10 Makanan Khas Semarang untuk Souvenir Liburan - WisataHits
Jawa Timur

10 Makanan Khas Semarang untuk Souvenir Liburan

10 Makanan Khas Semarang untuk Souvenir Liburan


10 Makanan Khas Semarang untuk Souvenir Liburan

bloktuban.com | Sabtu, 03 September 2022 14:00



10 Makanan Khas Semarang untuk Souvenir LiburanWingko babat merupakan salah satu makanan khas di kota Semarang. (adalah)

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Bagi sebagian wisatawan, Semarang merupakan surga kuliner dan oleh-oleh. Karena ibu kota provinsi Jawa Tengah ini merupakan salah satu dari lima kota metropolitan di Indonesia.

Dengan jumlah penduduk 1,6 juta jiwa, Semarang memiliki tempat wisata dan beragam kuliner yang wajib dicicipi. Kota yang terletak di Jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya ini merupakan jalur penting bagi perekonomian Jawa Tengah.

Meski kondisi fisiknya mirip dengan kota-kota di Belanda, kuliner di Kota Semarang tetap kental dengan resep tradisionalnya. Dilansir dari Katadata, berikut 10 rekomendasi makanan khas Semarang untuk dibawa berlibur.

1. Wedang Kacang

Semarang memiliki minuman khas yang bernama Wedang Kacang. Minuman yang satu ini bisa dinikmati pada malam hari. Wedang kacang berbeda dengan kacang hijau karena bahannya terbuat dari potongan kacang tanah dan santan.

2. Kue Moaci

Tentu hal yang sama juga berlaku bagi pecinta kue mochi. Kue bundar kecil, kenyal dan ditaburi biji wijen, enak dan menggugah selera. Kue moaci terbuat dari adonan tepung yang keras dengan bagian dalam yang diisi dengan kacang cincang dan gula kastor.

3. Soto Semarang

Makanan soto dapat ditemukan hampir di setiap kota di Indonesia, termasuk kota Semarang. Soto di ibu kota Jawa Tengah ini terdiri dari ayam dan kuah bening. Direkomendasikan untuk menikmati Soto Semarang di pagi hari untuk sarapan karena rasanya yang ringan dan segar. Semangkuk soto bisa disantap dengan tempe goreng, lontong, sate ayam, kerang, telur puyuh, dan isi perut.

4. Mie Kopyok

Para pecinta mie wajib mencoba makanan khas yang satu ini. Rasa gurih dan renyah ini terdiri dari lontong, mie kuning, tauge, tahu pong dan kerupuk, di atasnya diberi saus dan ditaburi bawang goreng. Makanan ini juga ditambah kerupuk gendar alias kerupuk yang dibuat dari adonan nasi dan bumbu.

5. Tahu Petis Semarang

Tahu petis semarang juga wajib dibawa pulang sebagai oleh-oleh saat liburan. Makanan khas semarang ini terdiri dari tahu pong dan sambal terasi. Bumbunya sendiri terbuat dari cabai rawit dan olahan udang.

6. Sego Koyor

Versi Semarang bangunannya adalah Sego Koyor ini. Bedanya dengan Gudeh Yogya adalah rasanya lebih enak dan pedas. Hidangan ini terdiri dari hidangan nasi dan daging sapi. Koyor artinya bagian daging yang tidak tebal, seperti kikil (kulit sapi), lutut sapi, dan dapat diambil dari tulang rawannya. Makanan ini disajikan dengan tahu, telur, irisan ayam dan tempe.

7. Roti Ganjel Rel

Dari namanya tentu Anda membayangkan bahwa roti ini berukuran besar. Ternyata tidak, roti ini disebut ganjel atau rel balan karena berwarna coklat tua dan ditaburi wijen di atasnya. Roti bertekstur keras ini terbuat dari tepung tapioka, air, gula, kayu manis, dan santan.

8. Tahu Pong

Selain tahu petis, tahu pong juga merupakan oleh-oleh khas semarang yang banyak dicari wisatawan. Tahu Pong adalah tahu goreng yang mengandung sedikit atau tanpa tahu. Rasa tahu pong ini gurih dan renyah. Tahu Pong disajikan dengan kecap, bumbu petis dan acar mentimun.

9. Lumpia Semarang

Makanan yang satu ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan. Karena kue yang satu ini pernah dibuat dengan campuran rasa Cina dan Indonesia dari rebung, telur, ayam dan udang. Diketahui dari eBook 20 Wisata Kuliner Semarang jenis lumpia sangat beragam, seperti lumpia basah, lumpia goreng (kulit tipis dan garing), lumpia original (rebung, udang, telur), dan lumpia spesial. gulungan terdiri dari rebung, udang, telur dan ayam. Ada juga varian lumpia yang memiliki masa simpan 10 hari.

10. Wingko babat

Selain Jawa Timur, Wingko juga merupakan oleh-oleh khas dari kota Semarang. Hidangan ini terbuat dari kelapa muda dan gula, yang memiliki rasa gurih, manis dan khas. Wingko memiliki tekstur yang padat karena terbuat dari beras atau tepung ketan, gula pasir, dan kelapa muda.

Itulah 10 jenis makanan khas kota Semarang. Anda bisa membeli oleh-oleh dan mencicipi makanannya saat berkunjung ke Semarang.

Anda dapat menemukan konten menarik lainnya dari Semarang News di GOOGLE NEWS

Kata kunci: Suvenir Semarang, Makanan Khas Semarang, Blok Tuban, Kota Semarang, Semarang Today, Semarang News











*Mau beli/transaksi klik dibawah


logo WA
logo telepon
Logo Blockbuy

Memuat…















Source: bloktuban.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button