesampainya di sana, wisatawan akan disambut dengan panorama alam yang sangat memanjakan mata. Yang menarik dari pantai ini adalah adanya bebatuan karang yang menjorok ke laut dan memiliki ombak yang begitu indah saat bergulung.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat.

10 Pantai Cipatusjah

Pantai CipatujahKredit gambar: Google Maps Jotje Karuh

Pantai Cipatujah terkena dampak tsunami 2006 yang menerjang pesisir selatan pulau Jawa. Meski banyak fasilitas yang rusak akibat tsunami, pengelola telah memperbaiki fasilitas yang rusak tersebut sehingga Pantai Cipatujah kini nyaman untuk dikunjungi kembali.

Pantai ini sering dijadikan tempat ritual yang dilakukan oleh masyarakat setempat setiap tahunnya. Ritual yang dimaksud adalah hajat laut atau sesajen yang merupakan bentuk rasa syukur atas karunia yang diberikan Tuhan dan bentuk meminta pertolongan dan keamanan kepada Tuhan.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: daerah. Cipatusjah, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ini adalah pantai populer yang terletak di dekat Bandung. Wisatawan yang ingin berlibur ke pantai di dekat kawasan Bandung bisa mengunjungi pantai-pantai tersebut bersama pasangan atau keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button