Bukan sekedar mandi air panas, ini rekomendasi wisata Cangar di Malang - WisataHits
Jawa Timur

Bukan sekedar mandi air panas, ini rekomendasi wisata Cangar di Malang

Kawasan Wisata Cangar di Kabupaten Malang merupakan salah satu tempat liburan yang cocok untuk dikunjungi saat akhir pekan atau hari libur. Pasalnya, banyak tempat wisata yang layak dikunjungi di kawasan ini, termasuk pemandian air panas.

Kutipan dari buku “Penataan Pemandian Air Panas Cangar, Kecamatan Bumiaji, Kota BatuSeperti ditulis Sulistyo, objek wisata Cangar dikenal memiliki pemandian air panas yang cukup terkenal di Batu Malang.

Rasa khas Batu mandi air panas di dingin khas Batu menjadi daya tarik wisata Cangar. Namun bukan hanya pemandian air panas, berikut rekomendasi tempat wisata di Cangar yang bisa dikunjungi wisatawan.

1. Kunjungi Pemandian Air Panas Cangar

Objek wisata Cangar yang pertama tentu saja objek wisata pemandian air panas yang terkenal. Pemandian Air Panas Cangar terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) di kaki Gunung Welirang.

Meski diselimuti oleh dinginnya udara kota Batu Malang, namun air hangat di wisata Cangar Malang tetap bisa dinikmati oleh wisatawan. Pemandian Air Panas Cangar berasal dari mata air panas alami yang terletak di kaki Gunung Welirangan.

Pemandian Air Panas Cangar merupakan objek wisata di kawasan hutan lindung Taman Hutan Raya. Harga tiket wisata Pemandian Air Panas Cangar Senin s/d Jumat Rp 10.000, Sabtu s/d Minggu Rp 15.000.

2. Gua Jepang

Objek wisata lain di kawasan wisata Cangar adalah Gua Jepang yang bisa menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Jepang. Gua Jepang ini dibangun sebelum tahun 1942-1945.

Wisatawan dapat menemukan gua-gua ini di sekitar hutan dekat sumber air panas Cangar. Namun, wisatawan tidak perlu takut, karena sekarang gua-gua ini lebih terawat, sehingga hewan liar tidak lagi menghuni gua buatan Jepang ini. Kini gua Jepang ini menjadi salah satu peninggalan sejarah yang harus dilestarikan.

3. Puncak Brakseng

Puncak Brakseng adalah objek wisata yang berpusat di sekitar pemandian air panas Cangar Malang. Puncak Brakseng yang berada di ketinggian 1700 mdpl ini memiliki keindahan yang tiada duanya. Wisatawan bisa melihat pemandangan indah dari atas sini.

baris ke-4 Kenaikan dan taman sipil

Dalam perjalanan menuju pemandian air panas Cangar, jalan setapak Kenaikan Arrival juga merupakan tempat wisata yang populer bagi masyarakat. Sementara itu Kenaikan, wisatawan akan melihat pemandangan indah dari atas sini. Di sekitar objek wisata Cangar Malang terdapat kawasan perkebunan yang tak kalah menarik untuk difoto.

Dari areal perkebunan ini, areal kebun sayur Wara yang estetis menjadi spot foto paling terkenal. Berfoto selfie dengan hasil kebun warga yang sudah mulai nampak di tanah tentu akan menjadi foto yang sangat indah instagramable.

5. Pabrik Jamur Cangar

Kawasan Pabrik Jamur Cangar dulunya merupakan pabrik budidaya jamur. Namun, pabrik ini ditutup pada 2010 karena masalah keuangan.

Meski demikian, bekas lokasi pabrik jamur ini masih terlihat estetis sehingga banyak dimanfaatkan wisatawan sebagai spot foto. Selain itu, pemandangan di sekitar area pabrik jamur juga berkontribusi terhadap nilai estetika dari area pabrik jamur itu sendiri.

6. Taman Hydrangea

Taman Hortensia merupakan salah satu objek wisata Cangar Malang yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Di sini wisatawan akan melihat deretan bunga hydrangea berwarna-warni yang siap memanjakan mata.

7. Gulma

Siapa yang mengira bahwa gulma juga Pekerjaan foto estetis yang disukai wisatawan. Gulma di kawasan wisata Cangar Malang diburu wisatawan untuk berfoto. Dengan latar belakang ilalang dan pemandangan alam yang indah, Anda bisa berfoto instagramable estetika.

8. Perbukitan di Sekitar Wisata Cangar

Perbukitan Gunung Welirang mengelilingi mata air panas Cangar. Sambil berkunjung ke pemandian air panas, wisatawan juga bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi perbukitan di sekitar objek wisata di Cangar ini.

Meski hanya sekedar selfie, menghirup udara segar di kawasan perbukitan ini bisa membuat pena Anda lelah untuk beberapa saat.

Source: katadata.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button