Liburan di akhir tahun, minat masyarakat untuk berwisata ke luar negeri semakin meningkat - WisataHits
Jawa Timur

Liburan di akhir tahun, minat masyarakat untuk berwisata ke luar negeri semakin meningkat

TEMPO.CO, jakarta – Keadaan Covid-19 yang semakin parah di seluruh dunia membuat pergerakan aktivitas masyarakat termasuk dunia pariwisata hampir normal kembali. Setelah jumlah kasus turun dan semakin banyak orang yang divaksinasi, orang berani bepergian lagi. Dinamika liburan juga diprediksi akan berlanjut pada akhir tahun ini seperti sebelum wabah Covid-19.

Platform perjalanan Traveloka mencatat hampir satu juta orang menghadiri Traveloka Travel Fair 11.11 yang digelar pada 4-11 November 2022. Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa banyak orang yang merencanakan perjalanan akhir tahun 2022, baik ke destinasi domestik maupun internasional.

“Saat kondisi global pulih dari pandemi, minat untuk bepergian semakin meningkat. Sepanjang tahun kita sudah mendengar istilah tersebut perjalanan balas dendam di mana masyarakat di seluruh dunia, begitu pula masyarakat Indonesia, memiliki keinginan kuat untuk kembali berwisata,” kata Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer Traveloka, dalam keterangannya, Selasa, 22 November 2022.

Berdasarkan data dari Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO), pariwisata internasional menunjukkan pemulihan yang kuat. Sebanyak 474 juta wisatawan melakukan perjalanan internasional antara Januari dan Juli 2022. Jumlah ini meningkat dibanding periode yang sama tahun 2021, dengan total 175 juta wisatawan.

Di Indonesia, kata Shirley, animo masyarakat untuk berwisata ke destinasi internasional populer meningkat 40 persen selama Traveloka Travel Fair 11/11 dibandingkan periode biasanya. Misalnya ke Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Hongkong, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Taiwan dan Australia.

Destinasi ke negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia, tetap menjadi destinasi wisata favorit konsumen, kata Shirley, karena sifatnya yang bebas visa dan akses yang mudah dengan berbagai pilihan penerbangan langsung. Di sisi lain, sejak kuartal ketiga tahun ini, minat masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Jepang dan Korea Selatan meningkat signifikan seiring dibukanya perbatasan kedua negara.

Minat destinasi internasional memang meningkat, namun destinasi domestik tetap menjadi primadona pelanggan Traveloka. Destinasi kota besar terpopuler yang menjadi target Traveloka Travel Fair 11.11 adalah Bali, Medan, Surabaya, Makassar, dan Jakarta.

“Menariknya, promosi Traveloka ini juga mencerminkan meningkatnya minat terhadap destinasi wisata yang mulai berkembang seperti Batam, Pekanbaru, Biak, Mando, Timika, dan Kendari,” ujar Shirley.

Selain berwisata, minat konsumen untuk beraktivitas di luar ruangan, mengunjungi tempat wisata, atau mengunjungi taman bermain juga meningkat. Shirley mengatakan hal itu terlihat dari peningkatan pemesanan tiket atraksi lokal melalui Traveloka Xperience. Sejumlah taman atau atraksi wisata populer menjadi destinasi yang menawarkan beragam permainan untuk seluruh keluarga, mulai dari Dufan di Jakarta, Jatim Park di Kota Batu dan Trans Studio di Bandung hingga Universal Studios di Singapura.

Di Indonesia, libur natal dan tahun baru yang biasanya bertepatan dengan libur sekolah sering dijadikan oleh masyarakat sebagai stimulus wisatawan. Pemerintah juga memperkirakan potensi mobilitas masyarakat jelang libur akhir tahun diperkirakan mencapai 22,4 persen dari total jumlah penduduk nasional. “ Traveloka Travel Fair 11.11 dirancang untuk membantu konsumen merencanakan perjalanan impiannya dengan lebih mudah dan nyaman, baik ke destinasi domestik maupun internasional,” kata Shirley.

Baca juga: Simak 15 tips menghindari stres saat liburan

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button