10 Makanan Khas Mojokerto Ini Siap Menghilangkan Lapar Selain Onde Onde dan Filosofinya - WisataHits
wisatahits

10 Makanan Khas Mojokerto Ini Siap Menghilangkan Lapar Selain Onde Onde dan Filosofinya

Mojokerto adalah nama salah satu kabupaten terkenal di Provinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah barat daya kota Surabaya dan termasuk sebagai daerah penyangga utama Jawa Timur.

Meski tergolong kota kecil, Mojokerto merupakan salah satu daerah yang perkembangannya cukup pesat dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur.

Selain terkenal dengan tempat wisatanya, Mojokerto juga banyak dikunjungi wisatawan yang ingin mencari makanan dan minuman enak khas daerah tersebut.

Nah, penasaran dengan daftar makanan khas Mojokerto yang menggugah selera dan wajib dicoba saat berkunjung ke kota kecil ini? Berikut ulasannya.

1. Sate Keong

foto oleh gotravelly.com

Bagi sebagian orang Indonesia, mendengar nama masakan kuliner Mojokerto yang pertama ini mungkin terdengar sangat asing, karena yang kita tahu bahan utama sate biasanya adalah daging sapi atau ayam.

Namun berbeda dengan Mojokerto, di wilayah ini bahan utama sate terbuat dari siput, sejenis hewan bercangkang yang hidup di sawah.

Menurut resepnya, cara memasak masakan ini sangat mudah, dimana terlebih dahulu rebus keongnya, lalu keluarkan dari cangkangnya, lalu lumuri dengan bumbu khusus, setelah itu baru ditusuk, bakar di atas bara.

Salah satu tempat kuliner yang paling populer adalah Sate Keong SMK Brawijaya di Jln. Benteng Pancasila No 242, Balongsari, Mojokerto. Di sini, harga sate mulai dari Rp10.000-Rp. 20.000/porsi.

2. Pejalan Kaki Sambal

foto oleh masakandapurku.com

Selain sate keong, sajian kedua ini juga menjadi salah satu makanan khas Pacet Mojokerto yang tak kalah nikmat karena bahan dasarnya sendiri terbuat dari sejenis ikan air tawar. .

Untuk membuat sajian kuliner ini cukup mudah, bersihkan terlebih dahulu ikan wadernya, lalu campurkan bawang merah dan cabai, lalu goreng hingga matang, lalu haluskan dan sajikan dengan nasi.

Jika ingin menikmatinya ada tempat yang lebih cocok yaitu toko Wader Bu Tin di Jln. Pendopo Agung, Kec. Trowulan. Di kedai legendaris ini, sambal lengkap dengan nasi hanya dihargai sekitar Rp 15.000/porsi.

3. Kerupuk Upil

foto oleh masakandapurku.com

Makanan lain yang menjadi ciri khas kota Mojokerto adalah Kerupuk Upil, salah satu jajanan ringan yang paling cocok untuk menemani makan siang.

Meski namanya terdengar aneh, konpeksi ini sebenarnya tidak terbuat dari upil, namun tepung dan kerupuknya cukup unik karena digoreng bukan dengan minyak melainkan pasir.

Kerupuk ini dapat ditemukan di hampir semua toko di sekitar Mojokerto dan biasanya hanya berharga sekitar Rp 5.000/bungkus.

4. Kerupuk Rambak

foto oleh tokomesin.com

Selain sebagai cemilan, jajanan tradisional ini juga cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Dilihat dari fotonya, bentuk jajanan ini tidak jauh berbeda dengan kerupuk upil.

Kerupuk rambak adalah sejenis jajanan tradisional yang terbuat dari kulit sapi, ikan, udang atau singkong yang telah dikeringkan sebelumnya.

Jajanan ini paling banyak ditemukan di Desa Doas, Kecamatan Trowulan. Soal harga, cukup merogoh kocek sekitar Rp40.000-Rp. 50.000 per kg.

5. Gelombang-gelombang

foto oleh masakandapurku.com

Ombak-ombak merupakan jenis makanan yang mungkin kurang spesial bagi Sahabat JejakPiknik karena bisa ditemukan di kota manapun, terutama di Pulau Jawa.

Namun, ombak-ombak khas Mojokerto ini bisa dibilang berbeda dan tentunya lebih nikmat. Menurut resepnya, penganan yang terbuat dari tepung terigu berbentuk bola-bola dan ditaburi wijen ini dimakan selagi masih panas.

Jajanan ini banyak dijual di pasar tradisional dan toko souvenir, diantaranya Onde-onde Bo Liem di Jln.Empu Nala No.43. Di sini, harga penganan ini hanya dihargai sekitar 40 ribu per kotak berisi 10 biji.

6. Kerupuk Anggota

foto oleh idntimes.com

Tidak hanya namanya yang unik, proses pembuatan kerupuk ini juga terbilang cukup aneh karena membutuhkan dua penggorengan sekaligus untuk menggorengnya.

Selain enak dijadikan cemilan, penganan ini juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh sebagai tanda Sahabat JejakPiknik sudah menginjakkan kaki di Mojokerto.

Kerupuk ini bisa ditemukan di pasar tradisional dan juga di toko souvenir. Soal harga, dijamin tidak akan memberatkan kantong kita.

7. Kari Menthok

foto dari cookpad.com

Gulai Menthok merupakan salah satu makanan khas Ngoro Mojokerto yang wajib dicoba, karena sajian ini menjadi favorit masyarakat setempat.

Bahan kuliner ini pada dasarnya terbuat dari menthok atau daging bebek yang kemudian diolah dengan berbagai macam bumbu khas Mojokerto.

Bagi yang ingin mencicipinya, ada salah satu tempat makan legendaris yang paling direkomendasikan yaitu Lesehan Paulina di Jln.Residen Pamuji No.99.

Warungnya buka dari jam 5 sore sampai jam 3 pagi dan untuk seporsi gulai menthok harganya hanya sekitar Rp 10.000, murah bukan?

8. Susu mentega

foto oleh tribunnews.com

Tempe botok pada dasarnya terbuat dari perasan ampas kelapa yang kemudian dibumbui kemudian dicampur dengan tahu, udang, ikan teri dan tempe. Masakan ini biasanya disajikan dengan nasi jagung.

Dan salah satu Botok Tempe yang paling terkenal di Mojokerto adalah Botoh Mbah Parti yang berada di dekat alun-alun kota tepatnya di depan Masjid Al-Fatah. Toko buka dari jam 6 sore sampai jam 11 malam. Soal harga, satu porsi hanya dikenakan sekitar Rp 5.000.

9. Negara Bangil

foto oleh gotravelly.com

Sate bangil merupakan kuliner yang terbuat dari daging atau isi perut kambing yang biasanya disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah dan sambal.

Nah, bagi yang penasaran dengan rasanya, Kedai Bang Soleh di Jln.Majapahit No.248 adalah tempat yang paling tepat. Toko buka dari jam 09.00 sampai 22.00, dan harganya hanya sekitar 25.000, dengan nasi.

10. Bubur Srunthu

foto oleh recepharian.com

Nah, bahan kuliner yang terakhir ini dibuat terutama dari tepung sagu yang dibuat menjadi srunthul kemudian dibalur dengan santan kental. Hidangan ini juga termasuk makanan favorit masyarakat Mojokerto.

Jika ingin menikmatinya, ada salah satu tempat yang paling cocok untuk dikunjungi yaitu Bubur Srunthul Bu Saudah di Jln.Mayjen Sungkono. Selain rasanya yang cukup legit dan enak, harganya juga sangat murah, hanya 4000 per porsi.

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat pembuatan artikel ini. Jika ada perubahan terbaru yang Anda ketahui, beri tahu kami agar dapat segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik bisnis dan ingin disertakan dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: alamat, nomor telepon, whatsapp dan informasi tambahan lainnya.

Source: jejakpiknik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button